Ballad of Ten Thousand Gu
Karangan Ye Xiao (叶笑)
Diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh: cathartic city
Diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Ai
Editor Bahasa Indonesia: Ciella
Selamat membaca!
[Part 1]
Su Bai – sebuah nama yang dikenali oleh semua orang di Kerajaan Yue.
Bukan karena Su Bai sangat berbakat dalam suatu hal, tetapi karena ia adalah satu-satunya anggota selamat dari keluarga Su yang legendaris.
Sepuluh tahun yang lalu, ketika kota Luoyang berhasil ditaklukkan musuh, keluarga Su yang telah menikmati rasa hormat dan ketenaran selama ratusan tahun jatuh hanya dalam semalam. Mereka yang pria dibunuh dan dikuburkan di balik tembok Luoyang, sementara mereka yang wanita menggantung diri mereka sendiri di dalam kediaman keluarga Su.
Satu-satunya yang selamat dari tragedi berdarah itu adalah sang anak perempuan yang masih kecil, Su Bai, yang menghilang tanpa jejak. Selama lebih dari sepuluh tahun, bawahan setia keluarga Su terus mencari gadis kecil itu ke semua tempat. Bahkan hingga sekarang, dinding-dinding Luoyang masih dipenuhi dengan poster-poster dirinya. Dengan kejadian seperti itu di Luoyang, tentu saja seluruh Kerajaan Yue akan mengenal dirinya.
Sepuluh tahun kemudian, dengan gampangnya, gadis yang muncul secara tiba-tiba di hadapanku ini memberitahuku bahwa namanya adalah Su Bai.
Sebagai rakyat jelata, begitu aku mendengar namanya, aku langsung tertegun dan tersedak kentang manisku sendiri...
Ia melihat keterkejutan yang tergambar dengan jelas di seluruh mukaku dan tertawa tanpa bersuara, sebelum akhirnya melanjutkan, "dulu aku pergi ke Kerajaan Zhao Selatan, jadi aku tidak pernah tahu bahwa mereka sedang mencariku, ketika aku tahu, sudah terlalu terlambat bagiku untuk kembali."
Ia sudah tidak dapat kembali lagi.
Karena di Kerajaan Zhao Selatan, ia jatuh cinta dengan seorang pria.
Pria itu adalah orang yang menolong dirinya yang berusia 12 tahun dari kekacauan yang terjadi di Luoyang dan membawanya ke Kerajaan Zhao Selatan. Ia adalah seorang Master Gu dari Kerajaan Zhao Selatan, seorang pria yang keberadaannya sangat dihormati bagaikan seorang dewa - Yue Chi.
Mungkin siapapun yang mendengar nama tersebut akan langsung membayangkan seorang pria yang sangat tidak berperasaan, egois dan kejam.
Tetapi bagi Su Bai, ia bukanlah orang seperti itu.
Pria itu mengajarinya tentang ilmu Gu, sebuah ilmu tentang racun yang dibuat dari serangga-serangga beracun.
Pria itu mengajarinya untuk menjadi kuat.
Ketika ia sakit, pria itu akan membuatkan obat untuknya.
Ketika ia menangis, pria itu akan menghapuskan air matanya untuknya.
Pernah sekali, pria itu berkata pada Su Bai yang saat itu masih berumur 12 tahun, "Su Bai, aku akan memberikan tempat untuk pulang bagimu."
Dan karenanya, Su Bai percaya dengan sepenuh hati bahwa pria itu akan memberikan tempat untuk pulang baginya. Oleh karena itu, ia mengikuti pria itu dengan penuh pengabdian, dan setelah hari demi hari berlalu, minggu-minggu berubah menjadi bulan dan bulan-bulan berubah menjadi tahun, ia jatuh cinta pada pria itu.
YOU ARE READING
Ballad of Ten Thousand Gu
Short StorySebelum ia melompat ke kolam yang dipenuhi dengan puluhan ribu makhluk beracun itu, Ah Lai bertanya kepadanya, "apakah kau pernah menyesal telah bertemu dengannya?" Su Bai memandanginya dalam diam. Setelah waktu yang cukup lama, ia mengangkat bibirn...