Semua hal yang belum pernah terjadi tak selalu
menarik, unik, aneh, atau bahkan luar biasa.
Semuanya sama dan terjadi begitu saja, tak ada beda sedikitpun
tinggal sudut pandang mana yang kita pakai.
Layaknya sebuah rasa, biasa saja.
Hanya tergantung apa yang dirasa oleh pemiliknya.
Kuncinya hanya satu
“Perasaan Setiap Orang Berbeda beda”~~~~ * * * ~~~~
Jakarta, 2012 acara tahunan tiap sekolah saat memasuki tahun ajaran baru, MOS atau biasa disebut masa orientasi siswa, kegiatan yang dapat meninggalkan kenangan indah, memalukan, sedih atau bahkan mengerikan bagi mayoritas siswa.
SMA Negeri Kusuma Bangsa. Iya ,itulah nama sekolahnya, dimana meidi dan jeren menempuh masa remaja mereka, hal yang indah memang saat pertama memasuki SMA ,teman baru, sekolah baru, pemandangan baru, suasana baru, segala hal yang terasa baru semuanya, namun terkadang di masa itulah remaja seusia meidi dan jeren banyak mengalami kebimbangan.
Drrrrrtttt...... drrrrrtttt.... drrrrtttt..... suara getar handphon yang mengganggu tidur nyenyak meidi sang tuan putri dirumahnya.
“Aduh sialan ,siapa sih pagi-pagi udah nelpon aja” meidi yang mengeluh tapi juga penasaran ,siapa yang menelfonnya sepagi ini, dengan mata yang masih mengantuk dan tubuh yang malas ia terpaksa mengangkat handphone miliknya.
“Jeren”, terlihat samar namun meidi langsung mengumpat saat ia tau bahwa jeren sahabatnya yang menelfonnya sepagi itu.
“aiishh.. si jeren kebo sialan, males banget”
“halo, apa ,ngapain sih pagi-pagi ganggu orang tidur aja deh lo” ocehan yang mungkin sudah biasa bagi jeren ,karna sadar bahwa sahabatnya yang satu ini memanglah amat sangat cerewet.
“woy woy woy, santai neng, galak amat, pagi-pagi udah marah, ntar muka lo yang kata lo mulus itu bisa berubah kayak wajah nenek gue yang udah 80 taun umurnya, mau lo?” jawaban yang sangat santai dengan sedikit ejekan dari jeren ,sengaja karena dia tau kalo si meidi sangat tidak suka jika ia membahas soal penampilannya
“ih amit-amit, lo ati-ati ya kalo ngomong, abis lo sih yang bikin gue bad mood ,salah siapa telfon sepagi ini” jawaban meidi dengan sikap judesnya
“idih.. gimana sih, lo yang nyuruh gue kemarin buat bangunin lo jam 6”
“ah, masa sih? Emang sekarang hari apa sih, terus kenapa gue nyuruh elo buat bangunin gue sepagi ini, emang ada yang penting buat hari ini?” panjang lebar meidi menanyakan dengan detail dan merinci karena terlalu bingungnya
“wah... parah lo me, nih ya gue jelasin, hari ini itu hari kamis ,dan lo lupa ingetan gitu aja, lo waras me, atau salah makan semalem?, kita tuh hari ini ad...”
Belum sempat jeren menyelesaikan ucapannya meidi langsung memotong pembicaraan jeren.
“kamis. Mati gue, kenapa elo nggak bilang dari awal jeren agatha, basa basi mulu dari tadi, buruan lo siap-siap gue tunggu di depan...”
“udah siap dari tadi bego, eh eh woy, dasar cewek tempram...”
“tut tut tut...”
“eh eh belom selesai ini woy.. dasar nih cewek bikin gue gereget mulu, hhh...”
Meidi yang langsung menyadari bahwa hari itu adalah hari pertama ia dan jeren menjadi murid SMA langsung mengumpat dan menyuruh jeren bersiap-siap padahal jeren sudah siap sekitar setengah jam yang lalu dan langsung mematikan telefonnya begitu saja yang membuat jeren mulai sedikit greget dengan sikap sahabatnya yang satu itu.
5 menit berlalu meidi begitu cepat dalam persiapan, ia langsung berada di depan gerbang jeren dan berteriak memanggil manggil nama jeren dari luar.
“jeee, ayuk berangkat udah mau telat nih ,lama banget sih..”
“gila cepet banget tuh cewek, mandi nggak ya tadi” oceh jeren yang berjalan menuju bagasi untuk mengambil mobilnya, dan langsung menyuruh meidi untuk masuk.
“buruan masu gih”
“lama banget sih lo je, ngapain aja coba” omelan meidi yang benar-benar mengesalkan itu muncul lagi di telinga jeren
“ahh, bawel lo, gue tu udah cepet ,elonya aja yang kecepetan, baru aja nutup telfon ga ada 10 menit udah nongol aja di depan” balas jeren sambil melajukan mobil miliknya.
“yee.., namanya juga buru-buru” jawab meidi singkat
“setau gue nih ya, pada umumnya cewek itu persiapannya banyak, mandinya aja lama, belum lagi dadnnya”, aduh kalo setengah jam aja kayaknya kurang deh, nah elo ngga ada 10 menit udah kelar persiapan lo” jelas jeren sedikit menyinggung sambil bertatap tatapan dengan meidi
“iiih... elo tuh ya, terus maksud lo, gue bukan cewek gitu, lo pikir gue ga pernah mandi ama dandan gitu ha??” jawab meidi sinis
“emang lo tadi mandi?” tanya jesen singkat dengan menaikkan alis sebelah kirinya
“hehe.. enggak sih cuman cuci muka ama gosok gigi aja” meidi menjawabnya dengan cengegesan karena ia merasa kalah dari jeren.
“tuh kan gue pikir juga apa, ga mungkin banget buat cewek waktu 10 menit cukup buat persiapan ini itu, ga percaya sih lo”
“iya deh terserah elo aja, gini-gini gue tetep cantik terus juga wangi kan” jawab meidi dengan begitu pedenya.
“hh.. iya sih” jawaban menyerah dari jeren, karena sahabatnya telah tumbuh menjadi sosok gadis sangat cantik yang mungkin membuat para cowok tak mampu mengedipkan mata saat melihat paras wajahnya.
Setelah sekitar 20 menit ,sampailah mereka di sekolah baru ,suasana sekolah yang memang nyaman bagi murid baru di sekolah tersebut. Ketika sampai di halaman sekolah, mereka keluar bersamaan, seperti sepasang kekasih yang benar-benar cocok.
Beberapa mata para senior lelaki kagum memandang wajah meidi yang memang cantik itu, begitupun sebaliknya, banyak cewek yang iri melihat meidi bersama cowok keren dan ganteng seperti jeren, terutama para mantan jeren yang juga memasuki sekolah yang sama dengan mereka.
“eeehhh... ga usah di copot dulu jaketnya me!!” perintah jeren kepada meidi yang akan melepaskan jaketnya setelah turun dari mobil
“kenapa je? Oohhh gue tau ,lo nggak suka ya kalo para cowok itu tambah kagum ama gue? Atau jangan-jangan lo mulai suka ya ama gue, ngaku deh lo” tanya meidi kepada jeren dengan sedikit senyum pertanda ejekan dimulai, sambil menyenggol siku jeren
“idih apaan coba, cewe ga mandi,iyuuhhh bukan level gue me.. bayy” ejek jeren yang langsung berjalan pergi meninggalan meidi.
“eh maksud lo je.. dasar ya awas lo” sambil mengejar jeren
Memang persahabatan mereka tak pernah lepas dari kata pertengkaran layaknya seekor anjing dan kucing. Setelah bingung mau menuju kemana mereka akhirnya memilih untuk ke kantin terlebih dulu.
“perhatian, bagi semua siswa tahun ajaran baru ,sebelum melakukan kegiatan MOS hari ini silahkan kalian memasuki kelas yang telah ditentukan di papan pengumuman” suara keras yang entah dari mana sumbernya berasal itu seketika membuat semua siswa baru terdiam dan dengan serius mendengarkan pengumuman yang di sampaikan.
Setelah pengumuman telah selesai diumumkan sontak saja membuat semua siswa heboh dan penasaran tentang kelas mana yang akan mereka masuki. Tak lain dengan meidi dan jeren yang tengah asyik duduk di kantin langsung bergegas untuk ikut melihatpengumuman yang telah ditempel pada papan pengumuman yang tak jauh dari lokasi mereka.
“je yuk liat pengumumannya, gue ga sabar liatnya,kira-kira gue sekelas nggak ya ama elo? Ah jangan sampe deh, udah yuk buruan” celoteh meidi itu membuat jeren ingin tertawa
“apaan sih me, gue ambil jurusan bahasa sedangkan elo ambil IPA ,ya jelas ga bakal samaan lah” sambil tertawa kecil jeren menanggapi celoteh meidi
Setelah sampai di depan papan pengumuman meidi dan jeren langsung menerobos masuk dalam kerumunan siswa yang tengah berjubel melihat pengumuman.
“misi misi misi yaa, maaf misi..” akhirnya dengan tubuh kecilnya itu meidi berhasil menerobos masuk dalam kerumunan dan langsung melihat dikelas apa dia dan jeren masuk.
“what.... IPA 1A, mati gue bakal belajar terus nih idup gue, ah tau lah jalani aja” dengan kagetnya ternyata meidi masuk dalam kelas elit yaitu kelas IPA 1A yang tak lain adalah kelas para jenius
“woy, meidi liatin punya gue sekalian, penasaran nih cepetan..” teriak jeren dari luar kerumunan dengan rasa penasaran yang teramat sangat
“eh iya hampir aja lupa,jeren..... jjjjjjj mana ya namanya sikunyuk satu itu... kok nggak ada ya, hmm.. ,je nama lo nggak ada” tanpa berpikir lagi meidi langsung bertanya kepada jeren karena namanya tak ada dalam daftar
“oh iya, sorry gue Cuma pake nama belakang me, jadi nggak bakal ada kalo elo cari nama jeren disana sampe lebaran kecoa juga ga bakal ada” jelas jeren dengan sedikit tertawa melihat meidi yang kebingungan
“dasar ya tuh anak pingin gue cakar-cakar aja tuh mukannya, seneng banget kalo liat gue kaya orang bego” gumam meidi yang kesal karena ulah jeren
“aghata mana sih...... ” 5 menit berlalu meidi mencari namun tak ditemukannya nama Agatha dalam daftar nama
“nahh loo... ini apa, dasar kunyuk ,nyelip segala namanya, eh tunggu-tunggu, dia bilang dia ambil jurusan bahasa kok namanya ada di kelas IPA 1B sih, beneran nggak sih, ah udah lah ntar gue tanya aja ke jeren” dengan bingungnya meidi meninggalkan papan pengumuman dan menghampiri jeren yang berdiri di belakang kerumunan
“gimana me, gue masuk kelas apa? Bahasa berapa, kelasnya dimana,cepetan gue penasaran” tanya jeren yang sudah penasaran dari tadi
“ih elo ya, gue udah bermenit menit disana, nggak bawain minum malah langsung nyerocos aja” jawab meidi yang kesal akibat terlalu lama mencari nama jeren yang susahnya minta ampun itu.
“iya.. maaf me, yaudah abis ini gue traktir elo dikantin deh” itulah cara jeren menenangkan perasaan meidi yang sedang bad mood itu
“awas lo kalo bohong, lo ada dikelas IPA 1B” jawab meidi singkat
“aduh.. kenapa IPA ya,padahal gue yakin jawaban kemarin udah gue salahin deh”
“nah BTW kok lo masuk kelas IPA sih je, katanya ambil jurusan Bahasa?” tanya meidi yang heran
“yaa jadi gue kemarin waktu tes, ambil 2 pilihan me, pilihan pertama IPA pilihan kedua baru bahasa, dan kenapa gue yakin bakal masuk kelas bahasa karena kemarin waktu tes gue sengaja nggak ngebenerin semua jawaban yang gue kerjain” jelas jeren ke meidi
“jenius beneran deh lo kayaknya je” pengakuan meidi yang pertama kali mengenai kebaikan jeren
“yeee.. elo mah taunya jeleknya gue aja ya me, gue tuh emang jenius kale, kalo aja gue jawab bener semua ntar gue disuruh ikut akselerasi lagi, ih ogah banget ya, makannya elo tuh harusnya belajar dari gue me, biar elo....” belum selesai berbicara dengan menyombongkan dirinya ternyata meidi telah pergi duluan meninggalkan jeren
“lohh me.. kemana tuh anak, kebiasaan deh, selalu aja pergi kalo orang lagi bicara” gumam jeren sedikit kesal
“me tunggu woyy..aelah ngeselin lo, gue masih ngoceh lo pergi gitu aja” jeren berlari mengejar meidi sambil mengomelinya
“nggak usah ngomel mulu deh ,brisik lo je” ucap meidi ketus
“giliran gue ngomel lo marah, padahal tiap hari elo yang selalu ngomelin gue”
“udah ngomongnya?” saut meidi yang bad mood
“iya iya gue diem me, ampun deh gue, yaudah biar lo ga bad mood lagi ke kantin yuk gue traktir” bujuk jeren menenagkan meidi
“hmm.. ” jawab meidi dengan santai dan cueknya
Ditengah perjalanan mereka menuju kantin tiba-tiba ada suara pengumuman muncul lagi, sehingga mereka harus menghentikan langkah mereka dan menjalankan apa yang telah diumumkan.
“pengumuman, kepada seluruh siswa baru harap segera memasuki ruang kelas masing-masing, trimakasih”
Karena adanya pengumuman tersebut jeren dan meidi berbalik dan mencari kelas mereka bersamaan, dan setelah beberapa saat mereka berkeliling mengitari setiap tempat akhirnya mereka menemukan kelas mereka masing-masing yang ternyata bersebelahan.
“akhirnya je ketemu juga ,capek gue keliling” keluh meidi kepada jeren
“eh, tapi tunggu deh me, liat tuh kelas kita sebelahan tau” saut jeren sambil menunjuk ke arah kelas di depan mereka
“eh, tunggu tunggu, jangan bilang kalo kita sebelahan lagi” tanya meidi dengan ekspresi lebaynya
“trima takdir aja me” jawab jeren dengan santainya
“sumpah ya,rumah saling berhadepan, SMP dulu sebangku, sekarang kelas sebelahan, tau lah ,bosen gue je” keluh meidi terhadap takdirnya yang selalu bersama dengan jeren
Setelah mereka menemukan kelas masing-masing mereka masuk kedalam kelas dan mencari tempat duduk paling nyaman menurut mereka. Meidi adalah orang terakhir yang memasuki kelasnya dan sialnya kelas tersebut memiliki jumlah siswa perempuan ganjil sehingga meidi yang datang telat harus duduk bersama seorang cowok yang berada di bangku tengah. Ganteng sih tapi cowok itu terlalu serius menurut meidi, beda dengan perwatakan jeren yang bisa mengimbangi sikap meidi.
“hei, salam kenal ,gue meidi” sambil mengulurkan tangan meidi berusaha mengajak cowok itu berkenalan
“nggak naya.” Jawab cowok disebelah meidi dengan dinginnya
Masa bodoh bagi meidi meskipun ia sangat dingin tapi ia tetellah menjadi teman sebangku meidi untuk saat ini.
“baiklah, selamat pagi silahkan mengenalkan diri kalian masing-masing” ucap sosok pria setengah tua di depan, ternyata itu wali kelas mereka
Setelah beberapa murid memperkenalkan diri mereka ,tibalah saat meidi memperkenalkan dirinya
“hei, kenalin nama aku meidina amelia, kalian bisa panggil gue meidi ataupun amel” perkenalan singkat meidi di hadapan teman barunya
Karena meidi merupakan salah satu siswa yang paling polos dan cantik tentunya, ia mendapat tepuk tangan meriah terutama dari para siswa cowok dikelasnya. Setelah meidi selesai memperkenalkan dirinya maka sekarang giliran cowok yang duduk disebelahnya yang memperkenalkan diri.
“kenalin nama gue Rangga Alfaris, terserah lo mau manggil gue siapa” perkenalan yang sangat singkat dan juga dingin
Karena perkenalan sudah selasai ,mereka diberi beberapa catatan mengenai perlengkapan yang dibutuhkan saat MOS hari kedua besok. Setelah kegiatan catat mencatat selesai mereka dibolehkan untuk menuju lapangan dan memulai MOS hari pertama. Biasa namun mengesankan ,itulah suasana yang didapat jeren dan meidi saat hari pertama masu sekolah sebagai murid SMA baru.