Irit Bukan Pelit

49 9 16
                                    

Pagi ini terlalu cerah, gak cocok sama keadaan gue yang semakin empet. Gegara duit simpanan kepake separo buat bayar SPP bulan ini. Huh, terpaksa sih sebenarnya, tapi mau gimana lagi. Mamak di kampung juga belum bisa kirim lagi. Sawahnya habis kena serangan jantung, eh hama katanya.

Agak ada rasa sesal juga sebenarnya, sekolah di SMA swasta favorit, jurusan IPA lagi. Mampus duit. Mamak juga awalnya sempet keberatan, tapi apa boleh buat, untuk anak semata wayang tersayangnya ini. Mamak jadi terpaksa jual sawahnya.

Jauh dari kampung, sekolah gue. Sampe harus ngekost begini. Jadi inget pas mau berangkat. Mamak nangis gak karuan, ditinggal putri semata wayangnya. Gak tega juga gue rasa waktu itu. Tapi, niat udah bagai sumpah, harus dijalanin, berdoa aja semoga lancar. Amin..

Saking asiknya nge-flashback... "Astatang!! Ngagetin aja lo Ndri!" sahut gue gak nyelo. Meja depan gue aja kena dampratnya.

"Lagian situ nge-bengong mulu sih. Mikirin apa sebenernya?" ucap Indri, sohib gue, juga ngejabat jadi bendahara kelas. Dia duduk disamping gue sambil ngluarin buku sama pulpen dari tas yang isinya gak seberapa itu.

"Ah, kagak" elak gue.

"Yaelah, santai aja kali neng, masih pagi udah ngelamun, nanti kena ganggu setan sekolah baru tau rasa lo" kata si Indri, sementara dia lagi nulis urutan nama sesuai absen kelas.

Karena penasaran, akhirnya gue tanyain. "Ngapain dah lo? Nulisin absen sekelas, tumben rajin amat lo".

"Oh, ini..." Dia natap gue sebentar, terus balik lagi ke bukunya, kali ini dia lagi nggarisin tuh buku tulis. "Ini tuh buat nyatet utang yang belum pada bayar kas" ujarnnya, tangannya masih sibuk nulisin nama-nama anak sekelas.

Gue tergelak. Kas? Haduh...

Gue baru inget kalo Indri bendahara kelas. Mana utang kas gue banyak lagi. Minggu kemaren aja masih nunggak lima ribu. Haduh, bikin kepala pusing. Gatau apa ya kalo gue lagi krisis?

"Oiya, utang kas lo udah nyampe duabelas ribu noh, mau bayar kapan?". Nah itu, baru juga dirasa, udah kejadian.

Gelagapan gue jadinya. "Em, gini, gue bayar yang buat hari ini aja dulu ya..." kata gue pelan-pelan. "Yaudah gapapa" kata dia nyantai.

"Separo dulu tapi" lanjut gue sambil nyengir kuda. Takut dia ngomel soalnya. Indri tuh nenek sihir mulut beo, pokoknya hobinya ngomong yang panjangnya ngalahin kereta.

"Ceilah, kok separo? Pelit amat sih lu?! Kas dua ribu aja pake bayar separo-an". Langsung reflek tangan gue nutupin telinga. "Dasar toa! Ngomongnya gausah deket telinga juga kali. Sakit nih". Ih, Indri mah, gak peka nih.

Indri langsung tarik tangan gue yang masih nutupin telinga. Matanya melotot, serem, kaya falak di film horror the conjuring gitu.

"Ya udah deh" ucap gue ngalah.

Setelahnya, daripada gue kena omel lagi , gue langsung bayar cash, dua ribu rupiah. Hanya untuk hari ini.  Abis itu gue ngelamun lagi. Mikirin gimana caranya biar gue nylesein ini krisis.

"Ra, yaelah malah bengong lagi nih anak" kata dia sambil ngibasin tangan di depan muka gue. Abis itu, jari panjangnya nyentil jidat gue.

"Sakit pe'a!!" sentak gue sambil ngusap-usap jidat.

"Pala lo tuh pe'a, masih bengong aja lu, tuh bu Ratna dah masuk". Indri masukin buku tadi, diganti buku pelajaran pertama hari ini. Matematika.

Duh, nambah drop deh mood gue.

Setelah bergelut dengan soal-soal yang bikin pising tujuh keliling. AKHIRNYA KAWAN... Istirahat juga, ditandai dengan bunyi bel. Dengan senang hati, tanpa harus nunggu beo ber-uang, eh Indri maksudnya, gue langsung ambil langkah menuju surga, kantin maksud gue.

"Widihh, rame bener kantinya Ra" kata si Indri sambil nepuk bahu gue. Entah sejak kapan tuh orang ada di belakang gue? Perasaan tadi gue tinggalin.

"Mau duduk di mana ya?" gumam gue, gak peduliin omongan Indri tadi.

Tanpa ba bi bu lagi, gue langsung ngacir ke warungnya Mang Ujak, beli soto.

"Mang, sotonya ya, satu, beningan aja, gak pake saos, juga gak pake lama ya, perut Ara udah dangdutan nih" jelas gue, sejelas jelasnya. Biar Mang Ujak nya gak keliru.

"Oke neng, tunggu bentaran ya" ucap si Mamang, sambil bikinin soto buat gue.

"Ehalah ni anak, gue cariin tadi, taunya udah disini aja, padahal gue masih ngomong tadi, ngabur lo" kata Indri. Iya, pas gue lari ke warung ini, si Indri masih asik cerita. Gue udah boden banget dengarnya, lagian yang diomongin itu-itu aja. Si Galang kelas 12 IPS 3, cem-cemannya.

Heran gue sama Indri, bisa-bisanya dia suka sama Galang, padahal dia terkenal anak badung sekolahan. Udah kelihatan banget dari penampilannya aja. Rambut berantakan, seragam dikeluarin, gak pake dasi, sepatu warna, dan kalo jalan lehernya dipanjangin mirip jerapah. Gue aja gak paham apa maksudnya. Tapi sahabat gue ngebet benget sama dia. Kaya lihat Lee Min Ho aja. Histeris abis kalo pas lewat.

"Makasih ya Mang, bayarnya nanti" kata gue sambil lalu setelah ambil soto pesenan gue, tanpa gubris omongan dia.

Setelah menduduki kursi yang baru aja ditinggalin, gue langsung cap cus fokus ngisi perut. Udah gak tahan lagi, mana tadi pagi belum sarapan, ditambah mapelnya mantul sangat alias mantap betul kalo anak jaman sekarang bilang. Jadilah gue, macan kelaperan.

"Ih, ni anak jago banget deh ngacuhin orang" ucap Indri sambil cemberut, kek bisul mau pecah. "Dari tadi gue cerita ditinggalin mulu deh, kesel gue" lanjut dia. Mau gimana lagi, abisnya gue udah gak tahan pengin ngisi perut. Dia juga bahasannya gak ganti-ganti. Kan bosen gue nya. Jadi, salah siapa coba?

"Yah, abis si 'dia' mulu yang jadi bahasan, bosen gue"

"Hehe". Yaelah, malah nyengir dia.

"Eh, Ra, traktirin gue batagor dong" tanpa bersalahnya Indri bilang kaya gitu ke gue. Ini anak bener-bener gak tau apa gak peka sih sebenernya?! Beneran kesel gue jadinya.

"KAGAK!" jawab gue galak.

"Idih, santai aja dong, gak usah ngegas, lagian batagor dua ribu doang kok, ya" tanpa rasa bersalahnya, Indri malah mohon-mohon ke gue. Pake bikin puppy eyes segala lagi. Kesambet apa nih orang?

Sekali lagi gue bilang, "KAGAK!! Gue kagak mau, gak ada duit, seret gue" bentak gue. Eh, malah yang ada Indri cengengesan doang. Dasar kampret emang.

Gue yang keselnya udah sampe ubun-ubun, dia malah bilang, "Kalo seret ya minum".

ARGHH!!! SI INDRI KAMPRET!!!

Terus dia bilang lagi, "Pelit amat sih jadi orang, katanya kalo pelit kuburannya sempit loh" sambil cengengesan dia nepuk pundak gue, abis itu ngabur entah kemana.

"Dasar Indri!! Bukan pelit tapi irit!!" teriak gue. Tanpa peduli gue langsung kejar Indri, padahal Mang Ujak teriakin gue.

"Bayar dulu atuh neng!"

****

Haha... Siapa tuh yang suka pelit?
Jangan suka pelit-pelit ah, nanti rejeki sempit. Nah loh😌

Btw, gimana part ini?

Jangan lupa komennya ya...

See u😘

Curhatan Anak KostTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang