7. Earmite

0 0 0
                                    

Kutu itu sungguhan bikin gatel. Untuk kasus di perkucingan ada istilah earmite atau kutu di telinga. Kutu ini warnanya bening dan hidup di dalam telinga. Kucing akan sangat sering garuk-garuk kuping atau belakang kupingnya dengan sangat keras. Sampai-sampai menimbulkan luka. Jika sejak gejala awal kita peka mengetahuinya lalu segera diberikan obat akan jauh lebih baik.

Kalau earmite sudah parah maka kotoran dalam kuping bisa sangat kering dan warnanya hitam-hitam seperti pasir. Waktu dilap/dibersihkan nggak sampai dua jam akan kembali kotor seperti belum dibersihkan. Begitu seterusnya. Biasanya disertai bau apek atau bau yang nggak biasa dari kupingnya. Bahkan jika sudah sangat parah, saat kucing digendong aja baunya langsung menusuk hidung.

Solusinya bisa deh dibelikan obat cair khusus earmite. Bukan cairan untuk bersih harian ya. Lalu secara rutin ditetesin ke kuping kucing. Kalau cara saya, ditetesin di daun telinga secukupnya kemudian sambil kita arahkan cairan itu agar sampai merata sambil dikucek-kucek pelan kuping kucing. Kemudian pakai tisu basah dilap dan ambil cotton bud untuk mengambil kotoran tersisa yang ada di lekukan-lekukan kupingnya. Lakukan rutin setiap hari sampai sembuh.

Jangan dianggap remeh dan terus waspada. Kalau nggak cepat ditangani bisa bisa tuli kucingnya karena saking kotor dan gatal sehingga tumbuh penyakit lain di kuping.

---000---

GROOMERS DIARYWhere stories live. Discover now