cara menjadi cerdas

135 6 0
                                    

1.Menjadi orang cerdas itu harus disiplin.
Selama ini kalian tuh pasti mikir disiplin
Itu kaya pas kamu berangkat seolah pagi pagi biar gak telat setiap hari

Jika emang bener pengertian kamu tentang disiplin seperti contoh diatas.

Itu gak salah cuman kurang tepat, lah apa pengertian disiplin yang tepat?.

Disiplin itu adalah fokus menjalankan suatu kegiatan sampai kamu mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan.

Kemalasan atau tidak disiplin hanyalah sebuah ilusi yang kamu buat buat sendiri.
2. Stop garisi buku
   Kenapa ya kalo orang belajar itu harus coret coret buku digarisin ditandain. Buat apa?

Biar tau apa yang mau dipelajarin?

Gak harus garisi buku, tapi pahami maksut dari materi tersebut. Dibaca intinya saja, karena jika dibaca semua maka akan memakan waktu lama. Cukup mamahai inti dari materi.

Buatlah rangkuman atau catatan dengan pemahaman dan kata kata yang kamu pahami atau dengan bahasa kamu.

3. Stop menghafal
   Sesuatu hal yang dihafal akan mudah hilang atau lupa.

Karena pada dasarnya otak manusia itu didesain untuk memahami bukan menghafal.

Coba deh kamu inget inget materi waktu sd masih inget?

Jangan sd dah smp coba inget gak materi selama tiga tahun. Aku jamin pasti kalian gak inget semua kan?

Lalu buat apa sekolah tinggi tinggi?

Rubahlah sistem belajar kamu yang dahulunya menghafal jadi memahami.

Seperti aku yang selalu memahami disetiap langkahnya dengan bumbu cinta meski tak pernah dianggap ada. Eaaaa wkwkwk

Oke kalo soal belajar kamu pahami insyaallah kamu tidak akan dihianati hasil seperti mereka yang menghaianati cinta muehehe...

Kembali ke materi

Orang pandai yang sesungguhnya itu bukanlah orang yang pandai menghafal tapi mereka yang pandai memecahkan masalah.

Berusaha melatih diri untuk memecahkan masalah sendiri.

Berarti kan ya sistem pendidikan di indonesia salah total? Ya mungkin bisa jadi
Kita aja yang rubah.

4. Selalu melakukan praktik
Karena orang yang berpengalaman itu lebih baik dari orang yang pandai menghafal.

5. Tentukan sesuatu yang bikin kamu enak saat belajar. Biar nyaman kan ya..

Karna pada dasarnya orang itu kalo udah ngerasa nyaman dan nemuin sesuatu yang ia cari pasti mereka akan fokus pada hal tersebut termasuk halnya cinta eaa..

Kok cinta sih?
Oke ralat jadi termasuk halnya belajar hehehe
Jangan bingung ya wkwkwk

Dinggat kamu yang pada awalnya memilih untuk seklolah maka kamu harus bertanggung jawab dengan nilai yang kamu peroleh.

Jangan pernah membiarkan orangtua mu merobek sebagian tubuhnya hanya untuk anak malas dan tidak disiplin kaya kamu.

Tar pengorbanan dan setiap tetes darahnya sia sia donk. Ya kan? Iyain aja lah ya wkwkwk

*Jangan egois terhadap diri kamu yang hanya akan membuat orang yang kamu sayangi itu menderita hanya karena kebodohanmu.*

Karena Allah: Klinik Hati (TAMAT😚)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang