saerom atau yang akrab disapa teteh oleh seluruh keluarga kim adalah salah satu anak gadis yang sering gunta-ganti pasangan. saerom sempet pacaran sama hyunbin, waktu sma kelas 1 sampe kelas dua. kelas tiga fokus ujian nasional sama sbmptn sampe akhirnya teteh berhasil masuk ptn negeri yang dia pengen. masuk semester satu teteh sempet juga pacaran sama juyeon yang notabene adalah temen smp dia yang ketemu lagi pas reunian, sayangnya gak lama mereka pacaran, cuman sampe semester 3 aja karena katanya teteh gak percaya sama ldr dan denger kabar kalau juyeon punya cewek baru di bogor.
akhirnya sekarang teteh jomblo lagi, jangan salah gini-gini yang deketin teteh banyak mulai dari kating yang ditakutin para mahasiswa baru yang namanya brian sampe daniel salah satu anak sastra inggris. iya, daniel saingan sama kakak tingkatnya sendiri yang namanya brian.
"kalau emang kamu sukanya sama aku yaudah, ngapain aku takut sama si brian-brian itu?" kata daniel selagi nganterin saerom pulang. saerom cuman bisa ngangguk, iya sih bener juga tapi ini masalahnya brian pernah hampir deket sama saerom dan sekarang dia kayak seolah minta pertanggung jawaban atas status mereka.
ya briannya udah baper duluan.
"aduh, amit-amit, semoga daniel gak tau." saerom jadi ngeri sendiri bayangin daniel nanti marah kalau tau yang sebenernya.
*
binnie yang diem-diem naksir hyunjae akhirnya make a move duluan, dia suka terang-terangan bilang. "kak hyunjae kalau aku suka sama kakak. gimana? gapapa?"
hyunjae sih suka ikut ketawa doang soalnya binnie lucu.
binnie rasa gak ada salahnya buat dia untuk maju duluan mengingat dia juga bukan penganut pemikiran kolot makanya dia berani.
"lo seriusan suka hyunjae?" tanya jiho sala h satu temen deketnya binnie. binnie ngangguk, "kenapa emang? dia udah ada cewek?"
"kayaknya satu jurusan fisip juga udah tau deh, bin? lo doang yang nutup mata."
bohong kalau binnie gak tau soal hyunjae yang pacaran sama suyeon temennya saerom. itu gosip udah menyebar kemana-mana soalnya. oh dan katanya mereka pacaran udah lama cuman emang sering putus-nyambung makanya hyunjae jarang juga memposting soal hubungan dia sama suyeon.
binnie mikir kalau mereka belum nikah berarti dia masih ada harapan, udah gitu aja. dia gak mau berhenti sebelum berjuang soalnya. the definition of strong girl banget deh pokoknya kalau binnie tuh. padahal ya, yang deketin dia juga ada tuh si yuta kakak tingkatnya yang sekarang udah lulus.
"mau sampe kapan nungguin hyunjae?" kata yuta
binnie cuman bisa jawab, "sampe hyunjae jadi cowok gue, kak."
*
wah kalau ngomongin soal percintaan minkyung sih jangan salah karena keduanya udah sama-sama komitmen buat ke jenjang serius. baru aja kemarin minhyun pulang kerja langsung ke rumah minkyung karena katanya ada yang mau diomongin ke orang tuanya.
minhyun gini-gini juga udah gak takut buat ambil keputusan, mereka pacaran udah lama dan kayaknya keduanya juga udah siap lahir dan batin kalau harus nikah tahun depan. pokoknya 2019 ganti status.
"jadi gini om..tante.." kata minhyun membuka pembicaraan didepan kedua orang tua minkyung. minkyungnya sih dia lagi mandi, mumpung dia pergi jadi minhyun inisiatif buat berani ngomong sendiri.
papa suho duduk di depan minhyun sambil mengamati cowok yang sedang gugup didepannya itu.
"saya kesini ada maksud mau serius sama anak om..anak tante.." ucap minhyun sopan, mama airin jelas kaget sejak kapan anaknya jadi tumbuh dewasa gini dan tiba-tiba ada cowok mau ngelamar. papa suho masih tetep mendengarkan minhyun. "jadi, saya mau minta izin..apa saya diizinkan buat melamar anak keempat tante dan om?"
"kamu serius?" akhirnya papa suho angkat bicara. dia gak ragu sebenernya cuman pengen ngetest minhyun aja.
"insyaallah saya serius om, soalnya saya sama minkyung udah sepakat buat saling menabung dari tahun kemarin. kalau tidak ada halangan saya mau langsung nikah aja." minhyun menjelaskan dengan detail bagaimana dia dulu sama minkyung sama-sama nabung katanya buat masa depan dan sekarang udah kebuktian sendiri ternyata ya buat ini, buat nikah.
mama airin ikut menimpali, "tapi kan kakak lagi skripsian? gak takut keganggu ya?"
minkyung yang ternyata daritadi udah menguping langsung ikutan nimbrung di ruang tengah, sambil megang tangannya minhyun dia jawab. "mas bilang dia bisa nungguin aku kok ma..pa..aku palingan dua bulan atau tiga bulan lagi selesai."
"aku kepengen udah lulus langsung nikah aja. gapapa kan?"
baik papa suho dan mama airin mengangguk setuju kalau emang itu udah keputusan mereka berdua ya kenapa enggak. mereka cuman bisa ngedoain semoga nanti minhyun sama minkyung beneran jodoh dan lancar sampe ke hari-h.
KAMU SEDANG MEMBACA
balada keluarga tak-berencana.
Ficción Generalthe view of mama airin & papa suho's family. ( local, lowercase. )