teman lama dan malam itu
"park chaewon!" teriak heejin histeris saat ia berbalik dan mendapati park chaewon, yang sering di sapa gowon itu berada di belakangnya.
gowon adalah tetangga heejin sewaktu heejin tinggal di indonesia dulu. heejin tinggal di perumahan yang sama dengan gowon sewaktu dulu, dan teman heejin satu-satunya hanya gowon.
heejin tidak bersekolah di sekolah, ia mengambil home schooling jadi ia tidak bisa bertemu anak seusianya dulu. beruntung gowon selalu bermain dengan heejin.
"eh, udah pulang aja!" gowon mendekati heejin sambil memeluk heejin.
mereka tampak saling merindukan. sudah tiga tahun tidak bertemu, lumayan lama juga.
"baru pulang tadi kok" ucap heejin ceria, sambil melepas pelukan.
"ga ngabarin dulu kek, biar gue siap-siap dirumah" gowon cemberut sambil mencubit pipi heejin gemas.
"ga sempet tau, ini aja ga prepare apa-apa buat kemari. belum ada apartement sama belum dapet sekolah"
heejin sedang asik bertemu teman lama. dan tanpa sadar mengabaikan hwang hyunjin yang hanya melihat heejin yang senang bertemu temannya. hyunjin hanya berdiri beberapa jarak di belakang heejin.
"eh, jin, itu siapa" bisik gowon sambil menunjuk hwang hyunjin dengan dagunya.
"temanku" ucap heejin sambil tertawa.
"ah, pacarmu kan?" tebak gowon asal.
"eh?"
"halah, heejin! pulang dari paris udah dapat cowo aja. heejin ku sudah dewasa ternyata" ucap gowon dengan nada pura-pira terharu sambil menepuk kepala heejin.
"bukan ih, temanku itu" heejin berusaha membenarkan, "dia yang bantu aku dari tadi siang" terang heejin.
"hwang hyunjin, sini" panggil heejin sambil tersenyum.
"weits heejin, ganteng loh" gowon tertawa kecil.
"udah hee?" tanya hyunjin yang mendekat.
"sudah kok," heejin tersenyum melirik gowon. "ini gowon, teman lamaku" heejin sedang memperkenalkan gowon kepada hyunjin.
"park chaewon, gowon" ucap gowon sambil tersenyum tipis.
"mau pulang sekarang?" tanya hyunjin lagi.
"ah, ga enak sama gowon"
"gapapa pulang aja, gue juga lagi nunggu kak chanyeol beli bread talk. dadah heejin" ucap gowon sambil menjauh sambil melambai.
"eh iya, dadah" heejin tersenyum ramah.
—
"masuk aja duluan hee," ucap hyunjin setelah membuka pintu apartement.
"oke," balas heejin sambil tersenyum dan duduk di sofa ruang tamu dalam apartement hyunjin.
"eh, udah lama tinggal di jakarta kayaknya ya" ucap hyunjin sambil ikut duduk bersama heejin di sofa.
"ah, lumayan. rada lupa sih, tapi seingatku dari kecil kan aku lahir disini" heejin terkekeh kecil saat mengingatnya.
"alasan pindah ke paris kenapa?" tanya hyunjin lagi.
"huh? katanya urusan kerja papa," heejin mencoba mengingat. "soalnya kurang jelas juga, aku lupa hehe"
hyunjin mengganguk, "tapi masa sendiri kesini cuma karena kangen sama tanah air sendiri, pasti ada alasan lain juga kan" terka hyunjin.
"maybe, i guess" heejin menaikan kedua bahunya.
heejin tidak tahu mengapa juga ia benar-benar ingin pulang ke indonesia. ia rasa tidak ada alasan lain atas kedatangannya kembali ke indonesia.
"
terus, kamu ga apa apa gitu tinggal disini sementara?" tanya hyunjin ragu.
"kalo misalnya kamu pikir, kok aku cewe yang mau-mau aja tinggal sama cowo gini. ya, hm karena alasan apartement. dan kenapa aku ngerasa fine-fine aja tinggal sama orang asing? cause pergaulan di perancis itu keras, kalo kamu takut-takut sama orang asing disana kamh gabakalan tau apa-apa. so, aku pikir kamu orang baik jadi no problem for me" terang heejin dan di akhiri dengan senyum manis andalannya.
"pantesan" hyunjin melirik tas koper heejin, "kamu tidur di kamar tamu sebelah sana," tunjuk hyunjin ke arah pintu sebelah kamarnya.
heejin mengganguk. "ah, iya!"
—
"hyunjin?" panggil heejin pelan."ya?" hyunjin yang sedang menonton tv pun menoleh.
"kalo alasan kamu tinggal di apartement sendiri kenapa? padahal kan kamu masih sekolah" tanya heejin penasaran.
hyunjin memindahkan posisinya tepat di sebelah heejin dan mematikan tvnya.
"masalah keluarga," hyunjin merenung sebentar kemudian melanjutkan, "pas dulu banget, mama papa gua selalu berantem karena suatu hal yang bahkan gua gatau itu apa"
mendengar perubahan bahasa hyunjin membuat heejin ragu untuk membiarkan hyunjin terus bercerita.
"eh, maaf aku gatau" heejin tampak salah tingkah.
"gapapa, biar gua lanjutin" dan hyunjin melanjutkan ceritanya.
"ya," heejin mengganguk.
"gua sering denger mereka bertengkar selama seminggu penuh. pas itu gua masih kelas 6 sd dan kakak gua kelas 3 smp. gua sama kakak gua mutusin buat pergi dari rumah karena ga tahan sama suasana rumah yang udah beda" hyunjin menatap kosong ke tepi ruangan.
"dan pas hari dimana gua sama kakak gua mau pergi dari rumah waktu pagi-pagi, kita kepergok mama pas mau buka pagar dan mama ngejar terus berhasil nangkep kakak gua. sedangkan gua berhasil lari. gua yang masih gatau apa-apa lari dari rumah gatau mau kemana dengan pikiran kacau akhirnya mutusin buat ngemis. entah apa yang gua pikirin pas itu, gua bener-bener udah hilang akal kayaknya" hyunjin terkekeh pelan menceritakan pengalamannya.
"terus, kamu tinggal dimana dong pas itu?" tanya heejin hati-hati.
"gua ditemuin bapak-bapak kaya pas lagi duduk di bawah pohon sambil nangis. bapak itu turun buat bujukin gua dan ngajak masuk mobil. diajak ke rumah dia gitu, padahal dia kaya banget dan gua aja ga ngerti kenapa dia mau ajak gua tinggal bareng. gila ga tuh?" hyunjin malah ketawa dan heejin tampak bengong menatap hyunjin yang tertawa begitu senang seakan tak ada beban apa-apa.
"kok ketawa sih?!" tanya heejin agak marah.
"loh kenapa?"
KAMU SEDANG MEMBACA
dejavu ¦ jinverse
Teen Fiction©jibeyya, bahasa with lowercase. cover by @giolany ♡