Tanaman yang hijau

420 30 0
                                    

Mengapa beberapa tanaman berwarna hijau?

Coba deh kalian tanya beberapa orang tentang "apa warna tanaman", pasti banyak orang menjawab hijau, yah meskipun ada beberapa tanaman yang gak berwarna hijau, atau gabungan hijau dan warna lain, tapi kenapa, kenapa tanaman memiliki warna hijau?

Tanaman bisa berwarna hijau karena, sel di daun(terkadang batang)mengandung klorofil- molekul besar yang menyerap beberapa warna cahaya.

Cahaya menyediakan energi yang di perlukan tumbuhan untuk memasak karbon dioksida dan air, itu semua di konversi menjadi makanan, proses ini di kenal dengan proses photosynthesis.

Photosynthesis adalah proses yang di gunakan tanaman hijau untuk memproduksi glukosa dari karbon dioksida dan air, masa photosynthesis juga di sebut "membangun dengan cahaya", cahaya tersebut sangat di perlukan karena energi untuk berphotosynthesi...

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Photosynthesis adalah proses yang di gunakan tanaman hijau untuk memproduksi glukosa dari karbon dioksida dan air, masa photosynthesis juga di sebut "membangun dengan cahaya", cahaya tersebut sangat di perlukan karena energi untuk berphotosynthesis berasal dari cahaya matahari.

Apakah ngeliatin si doi termasuk photosynthesis? Karena doi juga kan menghasilkan rasa manis yang berlebih, jawabannya tidak, karena kamu bukanlah tanaman.😂

Sebelum lanjut, Kalian tahu klorofil kan? klorofil adalah hasil dari photosynthesis, klorofil menggunakan/menyerap cahaya merah dan biru secara efisien tetapi tanaman memantulkan cahaya hijau, jadi tanaman nampak berwarna hijau, belum ngerti?

Catat, cahaya sebenarnya menghasilkan berbagai macam warna didalamnya, warnanya mirip seperti warna pelangi.

Lanjuut...

Klorofil bukan hanya penyebab warna hijau di tanaman, di negara beriklim dingin, kita bisa melihat warna lain di musim gugur, photosynthesis menjadi kurang efisien dan akhirnya tanaman tidak menghasilkan klorofil, lalu warna coklat, merah dan ungu serta warna lain meninggalkan tanda di daun, jadi intesitas cahaya juga berpengaruh .

Sains Jaman NowTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang