Lagi-lagi nyokap gue bandingin gue dengan anak lain, ini yang bikin gue diem dan gak nyautin kicauan nyokap gue.
Gue enggak tahu kenapa nyokap gue lebih suka memuji anak orang lain dibanding anaknya sendiri. Padahal menurut gue, gue anak yang paling nurut ketimbang adik-adik gue. Oh iya, gue punya tiga adik dan gue anak pertama.
Gue terkadang masih suka bertanya-tanya dalam hati, kenapa gue jadi anak pertama ? kenapa gue enggak punya kakak ? pasti menyenangkan punya kakak. Gue selalu membayangkan kalau seandainya gue punya kakak, gue enggak akan semenderita ini dirumah.
Bayangin aja, setiap nyokap gue ada pengajian. Gue harus jagain adik gue yang lagi tidur. Belum lagi gue harus diemin dia waktu nangis karena nyariin nyokap gue. Huft, gue bener-bener enggak tahan denger tangisan dia. Rasanya pengen gue banting aja.
Mungkin menurut kalian gue berlebihan menanggapi adik gue, percayalah gue Cuma anak umur sembilan tahun yang lagi senang-senangnya menikmati hari-hari indah gue dimasa kecil yang mungkin beberapa tahun ke depan enggak akan bisa gue nikmatin lagi.
Nasib gue yang menyedihkan ini juga menimpa anggun. Dia malah lebih parah karena bokap dan nyokapnya kerja, jadi dia juga harus jagain adiknya yang masih kecil. Bedanya nyokap anggun selalu ngasih upah ke anggun karena sudah jagain adiknya, sedangkan gue Cuma nelen kata-kata nyokap gue yang pahit.
"kayaknya ibu kelupaan sesuatu deh, ibu inget enggak ?" tanya gue setelah nyokap gue balik dari pengajian RW.
"apa ya ? ibu sudah ngembaliin payung mak iyam, sudah nelpon ayah kalau pulangnya jangan malem-malem, sama ngangkatin jemuran yang kamu lupa angkatin." Seperti biasa sindiran halusnya seperti menggampar pipi gue.
"tadi disekolah aku Cuma makan batagor dan es teh doang loh, bu."
"terus kamu belum kenyang jajannya ?"
"si anggun setiap hari dikasih upah sama orang tuanya karena udah jagain adiknya."
"bukannya setiap hari, ibu kasih kamu duit buat jajan disekolah ? apa MASIH KURANG?"
"masihlah bu, ibu Cuma ngasih seribu buat sekolah. Aku Cuma buat beli batagor sama es teh doang. Kalo buat ngaji enggak cukup".
"kamu harusnya bersyukur masih dikasih uang sama orang tua. coba kamu bayangin kalo kamu enggak punya orangtua, siapa yang kasih kamu duit ?"
"itu gampang. Aku bisa minta sama om wahid atau sama mama iky".
"hush kamu itu enggak boleh minta-minta sama orang".
"mereka kan saudara kita bu."
"inget kak tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah."
Walaupun nyokap gue galaknya ngalahin emaknya macan. Inilah nyokap gue dia selalu menanamkan hal-hal yang baik sama gue.
## Oke sekian dulu ya. Hehe maaf kepanjangan. Happy reading, jangan lupa ya kritik dan saran kalian.
YOU ARE READING
anak 90'an
HumorEra 90an memang sulit untuk dilupakan. Segala memori indah zaman itu akan selalu membekas dan akan terkenang. Meski tanpa hadirnya gadget canggih seperti sekarang, anak generasi 90an selalu punya cara kreatif membuat mainan sendiri dari bahan seadan...