Hai!
Aku mau nulis disini, terkait postingan aku sebelumnya. Jujur aku ga ingin, ketika orang baca journalku, jadinya vibe negative karena kebanyakan mengeluh. Karena hidup itu naik turun, aku juga ingin memperlihatkan positivity dalam hidup aku.
Jadi, bulan Desember tahun lalu aku kan bertemu dengan Jungkook (kalau kalian baca PL pasti tau lah ya, my one and only male bestie that I have) sebenernya ga sudi aku panggil dia Jungkook, masalahnya gantengnya jauh ahahahha sad but true =))) tapi ya disesuaikan dengan PL aja lah ya biar enak. Intinya seperti biasa kita makan bersama, lalu curhat lah satu sama lain (jujur kebanyakan aku sih yang curhat) lol. Dan akhirnya dia merekomendasikan sebuah buku.
Si Jungkook ini berbedanya dengan di PL, bisa dibilang dia tuh jenius, pinter banget lah asli. Tapi justru kalau dalam fisik dia lemah, jauh banget sama Jungkook yang bisa berdiri langsung macem akrobat dari tiduran, Jungkook aku ini mun ceuk sunda mah beurat birit, lol. Jadi ini buku untuk memotivasi aku biar ga takut untuk ga disukai orang, berhubung aku kan sensitif abis ya, jadi kalau ada yang ngejauh atau gasuka sama aku, kepikirannya bisa sampai bulanan bahkan akunya sampai sakit. Padahal aku sendiri tau, kalau gaakan semua orang suka sama kita sebaik apapun kita.
Di buku ini bahas tentang paham psikologinya Adler, yang namanya teleologi. Berbeda dengan paham Freud terkait etiologi, dimana dibahas kalau orang mengalami gangguan atau depresi atau stress itu dikarenakan masa lalunya, teleologi lebih bahas ke depan, kita yang sekarang tidak terpengaruh oleh masa lalu kita. Bagi aku sih both itu penting ya, kita harus paham masa lalu kita yang menjadikan kita seperti sekarang, tapi kita juga harus liat kedepan, dimana emang sebaiknya masa lalu ga terlalu mempengaruhi kita.
Terkait masa lalu, siapapun yang mengalami kegagalan, pasti lah ya ngerasa hidup ini ga adil atau bener-bener males untuk bangkit lagi. Aku juga gitu. Gaenak sih setaun ga terlalu jelas kehidupannya ngapain dimana kemudian tahun depannya gagal lagi. Tapi bahkan sebelum baca buku ini pun aku punya prinsip yang sama, kalau aku berhenti disini sekarang, cuma aku yang akan berenti. Waktu akan terus maju, temen-temen aku akan semakin sukses, Bangtan juga makin-makin deh ya, meanwhile, I am? Masa sih aku stuck disini aja?
Nerima kenyataan itu kadang sulit. Sebenernya bete banget sih ketika psikologi dimasukin kategori sosio humaniora, dimana kalau scholarship itu poinnya harus lebih tinggi dibanding tehnik atau medical, padahal kuliahnya demi apapun, susah banget! Dapetin nilainya juga ga semudah jurusan sos-hum yang lain dimana IPK 4 tuh ada yang dapet lah lebih dari 1 macem Komunikasi, Sastra atau Fisip. Bukan aku ngeremehin yang aku sebutin ya, tapi di angkatan aku juga paling besar IPK 3.6 kurang lebih, gaada yang 4 sama sekali. Bukan angkatan aku ga pinter, beneran susah ini mah. Yet kita dianggap soshum yang nilainya rata-rata gampang dapet A sama B.
Paitnya lagi, scholarship luar kaga liat kamu lulusan apa, yang penting GPA kamu diatas 90%. GPA aku sendiri pun 85%, dimana cuma bisa apply si scholarship ini once, karena kedua dan seterusnya gakan diterima. Cruel reality sih buat aku. Dan sedihnya lagi, ga segampang itu nyari beasiswa master degree buat clinical & counseling psychology. Beasiswa New Zealand dan Australia pun adanya jurusan tertentu tapi gaada clinical. Sedih sih.
Tapi emang dulu aku ga mikir sejauh ini, karena dulu kuliah juga cuma belajar yang aku suka aja, kan ada mata kuliah manajemen atau industri organisasi juga tuh, ih aku ga minat banget jadi kek bodo amat gitu loh. Dan menyesal kemudian tidak berguna. Mana aku sakit kan, ngejar IPK diatas 3 itu udah mati-matian deh. Orang tua aku pun terutama Mamah udah kek, "Mamah ga minta banyak dari kamu, tapi liat perjuangan kamu tuh Mamah bangga." Aku sampe niat buat skripsi kerja sama dengan professor Amerika itu kan, meski akhirnya kita udah ga kontak lagi. Tapi aku seberjuang itu untuk lulus dengan IPK diatas 3. Dan Seberjuang apapun aku, ga semua orang bisa paham perjuangan aku termasuk para penilai beasiswa ini.
Lagipula setelah dipikir, kalau emang niat jadi klinikus itu adalah pekerjaan yang nasionalis. Jarang sih negara lain juga nerima clinical dari luar karena kan harus pemahaman manusia di negara nya masing-masing ya. Iya, dulu aku emang berniat menjadi klinikus orang Korea, tapi mungkin kemudian dapet teguran dari Allah, orang Indonesia juga banyak yang butuh kamu Cha. Mungkin kamu bukan psikolog paling hebat, tapi ada kok orang yang emang cocok sama kamu di treatment dan therapy nya. Ini mah monolog ngamumule hate, bahasa sunda nya mah =)) menyenangkan diri sendiri. Ya, hidup mah harus positive thinking lah ya.
Intinya, aku akan terus berjuang dan aku pasti bisa jadi psikolog. Untungnya orang tua aku paham sih sesusah itu dapet beasiswa profesi karena gaada emang beasiswa profesi untuk dalam negri. Jadi dengan atau tanpa beasiswa, aku akan tetap berjuang buat masuk magister profesi dan aku akan jadi psikolog klinis!
Buat temen-temen yang lain juga, entah yang berjuang cari kerja, lanjut s2 kek aku atau yang mau masuk kuliah tapi belum keterima snmptn kemaren, jangan berkecil hati. Inget aja kata aku, kalau kalian yang berhenti, hanya kalian yang akan berhenti, tapi waktu dan orang lain akan terus maju. Jangan juga nyalahin takdir kalian. Aku gapernah blaming orang tua aku ga sekaya temenku yang bisa sekolahin ke Korea tanpa beasiswa, karena yang namanya hidup lahir dari siapa ya kita gabisa milih kan ya.
Salah satu hal keren dari buku Adler yang aku suka itu ada perkataan gini, kalau kita menginginkan menjadi orang lain, anggap si A nih, kita gaakan pernah bahagia akan diri kita karena selalu terbayang akan si A ini. Padahal sebenernya kita sendiri gaakan tau ketika jadi A akankah kita bener-bener bahagia? Dan lagi pula, mau sampai kapapun dan apapun yang terjadi, kita gaakan pernah jadi A. Kita adalah kita. Terima diri kita apa adanya dengan segala kekurangannya.
Basis Adler ini lebih ke self-love banget sih. Jadi terima diri kita dengan segala kekurangannya, dan wajar kalau kita ngerasa ada kekurangan dalam diri kita. Jujur karena dulu aku ga terlalu suka baca dan filsafat, aku gatau banyak sih, mau Jung yang lagi trendy akibat BTS mau comeback lah, Jung aku cuma tau theory dia yang 4 kepribadian itu, melankolis, plegmatis, koleris dan sanguinis, sisanya gatau ahaha. Freud pun cuma tau etiologi, consious-unconsious, id ego superego, yang 4 fase bayi itu terus udah. Anna Freud nya aku kaga tau, dan banyak filsafat lain yang aku kaga tau. Ahaha. Malah lebih rajin si Jungkook yang baca padahal dia bukan psikologi.
Udah sih, paling segitu ya buat journal yang ini. Oh, hal lain yang perlu kalian ketahui tentang si Jungkook sahabatku ini, dia ga aseksual kek dicerita aku apalagi ada trauma itu kok. Itu pure fiktif buatan aku. Tapi yang pasti emang dia gasuka cewe. Jadi tau lah ya maksud aku. Tapi jangan sampai Jungkook beneran kek gitu, patah hati parah nanti aku :')))
Soalnya aku kadang suka takut, beberapa hal yang aku tulis di fiksi buatan aku kadang jadi nyata, kek dulu jaman DWB yang anak-anaknya naik kereta terus ga lama keluar MV Spring Day yang di kereta, terus Irene aku buat feminist di PL eh ga lama dia baca buku feminist gitu kan, sampe Jonghun FT. Island aku buat suka bokep dan kasih tau Haeri bokep, dia kena kasus suka main cewe yang bareng Seungri itu loh! Ngeri sama diri sendiri! Ahahahahhaha mending kalau yang bagus, kan kalau yang engga-engga terus jadi nyata aku shock sendiri ya. Pengennya sih Haeri jadi sama Yoongi ya Haerinya aku beneran Yoongi nya Min Yoongi aka Suga BTS beneran boleh ga? HAHAH.
Hal terakhir yang mau aku sampaikan disini adalah, kalian semua, termasuk aku bisa bahagia selama berjuang untuk masa depan, terima hasil dengan lapang dada, berjuang lagi dan tidak membandingkan. Selama hidup kita terus dibandingin sama orang lain, kita gakan pernah bahagia. Termasuk orang tua sendiri. Kalau aku bandingin sama Mamahku, tahun ini September nanti aku 25, di usia yang sama Mamah lahirin aku sebagai anak ke 2 nya sementara aku? Jodoh aja masih nangisin YoonTaeKook ahahah =)) tapii yaa begitulah hidup. Ada waktunya masing-masing kok, percaya deh.
Seperti biasa, terima kasih ya udah baca journal aku. Aku belum beres sih baca buku Adlernya, jadi mungkin kalau udah beres aku akan cerita lagi hal lainnya yang bisa aku ambil dan berbagi sama kalian. See you next time dan stay positive ya! Annyeong!
Log for today, end.
HappyGo1270.