JEMBER, Pukul 05:50
" Bunda. Za.. berangkat dulu ya..?"
Teriakku dari teras depan rumah."Eh.. biasa nih anak. Pergi tanpa mau mencium tangan bunda."
Tiba-tiba bunda muncul dari balik pintu. Kayaknya tadi ada didapur deh, lagi masak."He..he.. iya lupa lagi bunda. Soalnya za.. lagi keburuh nih"
Aku menghampiri bunda dan mencium punggung tangannya."Ini masih pagi loh.. makan dulu sana."
Perintah bunda sambil mengisyaratkanku untuk masuk ke rumah kembali."Aduh.. bunda. Za makan di sekolah aja ya.. ? Lagi ada tugas, dan za belum ngerjakan. Biasa lagi mau kerja sama dikelas"
Aku mengedip-ngedipkan mataku, mencoba untuk merayu bunda.he..he.." hii.. biasa nih anak gak ngerjakan tugas. Pergi kemana aja semalam ?"
Bunda hanya geleng-geleng kepala."Pergi tidur bunda."
Jawabku polos. Bunda lalu tersenyum dan...??" ya.. udah sana barangkat ! Ingat sekolahnya yang bener,jangan nakal-nakal,taati peraturan, yang sopan sama guru, jangan kebiasaan nyontek, yang ramah sama teman, gak boleh ikut-ikut teman yang gak patut ditiru,yang rajin belajarnya, jaga pola makananya, jangan beli yang gak perlu, dan... "
Belum sempat bunda selesai bicara. Aku sudah memotongnya.. maaf bunda lagi gak punya waktu."Bunda.. nanti Za bisa telat. Nanti pulang sekolah aja ngelanjutin ceramahnya ya..he..he "
Aku sedikit merendahkan nada suaraku. Untung bunda gak marah karna aku bersikap seperti itu. Bunda lalu ketawa." bunda banyak bicara ya..? Ya udah sana berangkat"
Bunda mengelus ujung rambutku. Ah.. bunda secerewet apapun tapi sangat menyayangiku." za.. berangkat ya..?
Assalaamualaikum ?""Waalaikumsalam.."
***
Akupun meninggalkan rumah dan naik taxi menuju sekolah. Butuh waktu 15 menit agar aku bisa sampai. Jadi aku membaca novel untuk menghilangkan kejenuhanku.
Sesampainya dikelas, ternyata bukan aku saja yang tidak mengerjakan tugas.
Aku mendapati teman-teman kelasku berkerumum dibangku Via,sahabat sekaligus teman sebangku ku. Ah.. digaris bawahi Menyontek tradisi yang wajib di praktekkan demi keselamatan bangsa siswa. tapi tidak patut dicontoh.he..heKuterobosi semua teman-teman yang berada didepanku.
"Permisii... orang yang punya bangku disebelahnya via mau lewat.."
Ucapku sambil senyum-senyum. Mereka semua menatapku sinis. Mungkin karna sebel aku mengganggu konsen belajar nyonteknya.he...he.."Ih.. ganggu aja lo.. za. Klu mau lewat-lewat aja. Jangan banyak omong..ganggu aja."
Cibir leo selaku ketua kelas di XI IPA 1. Ih.. ketuanya aja ngajarin pantes aja anggotanya ngekorin semua dibelakang."He..he.. maaf..maaf. habis fokus amat belajarnya "
Sindirku."Emangnya lo.. udah ngerjakan PR matematikanya Za.."
Tanya via sambil mempersilahkan aku duduk. Aku menaruh tasku dimeja,lalu mengeluarkan buku tugasku sambil duduk manis"Belum"
Jawabku polos.
Aku disambut sorakan teman-temanku."Hhuuuu... "
Kompak deh mereka mengejekku."Idih.. sama-sama gak ngerjakan cari ribut lo za..?"
Leo tersenyum. Tapi senyum mengejek. Aneh tuh orang,kenapa sikapnya selalu sinis. Kayak gak suka gitu. Walaupun sinis tapi dia baik kok bertanggung jawab sama anggota."Biarin.. "
Jawabku."Udah ah.. jangan adu mulut terus. Sini Za cepet ngerjainnya. Nanti bel berbunyi."
Aduh.. sahabat baik deh."Siippp.."
Ucapku tegas. Dan dengan segera akupun dengan cepat meng-copy tugas rumahku.Viana adalah nama panjangnya. Aku mengenalnya sejak duduk dibangku SD. Bisa dibilang kami bersahabat sedari kecil. Matematika adalah pelajaran favoritnya. Lantas saja via mahir dalam hitung-menghitung. Berbeda denganku sedari aku masih kecil,aku tidak menyukai pelajaran matematika. Yang benar saja satu soal jawabanya satu lembar, kadang lebih. Dan yang membuat aku gak suka juga, udah jawab panjang lebar eh.. ujung-ujungnya salah. Kan sebel aku. Kayak semangat PDKT an malah ujung-ujungnya di PHP in. Ya.. sama kayak ngerjakan matematika.
Disaat jam pelajaran matematika. Guru kiler disekolah, ya.. B. yati. Guru yang bisa membuat semua teman kelas diam semua saat jam pelajarannya. Jangankan ada dikelas, kalau udah ada jam pelajaran b.yati, terus b.yati nya masih ada dikantor belum masuk kekelas. Itu sudah cukup membuat teman-teman kelas merinding ke Takutan. Hebatnya b.yati bisa buat getaran punggung anak satu sekolah dan gak berani. Galak soalnya..
Apalagi kalau b.yati udah siap-siap nyuruh anak-anak maju kedepan untuk menjawab soal. Huu... banyak-banyak dzikir,baca sholawat deh,dan doa yang banyak, biar diselamatkan.he..he.
Kalau yang pintar matematika kayak via mah.. dia biasa aja. Yang lain tegang semua.ha..ha.
Takut disuruh maju."Udah bicara sendiri,gak dengerin. Suruh maju gak bisa. Ini anak ipa ?Malu-maluin. Anak ipa itu pastinya tau kalau cuma kayak ginian,hitung-hitungan aja gak bener. Gimana mau ngerjakan.Mungkin salah masuk kelas kamu ya.. ?"
Perkataannya langsung nyentuh dihati. Menusuk.
Waduh.. siapa gak takut kalau cara bicaranya sudah membuat satu kelas tegang semua. Nyindir juga,padahal aku juga gak bisa.
Untung saja aku gak pernah ketahuan. Jadi kalau udah pelajaran b.yati aku gak berani ngelirik kemana-mana. Karna takut disuruh maju,terpaksa aku harus banyak anting didepannya,pura-pura memperhatikan seakan-akan aku paham apa yang sedang beliau terangkan,padahal aku jauh dari kata itu. Gak paham sama sekali. Walaupun mungkin teman-teman kelasku berfikiran aku seperti orang yang tengah khusu' mendengarkan penjelasannya. Padalah aku hanya mencoba menyelamatkan nyawaku dikelas.***
Karna perutku sedari pagi meraung-raung minta di isi, jadi waktu jam istirahat Aku dan via memutuskan pergi kekantin.
" Za.. ayo lanjutin cerita kamu tadi itu, kok kepo aku sih sama cowoknya. Ganteng gak?"
Baru saja aku mau memasukkan mie ayam di mulutku.
Via membuatku jengkel. Gak tau aku lagi lapar ya.. ? Terpaksa deh aku turunkan lagi sendok yang berisi mie ayam ditanganku. Via itu bukan tipe cewek pendiam. Kalau udah cerita,banyak tanya. Dan gak akan diam kalau semua pertanyaannya gak dijawab." Via sayang.. gak usah kepo sebentar boleh.? Nanti aku ceritain semua tentang cowok itu. Intinya orang itu jelek banget,gak ganteng sama sekali,gak sopan,dan nyebeliinnnn"
Ucapku seadanya."Ah.. masak Za ?"
Via agak kaget.Aku menjawabnya dengan anggukan kepala.
"Eh.. aku cari-cari kalian. Tega amat aku ditinggal.?
Tiba-tiba lila datang dan duduk disamping kananku."Maaf, li.. ? kamu kelaman tadi di kamar mandi. Za tadi ngajak duluan soalnya belum makan."
Via menjelaskan sambil meminum jus apelnya.LILA.. nama panjang laila. Dia sahabatku juga. Kalau lila ini aku
kenalnya baru kelas Satu SMA ini,tahun kemaren masih. Kami bertiga selalu bersama,bagi cerita,dan lain-lainnya."Owalahh.. iya udah gak pa-pa.!"
Lila langsung memposisikan duduknya dengan benar dan mengangkat tangan kanannya "pak agus pesan Mie ayam nya satu, bakso satu, nasi goreng satu.dan minumnya es teh sama es jeruk."
Walah.. sahabatku yang satu ini memang makannya banyak tapi hebatnya dia gak gemuk-gemuk."Okehh.."
Pak agus menjawab sambil menunjukan jempolnya.Don't forget follow,vote and komentar nya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Love In ZADLY Light
Teen Fiction" l love you my short girl " ); Adly " terus aja ngejek aku. Aku tuh gak pendek. Kamu aja yang tinggi.! I love you too " ); Za *** kau tau bahkan jika aku tidak mengatakannya, satu-satunya orang dalam diriku adalah kamu. ka...