-دركةيااهل المدينة،يا تريمواهلها-

2.1K 124 1
                                    

(Darkah Yaa Ahlal Madiinah, Yaa Tariim Waa Ahlahaa)

-----------------------🌼-----------------------

-Darkah artinya, memohon pertolongan. Sedangkan Ahlil Madinah banyak yang menafsirkan sebagai Rasulullah ﷺ. Banyak juga yang mengertikan Ahlul Madinah adalah Madinatut Tarim (Kota Tarim).
.
Sebagaimana disebutkan oleh Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Shohib Surabaya), beliau menjelaskan bahawa yang di maksud Darkah Ya Ahlul Madinah iaitu Madinatut Tarim (Kota Tarim).

-Yaa Tarim, maksudnya bertawassul pada Kota Tarim. Tarim di jadikan tempat tawassul karena keagungannya.
Di antaranya Tarim mendapat doa dari Sayyidina Abu Bakar as-Sidq yaitu. mudah-mudahan Allah memakmurkan Kota Tarim. Keberkahan dalam airnya dan mudah-mudahan Allah menumbuhkan para wali di Kota Tarim sebagaimana tumbuhnya rerumputan.

Dari doa inilah muncul para wali-wali Allah yang agung. Terlebih dengan berlabuhnya Ahlul Bait ke Tarim, maka semakin lengkaplah keagungan Kota Tarim.

-Wa Ahlaha maksudnya, tawasul pada penduduk Kota Tarim. Sebagaimana kita tahu penduduk terdiri dari tiga unsur yaitu :
1.orang laki-laki,
2.orang perempuan
3.dan anak-anak.

Di setiap unsur tersebut penduduk Kota Tarim memiliki keistimewaan yang agung daripada penduduk kota yang lain.

Sebagaimana para Sholihin berkata:

ادعوا بالسادات موطنهم تريم رجالهم واطفالهم ثم حريم

“Memohonlah kalian dengan bertawasul pada para pemimpin yang ada di Kota Tarim baik para laki-laki dan anak-anak Kota Tarim atau kepada wanita-wanita Tarim.”

     --------------🌹🌹🌹--------------

Tareem alghanaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang