Disebelah kiri tembak..... awas musuh ada dibelakang....
Kata itulah yang keluar dari bibir bocah kecil ini.ya..setiap hari, tiap jam bahkan setiap menit itu yang dilakukannya. Mau disekolah, dirumah bahkan mau makan juga tak lepas dari kegiatan tersebut.
Dari pagi sampai malam, matanya tidak lepas dari layar handphone miliknya, makannya dia sekarang memakai kacamata akibat terlalu lama menatap layar handphone.
Itulah kata kata yang cocok untuk menggambarkan kehidupan Ari. Ari adalah anak kelas 6 SD NUSANTARA yang sudah kecanduan bermain game online.permainan yang akhir akhir ini menjadi viral.
Hari harinya di habiskan dengan bermain di dunia maya, bukan bermain seperti kebanyakan anak pada umumnya yang bermain didunia nyata. Dan karena hal tersebut, ari bahkan bisa dibilang anti sosial dan tidak mau bermain bersama temannya....
"Arii.. ariii... main yuuk, kita main bola dilapangan deket sekolah, temen temen udah nungguin tuh". ajak teman teman ari sembari berteriak
"Iyaa bentar, lagi main game online dulu, ini belum selesai, nanti kalau udah selesai aku nyamperin kesana..." jawab Ari.
"Yaahhh... padahal kita kekurangan orang nihh..ayo dong main"
"Nanti dulu, ini belum selesai main game nya, kalau udah beres aku kesana.... " kata Ari sambil agak marah.
"Huuu.. dasar anak anti sosial, nanti kalau gak ada temen baru kerasa sepi.., ayo biarin, kita pergi aja". teman temanya yang kesal karena ari tak mau diajak, ahirnya pergi.
Setelah teman temannya pergi, Ari pun melanjutkan bermainnya, namun kini giliran mamah ari yang memangil ari..
"Ari makan dulu, ini makanannya udah mamah siapin di meja makan!" Seru Mamah Ari
"Bentar mah! lagi nanggung nih,kalau udah beres aku makan." Sahut Ari.
"Makan dulu ari, kalau telat makan nanti kamu sakit " kata Mamah ari.
"Bentar mah segame lagi ih".jawab ari.
"Yaudah terserah kamu, tapi jangan lupa makan,kalau gak makan nanti kamu sakit, mamah juga kan yang repot". Ceramah sang mamah.
"Iya mah .... Iyaa... bentar lagi ari makan kok, nanggung segame lagi...!" ari menjawab.
Ari pun terus melanjutkan bermain game online itu, dan tanpa terasa hari sudah malam dan karena ari sudah ngantuk, akhirnya dia langsung tidur dan lupa makan makanan yang sudah disiapkan tadi.
Keesokan pagi nya, ketika ari terbangun dan ingin mengambil ponselnya, tiba tiba ari mengerang kesakitan di perutnya dan menjerit jerit karena tidak tahan merasakan sakit perut.
"Aduhhhh... sakitttt..mamahh sakitttt...Perut ari sakit mah.. gak kuat sakit banget.. mamahhhhhh!" Teriak ari memanggil mamahnya.
"Ari ada apaa, kok teriak teriak?" Tanya mamah dengan wajah khawatir.
"Ini mah, perut ari sakit banget, serasa abis ditonjok, gak kuat mah" Jawab Ari
"Ayo kita kedokter ajaa, takut terjadi apa apa sama kamu." Timpal Mamah.
Mereka pun dengan tergesa menuju rumah sakit, Sesampaiknya dirumah sakit, Mamah Ari pun langsung memanggil dokter untuk memeriksa ari.
"Dokter, ini kenapa anak saya, tadi pas bangun tidur langsung teriak teriak sakit perut, saya khawatir dok!". jelas Mamah ari
"Iya bu, sabar dulu, coba ari nya bawa masuk ke ruang pemeriksaan dulu, biar jelas penyakitnya. Jawab sang dokter
"Iya dok silahkan!" Kata Mamah ari.
beberapa menit kemudian sang dkter membawa kabar yang ditunggu tunggu oleh ibu ari.
"Bu.. anak ibu menderita sakit maag dan harus dirawat disini dalam beberapa hari.." Cetus dokter.
"Sakit maag dok? Kenapa bisa terjadi ?" Tanya ibu ari dengan cemas
"ini karena efek ari sering telat makan dan makannya tidak teratur" Jelas dokter
"iya dok, akhir akhir ini ari kecanduan main game online dan sering telat makan bahkan sampe lupa makan" Jawab sang mamah ari.
"Kalau gitu bu, ibu harus memperingatkan dia bahkan melarang dia main game online, ini untuk kebaikan ari juga bu!." Jelas dokter lagi
"Iya dok, nanti akan saya peringatkan dia jangan berlebihan kalau main game online" Jawab Sang Mamah.
Akhirnya ari pun mendapat perawatan di rumah sakit dan menginap disana..setelah beberapa hari di opname di rumah sakit, ari pun merasa kesepian dan ingin cepet cepet pulang.
"Mah... boosen disini, mau pulang,kangen temen temen, mau main lagi sama temen temen". rengek Ari.
"Iya sayang sabar ya, beberapa hari lagi kamu bisa pulang kok, dan main sama temen temen lagi....Ehh.. tapi bukannya kamu gak suka main rame rame? Kamu sukanya kan main game online?" Candanya.
"Maamahh ihh, aku maunya main sama temen temen, seruan main sama temen temen, bisa lari bareng, bisa main bola bareng dan pasrtinya rame kalau banyak temen itu". Jelas ari sambil menagis.
Didepan pintu, teman teman ari mengetuk pintu kamar rumah sakit ari untuk menjenguknya
"Tuk.. tuk.. tuk.. permisi.. arii... arii.. teriak teman teman ari"
"Sebentar ...!" Kata Mamah ari sambil membukakan pintu kamar rumah sakit
"Tante, kami mau menjenguk ari, katanya ari sakit ya? jadi kami khawatir dan kami juga kehilangan teman bermain juga" jelas teman teman ari.
"Iya boleh silahkan.. "jawab Mamah Ari.
Teman temannya pun menghampiri ari dan menanyakan banyak hal pada ari, dan ari pun menjelaskan bahwa dia sakit maag dan harus dirawat beberapahari di rumah sakit.
"Ari kapan pulang? Kita kangen main sama kamu lagi" Tanya saeorang teman.
"Besok aku pulang kok. Emang kalian mau main sama aku lagi, kan dulu aku kalau diajak main sama kalian suka menolak dan malah bermain game online, kalian gak marah?" Tanya Ari.
"Enggak kok ri, kami gak marah, ngapainkami marah, Cuma kedepannya kamu kurangin ya main game online nya, asyikan main sama sama, seru lebih sehat lagi, jadi kamu gak gampang sakit!." Jelas teman teman ari
"Tuh dengerin omongan temen kamu Ri, kurangin main game online dan jangan lupain makan". Mamah ari menyela.
"Iya Maah, ari dengerin, mulai sekarang ari akan kurangi main game online dan akan makan teratur, ari takut sakit begini lagi dan ari takut gak disukai temen temen."
TAMAT