Mencari Ide

846 64 8
                                    

"Bagaimana sih caranya dapat ide yang bagus?" 

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan paling dasar dan paling banyak ditanyakan oleh penulis baru. Jangankan penulis baru, penulis lama pun sebenarnya masih banyak yang terkendala dengan masalah ini.

Ada beberapa cara mudah untuk menemukan ide yang bisa kalian coba.


1. Ambil dari pengalaman pribadi

Apa yang kalian alami selama ini, apa yang kalian rasakan selama ini, tuangkanlah menjadi sebuah ide. Bumbui kehidupan kalian dengan fiksi jika kalian merasa kehidupan kalian biasa-biasa saja. Kalau kalian pikir ide yang berdasarkan pengalaman pribadi itu hanya akan menjadi cerita non fiksi, kalian salah besar. Selama ada imajinasi liar, kehidupan membosankan kalian pun bisa menjadi cerita fantasi. Kalian hanya siswa yang kerjanya bolak-balik rumah dan sekolah, tambahkan sedikit bumbu sihir, foila. Kalian menjadi siswa sekolah sihir. Tambahkan sedikit bumbu hantu, foila. Kalian menjadi siswa dari sekolah terkutuk.


2. Gunakan temanmu

Gimana pun kalian memikirkan, masih tidak mungkin menjadikan pengalaman pribadi kalian sebagai ide cerita? Saat itu gunakanlah teman kalian. Ada teman yang punya suatu keunikan, buatlah dia jadi pemeran utama kalian. Misal, punya teman yang tiap hari makannya bakso terus, jadikan aja dia pemeran utama dalam cerita romance comedy, "Pacarku Lebih Sayang Sama Bakso". Bisa juga jadikan dia pemeran utama cerita action "Meatball Man". Dan masih banyak lagi ide menarik yang bisa kalian lahirkan dari karakter unik teman kalian. Gak punya teman? Yaa, pakai aja orang-orang di sekitar kalian.


3. Menggunakan kejadian viral

Dalam hal ini, kalian perlu sering-sering baca berita. Kejadian yang sedang hangat-hangatnya dibahas, kalian jadikan ide dari cerita kalian. Misal, sekarang musim pilkada, tambahkan unsur scifi, jadilah cerita di mana kepala daerah ditentukan oleh AI canggih. Jadi gak perlu pemilu lagi. Atau fenomena tiktok, aplikasi yang sedang viral, tambahkan unsur supranatural, jadilah aplikasi yang bisa menculik jiwa manusia dan untuk keluar dari aplikasi itu, mereka harus jadi terkenal. Jadi, sering-sering baca berita itu perlu juga loh.


4. Menggunakan hal random di sekitar

Kalau cara yang satu ini sebenarnya perlu imajinasi dan wawasan yang cukup luas. Karena dasar dari pencarian jenis ide seperti ini adalah seberapa kenal atau paham kalian tentang suatu benda. Ambil contoh, saat ini saya sedang melihat keluar jendela dan menemui pepohonan. Di antara pohon-pohon itu, ada satu yang terlihat kering dan sudah hampir mati, penyebabnya karena ada benalu tumbuh di batangnya. Dengan informasi yang dilihat ini saja, muncul sebuah ide cerita. Bagaimana jika suatu ketika tumbuhan mengambil alih dunia. Di masa depan nan jauh di sana, sejenis parasit baru menginvasi bumi. Manusia yang dihinggapi parasit ini akan dihisap energi kehidupannya sampai mengering dan menjadi pohon.


5. What if condition

Kalau yang satu ini, tanpa pemicu dari apa-apa, kepikir sesuatu trus langsung ngeklopin sama suatu unsur. Ini level yang biasanya hanya orang tertentu yang dapat mencapainya. Bisa dibilang bakat. Intinya, jenis mencari ide yang seperti ini, dilakukan hanya dalam sekejap. Terpikir sesuatu dan kemudian dikombinasikan dengan hal lain, lahirlah boom, ide cemerlang.


Jadi, banyak cara untuk mendapatkan ide. Bahkan kalian baca banyak cerita pun sebenarnya bisa memberikan ide untuk kalian. Namun, kurang disarankan kalau kalian baru baca cerita yang sejenis aja. Nanti jatuhnya cerita yang kalian buat hanyalah cerita yang hampir meniru cerita bacaan kalian. Cobalah baca cerita dari berbagai genre dan berbagai tema, mungkin itu bisa membantu memberikan ide orisinil.

Nah, itu tadi tips yang bisa saya berikan untuk mencari ide. Berikan pendapat kalian di kolom komentar yah!

Tutorial MenulisWhere stories live. Discover now