Menurut gue kelas XI IPS 4 beda dari kelas lainnya. Disitu nggak diisi sama anak-anak hits dan gaul. Kebetulan di sekolah gue nggak berlaku sistem kelas unggulan. Semua kelas sama rata. Kelas XI IPS 1 yang harusnya jadi kelas unggulan ips juga sama. Disitu nggak diisi sama anak super pinter, tapi hampir semua muridnya adalah anak organisasi.
Lain halnya sama kelas XI IPS 6. Walau kalau diabsen XI IPS 6 adalah kelas terakhir di jurusan ips, tapi anak-anaknya punya otak yang lumayan. Mereka berisik, khas anak IPS. Tapi juga membanggakan. XI IPS 6 punya banyak prestasi kalau ada event di sekolah atau luar, anak-anaknya juga banyak masuk eskul.
Dan kelas gue, XI IPS 4 adalah kelas yang isinya anak ambisius. Emang nggak kaya anak jurusan IPA yang kalau pagi kerjanya baca buku. Kelas gue mencerminkan anak santai tapi harus jadi no satu. Walau nggak secara gamblang mereka akui kalau ambisius. Tapi keliatan banget kalau proses belajar mengajar di mulai.
Kalau kelas lain yang selalu kompak, sampe bikin akun instagram yang isinya ada biodata murid, keseruan mereka, atau hal hal yang terjadi di kelas. Lain halnya sama kelas gue, mereka nggak mikirin itu. Kesenangan kita juga jarang diabadikan walau lewat hp. Anak-anak kelas gue kebanyakan mageran kalau ada acara sekolah. Karena motto kita "akan hadir kalau dibutuhkan" iya, kaya sekarang. Di sekolah ada pertandingan futsal antar kelas, karena kebagian besok nggak ada satu temen gue yang dateng ke lapangan liat kelas lain tanding. Kecuali mereka yang jadi panitia. Selebihnya pada bilang capek, panas, atau mau nyiapin tenaga buat besok. Bikin gue yang jadi panitia bete.
"Napa sih mukanya ditekuk mulu. Itu udah mirip bebek"
Gue kaget saat ada orang yang noel pipi gue. Saat dilihat adalah orang paling nyebelin sepanjang sejarah gue sekolah. Yusuf.
"Apa sih, ini panas. Besok-besok dipasang terpal kek lapangannya. Kasian yang main kepanasan"
Yusuf geleng-geleng kepala "Ck. Masa lapangan segede gini dipasang terpal. Mahal"
"Ya elah, itu duit dari sekolah pake aja"
"Gaya lo, itu duit buat beli yang penting aja. Gausah terpal terpalan lagi. Lagian cuma beberapa jam aja masa gatahan panas. "
Gue ngibas-ngibasin tangan ke muka dengan gerakan nggak selow, cuaca hari ini panas banget. "Lo bilang cuma beberapa jam? Dari jam 12 sampai jam lima itu lima jam oke. Bukan beberapa. "
"Biar kulit lo tambah eksotis"
Mendengar itu gue ambil batu di bawah kaki terus gue balang ke Yusuf "Sialan"
Yusuf ketawa-tawa " Bule pada suka kali sama kulit eksotis. Kalau putih putih gitu mah udah banyak soalnya disana"
"Ya gue nggak mau sama bule" Sambil buka tutup botol karena gue haus ngeladenin aja Yusuf.
"Maunya sama gue ya abisnya"
Gue tersedak, air yang tadi udah nyampe tenggorokan malah keluar lagi bikin gue jadi batuk-batuk
"Aduh, minum-minum. Gue bercanda elah sampe batuk gini" Yusuf panik sendiri terus nyuruh gue minum lagi.
YA ABISNYA SIAPA YANG NGGAK KAGET KALAU DISERANG KAYA GITU, MENDADAK LAGI.
Tapi gue cuma diem sambil nenangin diri, mata gue jadi berair karena tadi. Muka juga pasti udah merah kaya kepiting rebus.
"Alergi ya gue kalau sama lo. " Kata gue setelah tenang.
"Awas lo kalau udah suka sama gue. "
Gue langsung lirik Yusuf " Emang lo mau apa? "
" Gue nggak mau apa-apa. Cuma mau kamu aja" Sambil senyum khas tengilnya.
Yeuuu. Dasar buaya.
Ngeliat gue yang cuma ngebales pelototan aja. Yusuf jadi nyengir "Iya santuy atuh mbak"
"Udah sana ah, gue mau tenang liat bola. Mayan, ada yang bening. Itu wasitnya juga anak sini bukan sih? Ko ganteng, baru liat lagi"
Yusuf nyari-nyari entah apa, dan tatapannya berhenti ke arah wasit yang entah namanya siapa lagi ngeluarin kartu kuning.
"Makanya kalau lagi rapat jangan bengong aja, sampe wasit aja nggak tau. Gue jadi ragu lo anak OSIS bukan"
Gue melotot ke arah Yusuf "Sembarangan, kalau rapat gue hadir terus ya, merhatiin juga. Lagian gue taunya wasit diganti doang. Ya mana tau namanya siapa. Tapi denger-denger itu saudara bu Lilis."
Bu Lilis itu pembina OSIS sekaligus wakasek.
"Namanya Dion, gue jadi aneh sama lo. Tadi nayain itu wasit seolah nggak tau tentang dia, tapi ternyata lo udah tau tentang si Dion. "
"Yakan tadi gue nanya namanya elah. Ceritanya mah gue udah tau"
Yusuf cuma memutar bola matanya " Dari tadi gue berdiri terus, minggir ah, pegel"
Gue jadi tersadar kalau dari tadi Yusuf berdiri padahal di samping tempat duduk gue kosong.
Yusuf duduk dengan mata fokus ke lapangan, seolah-olah lagi menilai permainan disana.
"Ah, curang tuh"
Gue tersadar dan jadi ngerjap-ngerjap buru-buru ngalihin mata takut Yusuf tau tadi gue perhatiin.
Mata gue menyipit saat matahari nyorot muka gue. Ah, mana nggak ada kertas dimeja. Karena ini cuma untuk duduk panitia aja, kertas, mic dan segala macamnya ada di meja satunya yang letaknya rada jauh dari posisi gue. Bikin males gerak.
Dengan tetap bertahan walau mata harus disipit-sipitin gue tetep diem duduk dengan anteng. Tapi alangkah kagetnya gue saat ada tangan di atas kepala. Bikin pengelihatan gue normal lagi karena nggak kena sinar matahari.
Gue gerakin kepala ngeliat siapa pemilik tangan itu. Ternyata, Yusuf. Mata Yusuf fokus ke lapangan tapi tangannya tetap ada di atas kepala gue.
Gue mengulum bibir nahan senyum " lo nggak cape? " Tanya gue sedikit deg degan, nggak tau ini tuh deg degan karena apa.
Yusuf senyum manis ke arah gue, bikin gue nggak nyaman dan udara disekitar entah kenapa jadi panas karena pesona Yusuf nyampe ke gue.
"Ya capek lah!!! Dikira ngalangin sinar matahari biar nggak nyampe ke mata lo itu nggak bikin tangan gue pegel ?!!"
Gue ngerjap kaget si Yusuf malah marah-marah. Baru aja gue deg degan alamat baper karena sikap dan senyumannya.
"Yaudah! gausah sok ngalangin sinar matahari. Gue juga nggak butuh !!" Tangan Yusuf gue singkirin keras sambil ngedengus dan Yusuf jadi ngedumel.
"Sana lah. Lo pindah. Disini gue mau duduk sendiri. Lo kan udah dari tadi duduk disini, lagian, tadi anak yang lain udah makan. Katanya disini juga panas, udah sana-sana pindah !!"
Gue melotot si Yusuf malah ngusir gue. Apa-apaan? Ko gue disuruh pergi kaya orang ngekos yang telat bayar sampe bikin yang punya kos ngomel.
"Gue duluan disini !!" Gue nggak terima gitu aja diusir.
"Sana makan kek, atau pindah tuh deket Meitha disitu adem"
Gue ngelirik Meitha yang lagi duduk, emang sih ditempat Meitha adem bener.
" Lo liat kan? Sana, jangan disini. " Yusuf gerakin tangannya ngusir gue. Gue ngedengus terus jalan ke Meitha sambil hentak-hentakin kaki.
DASAR UBI CILEMBU NYEBELIN!!!
KAMU SEDANG MEMBACA
Nanda
Novela JuvenilKepada seseorang yang selalu ku sebut namanya dalam cerita ini, selamat membaca. Ceritanya memang nggak seperti kenyataannya. Banyak bagian-bagian yang kutulis berdasarkan pikiranku. Tapi, intinya sama. Seperti ini perasaanku, tidak kurang dan ba...