Melankolia

25 0 0
                                    

Melankolia adalah perasaan tidak antusias dalam berkegiatan atau apa yang membuat orang terlihat bahagia kita tidak merasakanya, termasuk dalam kategori penyakit mental tapi kurasa tidak begitu buruk. Namaku bisa kau panggil Langit,Ini sebuah cerita pendek tentang sebuah kehilangan.

Ayahku terbaring disana, merintih kesakitan, menjerit, tidak, dia tak bisa menjerit karena kemarin suara kerasnya tak dapat kudengar lagi, hanya samar-samar pita suara yang sudah koyak dipaksakan untuk terus berbicara.

Kemarahan, kesedihan, dan kebencian kenapa harus terus ada korban? Rokok, menyumbat sel-sel tubuh ayahku. Persetan!

Hari ini aku tidak bisa berbuat apa-apa. kerongkongan itu telah dilubangi. Dan jika pagi seperti ini kami biasa berbincang tentang hari-hari ku dan hari-harinya. maka pagi ini dengan suara tersekat ia berbicara.

"Laang, ayah, tidak ingin kamu  seperti ayah, cukup ayah" Suaranya hampir tak terdengar, gemetar tangan yang semakin hari semakin getar.

Tak kuat aku menahan tangis, persetan sungguh persetan aku dengan pabrik rokok, bungkus Surya, Marlboro merah, ampas Chief, Apache, Samsu, Teh Gelas, Korek Cricket  serta koloni yang sering disandingkan dengan rokok.

"Tenang yah aku tidak akan seperti ayah untuk hal ini" penuh tekad aku

Perbincangan kami yang semakin hari semakin pendek, kemarahan yang tiap hari kian bertambah. Mungkin semua ini salah ayahku tapi apa kita tidak bisa merubah sesuatu setelah banyak korban yang berjatuhan, dan hanya memperkaya segelintir orang.

***

Dua bulan berikutnya ayahku meninggal. Aku tidak menyalahkan pabrik rokok, tidak menuduh sebatang Surya, sebotol Teh Gelas, atau Korek Cricket ayah sebagai pembunuh ayah, karena nyawa ditangan Allah, tapi karenanya dengan batang rokok sialan itu hari terakhir ayah tidak seindah yang seharusnya.

Pesan terakhir ayahku, sekaligus puisi terakhir ayah.

" Sejak ayah sakit

Sejak Sebatang Surya mengkhianati ayah

Sejak Kepala ayah terus terangkat karena lubang dileher ini sungguh menyusahkan ayah

sejak semua berubah

Maka beberapa bulan berikutnya seharusnya kamu sudah masuk Fakultas Kedokteran

Mendirikan Komunitas AntiRokok

Balaskan dendam ayah dengan sebatang Surya

Ayahmu ini hanya bisa membuat lawakan yang tidak lucu

ya seperti sekarang ini

Jadilah dokter yang membawa perubahan, Nak jangan kecewakan ayah dialam sana"

Enam Bulan berikutnya aku sudah kuliah mengambil jurusan Kedokteran, membuat Komunitas AntiRokok. Tetapi Dendam ini belum terbayar tuntas, Rokok harus terus diberantas, orang-orang kesayangan kita, jaga mereka ceramahi hingga mulut kita berbusa.

Dalam ilmu kedokteran Melankolia memang tidak baik, tapi Melankolia berifat sementara karena ditimbulkan oleh rasa sakit yang akan sembuh oleh waktu, yang daripada itu melahirkan semangat tanpa batas untuk membalas semua kemurungan, kesedihan, kemarahan menjadi harapan.

Untuk sebuah kehilangan besar, dalam hidupku, ayah.

#AntiRokok #Melankolia

KUMPULAN PUISITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang