Kalau orang bilang masa-masa sekolah paling indah adalah masa SMA, gue nggak setuju. Di SMA, emang sih udah mulai bebas. Udah mulai dibolehin pulang agak sore, boleh main ke rumah temen yang jauh-jauh, dan lain-lain. Tapi... Pelajarannya juga makin susah, cuy! Di awal masuk aja, para siswa sudah disuguhkan dengan mitos 'Grafik nilai kalian harus naik terus sampai kelas 3, kalau mau dapat SNMPTN undangan'. Belum lagi cerita-cerita horror tentang UN. Gila, stress banget nggak sih lu. Dan udah mulai banyak juga yang harus ditentukan dan dipikirkan tentang masa depan. Terutama tentang pertanyaan keramat itu, 'Mau kuliah di mana? Jurusan apa?'. Huft.
So, buat gue masa sekolah paling indah adalah masa SMP (Masa sekolah loh, yaaa... Kalo masa-masa kuliah mah, memiliki keindahan tersendiri yang tidak dapat dibandingkan dengan apa pun. Haha!). Di SMP, gue benar-benar merasakan kebahagiaan yang sejati. Anak SMP kadang masih dianggap anak kecil, jadi masih mendapatkan perlakuan istimewa di dunia luar. Kalau berbuat kesalahan, kadang masih dimaklumi karena dianggapnya belum ngerti apa-apa. Padahal sebenarnya, di dalam diri anak SMP, mereka mengerti kalau yang mereka lakukan itu salah. Tapi mereka memang sedang dalam masa ingin mencoba hal-hal baru.
Gue sekolah di salah satu SMP swasta di daerah Jakarta Timur. Entah kenapa, SMP adalah masa bandel-bandelnya gue. Track record gue kira-kira begini:
1) Baru seminggu gue masuk kelas 1 SMP, gue udah bermasalah dengan kakak kelas gara-gara gue nggak pake seragam Pramuka.
2) Sering bolos pelajaran tambahan di sekolah dan main ke mall. Gaya banget yak, mainnya ke mall. Padahal kalo ke mall juga cuma beli es krim cone doang satu (duduk-duduknya 2 jam). Ada cerita, di suatu siang pas gue dan temen-temen lagi jalan di mall dan masih pake seragam sekolah, tiba-tiba ada kepala sekolah kami lewat. Refleks aja, kami langsung ngumpet di balik pot gede yang ada di dekat situ. Jelas dong, pada ngumpet. Gue SMP swasta, seragam gue gampang banget dikenali. Bisa bahaya kalo sampe ketauan. Kepala sekolah, pula! Sampai seketika kami sadar, "Oh iya, hari ini kan kita emang pulang cepet, ya. Ngapain ngumpet?" Pintar.
3) Pernah ketinggalan buku PR, dan keadaannya waktu itu lagi nggak ada orang di rumah yang bisa nganterin si buku PR. Akhirnya pas jam istirahat gue kabur keluar gerbang sekolah (bersama dua orang temen gue yang anehnya malah mau ikut), naik angkot, dan pulang ke rumah ngambil buku PR. Setelah itu berhasil lolos kembali lagi ke sekolah tanpa sedikit pun kejaran satpam. Gue juga nggak tahu kenapa gue bisa seniat itu. Walaupun ternyata... PR gue tersebut cuma mendapatkan nilai 50. Nggak terlupakan sih itu. Yaaa setidaknya nggak nol lah, ya.
4) Tapi pernah juga gue beneran nggak ngerjain PR dan akhirnya disuruh nulis di kertas buku tulis, 4 halaman, dengan tulisan: "Saya berjanji tidak akan lupa mengerjakan PR". Lumayan, pegel.
5) Gue juga pernah ngebentak anak orang, gara-gara dia ngerebut tempat duduk gue. Bukan mau sok jago, tapi prinsip gue, gue akan mempertahankan apa pun yang seharusnya gue dapatkan. Mungkin karena waktu SD gue termasuk anak yang cengeng, maka ketika SMP, gue bertekad untuk menjadi anak yang kuat dan nggak cengeng lagi.
6) Nggak cuma itu doang, permainan gue juga cukup ekstrim pas SMP. Mulai dari lempar-lemparan buah-buahan kecil dari pohon di depan kelas, siram-siraman air teh gelas sampe banjirin (dan lengketin) ubin koridor, juga main selengkat-selengkatan. Kalau luka-luka kecil mah udah biasa. Yang luar biasa adalah gue pernah jadi korban selengkat sampe gue jatoh, kejedot sudut kusen pintu, dan jidat gue luka plus benjol lumayan gede. Kejadian yang menghebohkan. Sampai beberapa temen gue (terduga pelaku selengkat) diinterogasi oleh wali kelas. Tapi besoknya mah, udah pada biasa aja. Malah selama itu luka masih bertengger di jidat gue, panggilan gue waktu itu adalah "Harry Potter", dan sekali-sekali "Samurai X". Makasih loh, teman-temanku.
Apa? Segitu mah belom bandel? Kalian pernah lebih bandel dari itu?
Okay, fine. Level bandel gue emang masih Beginner. Belom Fundamental, apalagi Intermediate. Wajar, semua itu karena gue harus tetap menjaga image gue sebagai jajaran anak-anak baik kesayangan guru. Di SMP, gue nggak pernah yang namanya turun dari ranking 4 (walaupun nggak pernah naik juga). Padahal gue belajar pas mau ulangan doang. Sisanya main. Bisa dibayangkan betapa seimbang dan sempurnanya kehidupan gue di SMP.
Ditambah lagi, ketika gue mulai mengenal seseorang.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Ini Aku, Arika
RomanceArika, mahasiswi semester akhir yang selama hampir 4 tahun ini hidupnya hanya seputar kuliah-pulang-kuliah-pulang. Kerjaannya belajar doang. Jika dilihat sekilas, hidupnya seperti orang yang sangat sibuk, yang bahkan nggak ada waktu buat hangout ata...