Kelahiran Gatotkaca

233 15 2
                                    

Gatotkaca adalah putra dari Bimasena yang merupakan dari keluarga Pandawa.

Ibunya bernama Hidimbi atau yang biasa dipanggil Arimbi yang merupakan dari bangsa raksasa. Hidimbi penguasa sebuah hutan Sumatera. Hidimbi merupakan putri dari kerajaan Priggandani, negeri para raksasa.

Kekuatan Gatotkaca sudah terlihat dari sejak kecil. Jabang tetuka atau Gatotkaca sampai satu tahun tali pusarnya belum bisa dipotong dengan senjata apapun.

Arjuna atau adiknya Bimasena bersemedi di goa dan mendapatkan petunjuk dari dewa bahwa senjata tonka lah yang bisa memotong tali pusarnya.

Arjuna juga meminta tolong kepada dewa untuk memberikan kepadanya. Dan dewa pun mengabulkan permintaan arjuna.

Pada saat yang sama Karna, panglima kerajaan Hastina juga sedang bertapa mencari senjata pusaka. Karena wajah keduanya mirip, Batara Narada selaku utusan kahyangan memberikan senjata Kontawijaya kepada Karna, bukan kepada Arjuna.

Arjuna pun bergegas mencari senjata tersebut. Senjata konta yang ternyata ada di Karna yang merupakan panglima kerajaan Hastina.

Karna pun tidak ingin memberikan senjata konta ke tangan Arjuna. Hingga pertarungan sengit terjadi. Karna pun berhasil melarikan diri dengan senjata konta tersebut.

Sementara Arjuna hanya mendapatkan sarung pembungkus dari senjata tersebut.

Akhirnya Arjuna memotong tali pusar Jabang Tetuka. Sarung pusaka Konta terbuat dari kayu mastaba yang ternyata bisa digunakan untuk memotong tali pusar Tetuka. Saat dipakai untuk memotong, kayu mastaba musnah dan bersatu dalam perut Tetuka.

Karena hal tersebut, kekuatan Gatotkaca pun kian bertambah dan kelak Gatotkaca terbunuh dengan senjata konta tersebut.

Gatotkaca : Otot Kawat Tulang Besi!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang