Kemaren, ada temen gue, namanya sih Fera, tapi temen-temen yang lain pada panggilnya "Pera". Kodrat lidah sunda kali ya. Jadilah gue ikut-ikutan panggilnya "Pera" bukan "Fera". Padahal sih ya, agak risih sebenernya kalo didenger. Tapi, mau gimana lagi ya kan?
Ceritanya nih, si Fera itu baru aja ditembak sama Gilang. Bukan tembak pake senjata pistol loh ya, ditembak perasaan, taulah kalian. Jadi, Fera resmi pacaran sama Gilang kemaren.
Nah, anak-anak yang lain tuh pada nyorakin. "Ciee... Cie..." gitu. Ada juga yang nyorakin "PeJe nya dong" gitu.
BeTeWe, kalo menurut anak jaman now gitu, katanya PeJe itu Pajak Jadian. Jadi artinya, kalo yang habis atau baru jadian, mereka harus mentraktir temen-temennya. Kalo buat gue sih ya ogah amat. Terus, mereka yang dapet traktiran pada bilang, "Semoga langgeng ya", begitu.
Maka dari itu, gue gak mau kena yang namanya pajak kaya gituan. Caranya dengan gak deket sama cowok, apalagi "ditembak" sama cowok. Sebisa mungkin untuk saat ini. Jangan.
Pasangan kekasih baru itu mau aja dimintain PeJe sama temen-temennya. Gue juga sih, traktiran gratis siapa yang nolak ya kan? Lagian, pajak kaya gituan diturutin, pajak negara aja masih nunggak-nunggakan, males-malesan bayar. Gimana negara ini bisa maju coba, pajaknya aja macam gituan. Sama sekali gak ada manfaatnya buat negara. Huft...
"Cie, Fera gak jomblo lagi, selamat ya" kata Indri nyelametin pasangan baru itu.
Sementara yang dikasih selamat cuma senyum-senyum gak jelas sambil malu-malu meong garong, eh kucing gitu. Tangannya nutupin mukanya. Yang katanya merah kaya kepiting rebus. Padahal ya enggak. Kepiting ya kepiting, muka ya muka, dari segi mana samanya coba? Lagian kalo muka merah berarti dia lagi nahan, biasanya sih begitu. Tapi ini warnanya semu-semu gitu, kayak pipi dakochan. Merona..
"Selamat ya, jangan lupa PeJe nya ya..." kata gue, tak lupa menambahkan PeJe nya. Oiya, gue tambahin juga senyuman gue yang manis semanis gula aren yang bikin diabetes. Uh...
Ucapan gue gak digubris, lagi-lagi cuma dikasih senyum sama dia. Tapi senyumannya bukan sekadar senyuman. Janjinya ditepati gaes. Gue sama Indri beneran ditraktir. Walaupun cuma siomay dua ribu di luar sekolah. Tapi puas hati ini. Gue jadi bener-bener berdoa buat mereka biar langgeng.
Itu kemaren, kalo hari ini beda lagi pajaknya. Kali ini pajak ultah namanya. Kalo disingkat jadi PU, katanya.
Temen sekelas gue, Ida namanya. Ida hari ini ulang tahun ke-17. Temen pada bilang Sweet Seventeen, katanya. Temen-temen juga ngucapin selamat ulang tahun yang disingkat juga. "HBD" singkatan dari Happy Birth Day, karena beruntung Ida ultah ketujuh belas tahun, maka bilangnya beda lagi, jadi "HSS" singkatan dari Happy Sweet Seventeen, katanya.
Kalo gue sih tetep ngucapinnya normal-normal aja. Gak pake singkat-singkatan, gak pake kode-kodean. Takutnya gak peka kaya doi, selain itu anak RPL juga bukan, yang ada nanti malah repot kan.
"Ida, selamat ultah" ucap gue. Ida senyum bahagia banget kayaknya. Keliatan soalnya dari mukanya. Yaiyalah mukanya, masa pantatnya. Ups...
"Semoga panjang umur, sehat selalu, berkah dan rejeki lancar, ya Da" lanjut gue. Mendoakan Ida, kan bagus, tanpa embel-embel "traktiran" atau "PU" lah. Anak terpuji kan gue.
Tiba-tiba aja, dia meluk gue. Heran gue. Terus dia narik gue sampe ke kantin. Waah... Asik nih...
Dia mesenin seporsi nasi campur, atau di jawa biasa dibilang "rames", di warung Bu Siti. Gembiranya gue. Ternyata mendoakan orang lancar rejeki, eh gue nya kecipratan tuh rejekinya juga. Syukur alhamdulillah.
Sebelum dia sampe di meja, gue ngacir dulu ke warungnya mang Ujak, bayar utang soto waktu itu. Mumpung gue masih inget. Lagian malu, setiap lewat depan warungnya dikodein mulu. Kan jadi salting gue nya.
Gue makan, dia minum es jeruk dingin. Gue juga ngobrol sama dia tentang hari ini.
Setelah makanan gue dibayarin, dia langsung pamit pergi. Gue cuma ngangguk aja sambil senyum semanis mungkin. Gak lama ada cowok ngedeket ke gue.
"Sendirian aja nih?" kata dia.
Waduh siapa nih? Kagak kenal gue. Kan emang gue gak pernah deket sama cowok. Ya paling kenal cowok cuma temen sekelas doang. Lainnya meneketehe, pengin tahu aja kagak. Gak ada yang jualan soalnya.
Gue diem aja. Gak jelas soalnya dia ngomong sama siapa. Orang disini kan banyak. Bukan gue doang. Jadilah gue pergi dari sana.
Akan tetapi... Tangan gue dipegang sama dia. Duh, deg deg-an gue jadinya. Kaya di drama-drama gitu.
"Mau kemana? Gue kan ngomong sama lo" kata dia lagi.
Gue cepet-cepet ngelepas tangannya yang megang gue. Takut diliat orang, tapi emang udah diliatin sih. Juga, enak aja megang-megang orang seenak jidat.
Entah kenapa, gue malah duduk lagi jadinya. Blo'on emang, ya gini nih. Astaghfirullah, usap-usap perut, eh dada. Insyaallah, gue pinter kagak blo'on, amin.
"Kenapa?" kata gue akhirnya.
Ehalah, ditanyain malah senyum-senyum njenengan mas. Dia ngeliatin gue mulu, risih rasanya. Akhirnya, gue bangkit lagi. Tangan dia juga gak nyegah. Syukurlah.
Eh, tapi kok... Gue noleh. Lah, ini anak ngapain ngikutin gue?
Dia udah standby disebelah gue. Menjajarkan langkah kaki disebelah kanan gue. Gue tercengang.
"Ngapain lo ngikutin gue?" tanya gue. Eh, yang ditanya malah mandang sebentar, terus senyum lagi. Ah, rasanya hari ini tuh banyak banget ya yang senyum ke gue. Tadi Ida, sekarang ini anak yang gue kagak kenal namanya.
Tapi tunggu, senyuman dia boleh juga. Gue baru nyadar kalo senyum dia tuh manis, dia pipot alias pipi kempot juga. Nambah deh cakepnya. Eh loh kok...
Gue sama dia udah nyampe depan kelas gue. Dia belum beranjak dari depan pintu kelas gue ketika gue udah masuk kelas.
"Ngapain masih disitu?" tanya gue ke dia. Lagi-lagi, cuma dibales dengan senyuman. Ah, meleleh gue, bang.
Selang beberapa detik, kelas rame. "Cie... Cie... si Ara dianterin sama pacarnya". Lah apa lagi ini? Kok begini?
"Cie... PeJe nya dong Ra, siapa tau langgeng" kata Indri. Lah, siapa juga yang pacaran. Gue ngelirik ke cowok itu lagi, dia masih senyum kaya tadi, masih ngeliatin gue. Sedangkan gue menatap dia minta penjelasan. Tapi sialnya, dia malah pergi gitu aja.
"PeJe nya jangan lupa loh Ara!" kata temen-temen sekelas gue kompakan.
OH NO!!! TIDAK!!!
GAK ADA PAJAK MACEM GITUAN!!!
GUE GAK PACARAN, DODOL!!!
Gue lari keluar dari kelas sambil tutup telinga. Bodo amat dah. Daripada dipalakin pajak macem gitu.
****
Hehehe...
Maap baru update lagi😅
Pokoknya ya pokoknya...
Ah, gak tau mau bikin author note apaan.Jangan lupa komen ya kalo bisa pencet bintangnya juga^^
💚
KAMU SEDANG MEMBACA
Curhatan Anak Kost
Teen FictionNgekost?? Cerita tentang yang biasanya nggak ngekost jadi ngekost. Cerita penuh suka duka maupun derita. Mau tau gak? Kuy lah baca😀 Jangan lupa comment dan vote kalo perlu. Salam manis penulis😘