Epilog

77 7 2
                                    


Ballad of Ten Thousand Gu

Karangan Ye Xiao (叶笑)

Diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh: cathartic city

Diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Ai

Editor Bahasa Indonesia: Ciella

Selamat membaca!

[Epilog]

Segera setelah kami melompat, aku langsung menyesali keputusanku.

Aku sudah tahu bahwa kolam ini dipenuhi dengan gu beracun dan aku juga tahu bahwa di dalam ingatan Su Bai, aku dan Yue Chi hanyalah roh yang tidak dapat melukai maupun dilukai. Tetapi ketika aku berada di dalam kolam yang sesak tersebut, dikelilingi oleh ular, kalajengking, dan monster-monster lainnya, aku tidak dapat menahan perasaan takut di hatiku.

Bahkan dengan berwujud roh, aku telah sangat ketakutan, jadi aku hanya dapat membayangkan penderitaan Su Bai yang melompat ke kolam gu beracun ini dengan tubuh nyatanya.

Dengan tubuh yang dipenuhi luka-luka, Su Bai bertarung melawan gu yang tak terhitung jumlahnya.

Aku melihat serangga-serangga, ular-ular, dan kalajengking-kalanjengking itu menggerogoti dan mengigitinya hingga dagingnya mulai terobek, menampakkan warna putih dari tulangnya yang tampak menjijikan. Menggunakan belati yang ia simpan di lengannya, ia terus bertarung, menyingkirkan makhluk-makhluk itu darinya.

Tidak lama kemudian, kesadarannya mulai mengabur dan pikirannya menjadi kacau. Ia mulai memakan makhluk-makhluk beracun itu, dan mulai menampakkan gerakan-gerakan yang tampak seperti gu.

Seluruh proses itu terlalu mengerikan, dan aku bahkan tidak dapat melihatnya lagi. Namun Yue Chi melihat seluruhnya tanpa mengedipkan matanya. Pandangannya tidak tergoyahkan saat ia meresapi seluruh yang terjadi, matanya dipenuhi dengan tawa, dan di antara tawa itu terdapat air mata.

Di tengah proses, seseorang memasuki ruangan tempat Su Bai berada. Mereka berdua - Su Bai dan Yue Chi - tidak menyadari kehadiran orang itu, dan hanya aku yang mengangkat kepalaku untuk melihat siapa yang datang.

Itu adalah Ah Lai.

Ah Lai melihat ke sekitar kolam gu sebelum ia berkata sambil tersenyum dingin, "jadi kau memutuskan untuk datang kesini. Karena kau ingin menjadi gu Jue Sha, maka jadilah. Bagaimana mungkin aku tidak mengabulkan keinginanmu padahal kau telah memiliki tekad dan keberanian seperti itu?"

Setelah mengatakan kata-kata itu, Ah Lai pergi meninggalkan ruangan itu.

Di titik itu, aku sudah tidak peduli lagi. Aku tidak tahu apa yang direncanakan Ah Lai, tetapi aku telah lelah melihat pertumpahan darah di kolam gu dan mencari tempat untuk beristirahat. Aku tidak tahu berapa lama aku tertidur, tetapi ketika aku terbangun sekali lagi, aku melihat semua gu yang ada di kolam telah hilang.

Dan Su Bai - selain bentuknya yang masih tampak seperti manusia - kini sama sekali sudah tidak dapat terkenali.

Ia meringkuk di pojokan seperti sedang menahan penderitaan yang luar biasa. Namun belatinya masih terus menebas-nebas. Yue Chi tetap berada di sampingnya. Ia mengangkat tangannya, dengan perlahan berusaha untuk membawa Su Bai ke pelukannya.

Dengan hati-hati, aku berjalan mendatangi mereka dan mendapati Su Bai yang sedang menggunakan belatinya untuk mengukir dua kata di tanah, "Yue Chi" lagi dan lagi.

Ballad of Ten Thousand GuWhere stories live. Discover now