"Yah, meskipun bulan begitu jauh dari kita, kenapa itu terasa dekat?"
"Karena bulan mirip seperti Ibumu, Sayang. Dia berada sangat dekat dengan kita--di dalam hati. Namun, di saat yang sama dia juga tidak berada di sini."
Gadis kecil tersebut menatap ayahnya dengan wajah penasaran. "Maksud Ayah, Ibu berada di tempat yang sangat jauh?"
"Benar," jawab sang ayah sambil tertawa kecil. "Seperti, di bulan(?)."
Tepat setelah mendengar pernyataan--yang sebenarnya hanya gurauan--itu, dia langsung berdiri dari tempat tidurnya. "Sudah kuputuskan! Saat dewasa nanti, aku akan pergi ke bulan untuk menemui Ibu!"
Sang ayah hanya tersenyum, dan kemudian menatap langit penuh bintang yang tampak dari jendela.
***
["Ini Alto dari markas pusat. Stella, apa kamu berhasil mendarat di sana? Tolong segera melapor."]
Terdengar suara statis seorang laki-laki dari pengeras suara pesawat luar angkasa.
Namun, tidak ada jawaban.
Gadis yang merupakan tujuan dari panggilan itu sudah keluar.
Dia mengambil napas panjang, mengepalkan tangannya kuat-kuat, dan kemudian tersenyum seraya menatap bumi di bawah sana.
"Hei, Bu. Masih ingat perkataanku hari itu?" Gadis tersebut bergumam sambil melepas helm luar angkasanya. Di waktu yang sama, air matanya mulai mengalir. "Akhirnya ... aku bisa bertemu denganmu."