Menurut saya, ternyata tidak semua yang penampilan necis dan w. O. w itu mutlak orang berduit. Bisa jadi hanya gaya dan lagi-lagi penting untuk tetap bergengsi. Omong kosonglah semua yang berlagak punya duit tapi nggak punya empati. Meski hanya kepada makhluk lain seperti hewan lucu nan unyi-unyi, kucing.
Mungkin ada yang pernah ketemu dengan owners yang kalau bicara itu setinggi langit. Tapi giliran disuruh keluar duit untuk kucingnya sangat irit, ah salah, yang betul pelit. Okelah kalau mereka sekedar irit/hemat biaya, tetapi nggak segitunya juga memberikan pakan pada kucingnya yang kwalitas di bawah rata-rata. Iya memang jika yang dipelihara ada puluhan atau ratusan sudah tentu semua Animal Lover sangat paham dan mengerti. Tapi banyak yang nggak sebanding dengan tampilan si manusia.
Jadi begini teman-teman. Lagi-lagi soal perencanaan ingin memelihara sesuatu/seekor. Harus dipikirkan kalau makhluk hidup akan banyak menghadapi masalah sepanjang karir hidupnya. Sejak awal sebelum memutuskan memelihara sudahkah kita tahu resiko apa yang kelak bisa terjadi? Mengingat soal memelihara kucing ras sangat butuh banyak banyak banyak perhatian. Bukan hanya addopt, kasih kandang, makan minum, elus-elus, itu doang.
Tidak ada beda seharusnya antara ras Domestik atau ras luar. Tetapi saya ingin tekankan di sini lebih kepada kucing ras luar karena bagi sebagian orang kucing Domestik kurang menarik sehingga lebih memilih kucing ras luar. Katakan saja untuk yang paling mudah didapat di negara tercinta kita yaitu Persia Medium [persimed].
Banyak yang kurang perhitungkan kebutuhan awal hingga kehidupan selanjutnya bersama mereka para kucing baru. Pokoknya mesti siapin dana tersendiri untuk piaraan. Dari segi pakan saja yang paling murah kisaran 25 ribu/kg. Belum lagi pasir, obat cacing, vitamin, biaya vaksin, obat dokter jika kucing sakit. Nggak murah lho.
Katakan deh kalau-kalau kucingnya kena scabies, kutuan, jamuran, dll. Grooming rutin demi kesembuhan mereka nggak murah lho. Jadi sebelum ambil keputusan untuk memelihara baiknya siapkan rencana dana.
Kalau dikata sayang kucing tapi cuma supaya "ada" itu nggak banget. Mereka punya hak untuk bebas semau mereka tetapi kita manusia yang menjadikan mereka sebagai peliharaan dan pastinya pola mereka ya kita yang menjamin. Jangan semena-mena. Binatang itu tahu cara membayar cinta kasih manusia yang baik kepada mereka. Dan harus kita tahu bahwa cinta dari mereka itu nggak murah lho.
---000---
YOU ARE READING
GROOMERS DIARY
Short StoryJangan salah ya, bahkan kucing saja perlu ke salon dan didandani. Kalau kata orang sih terkadang kami-kami ini seringkali dibilang lebay karena itu hanya kucing. Nah, kata-kata seperti ini yang seringkali saya dengar dari luaran sana dan rasanya sih...