episode 8

3.1K 84 2
                                    

KETIKA SEORANG GUS KETIKUNG CINTA

# 8

Pagi itu , gus jalal seperti biasa . Secangkir kopi yg menemani dalam menikmati keindahan mentari memerah jingga di ufuk timur . Tiba2 ada suara lembut yg menyapanya,yg tak lain adalah suara ibundanya.

Bu nyai = baguuuussss.

Jalal = dalem buk.

Bu nyai = hayuk sarapan dulu , udah di tunggu abah.

Jalal = injih bu .

Lalu bergegaslah gus jalal menuju ruang makan . Di sana sudah menunggu nasi putih hangat , sambel tomat di campur teri tak lupa terong bakar dan tempe goreng . Itu adalah menu favoritnya . Lalu ,makanlah keluarga kecil itu . Yai zidnan ali beserta keluarga kecilnya memang memprioritaskan untuk makan di rumah . Apapun menunya ,jika di nikmati bersama .kenikmatan dan kebahagiaan akan mengiringi sebuah  kebersamaan.setelah selesai makan ,maka kyai zidnan ali pun berucap

Yai zidnan = baguuuusss.

Jalal = dalem bah.

Yai zidnan ali = kapan kamu kembali ke pondok naaakk.

Jalal = insya alloh minggu depan bah.

Yai zidnan = gimana kabar yai imam rofi'i dan keluarganya.

Jalal = alhamdulillah sehat bah sedoyo ne. Cuma kapan hari gus hafizd masuk rumah sakit kena DBD.

Yai zidnan = innalillahi wainna ilaihi roji'un.tetapi udah sehat apa belum nak?

Gus jalal = alhamdulillah sampun bah .tinggal rawat jalan kemawon.

Yai zidnan ali = alhamdulillah kalau begitu.baguuuusss,,sebentar lagi khan pondok kita mau imtihan tho.terus hari ini kalau tidak salah . Para pengurus lagi musyawaroh . Mbok kalau bisa kamu ikut kesana.nyumbang ide2 atau apa .

Gus jalal = injih bah.

Lalu,berjalanlah gus jalal menuju masjid .dan disana sudah ada para pengurus sudah  mulai berkumpul.tak lupa Kang ni'ampun juga sudah duduk2 di teras masjid.

Jalal = assalammu 'alaikum.

Ni'am = wa'alaikum salam.

Lalu duduklah gus jalal di sebelah kang ni'am.ngobrol2 bersama santri yg lain .dan santri2 pun jarang yg kenal sama gus jalal.(maklum ,dari kecil udah di pondokan dan juga jarang sekali pulang ke rumah ,paling2 ya  cangkrukan di pasar kalau pas liburan pondok).tak berapa lama ,lewatlah ayu ningrum,husna adzkia , inayah dan santri2 putri yg juga mau ikut dalam musyawaroh pondok .

Santri2 putra yg ada bermacam2 ekspresinya .ada yg mengucap salam , ada yg bilang ckckckck juga ada yg cuma dlongop saja .sambil ngebathin ,masya alloh cantiknya , ngono kui yo mangan sego kabeh po.

Salah satu santri yg bernama bahrudin pun nyeletuk.

Bahrudin = masya alloh ,aku apa udah di syurga ya .kok ketemu bidadari sing kinyis kinyis.

Ni'am = awas matane ...awas matane....ha ha ha

Bahrudin = mumpung kang.ha ha ha.

Ni'am = milih yg mana kang.

Bahrudin = wes gak usah milih ,lak aku sembarang .

Ni ' am = kalau mbak ayu ningrum gimana kang???

Bahrudin = biyuh biyuh biyuh.masya alloh wonk wonk. Tetapi aku ini yo sadar diri kok .apa ya mau ayu ningrum sama santri seperti kita2 ini.

Ni'am = lho kok bisa kang?

Bahrudin = lha,,,wong koyok awak e dewe ngene iki .di pakak ne wedus ae ,iso mencret weduse....

Ni 'am = ha ha ha. ....iso wae pean kang2.

Bahrudin = yo di sesuaikan kang.lak kanggo ku sing penting bolong.

Ni'am = bolong apane ?

Bahrudin = ya mulutnya yg bolong ,buntet lak recho..

Ni 'am = iso wae ngelese....wwkkkkk

Lalu,tak kala mau liwat di depan gus jalal .husna azdkia pun berbisik.

Husna =  mbak ningrum ,guse rawuh .itu yg pakai sarung biru laut ,baju putih ,kopyah hitam itu lho....

Ningrum = ( malah semakin menunduk )  jangan keras2 nanti guse dengar mbak husna.

Husna = aku ndredeg mbak ningrum . Guse nyungkani .

Ningrum = apalagi aku , kaki ku ngejer ngejer .ndredeg puol .aku  kuatir kaki ku keserimpet mbak husna.

Husna = sssssssttttttt guse melihat kita mbak ningrum .ayo dang cepet... ayo dang cepet mlakune mbak ningrum.

Ningrum = ojo gupuhi ,aku malah ndredeg iki lho.

Dan gus jalal yg lagi duduk di teras ,kang ni'am yg duduk di sampingnya .dan bahrudin yg duduk agak di depan gus jalal agak jauhan .lalu ,pas liwat di depan gus jalal ....dalam keadaan merundukpun . Ayu ningrum masih melirik kearah gus jalal sambil tersenyum dan menganggukan kepala.dengan maksud menyapa gus jalal .ternyata,,,,,bahrudin yg duduk di depan gus jalal . Malah yg merasa...berucap sambil berekspresi geblak...

Bahrudin = masya alloooooh....dia tersenyum pada ku wonk...koyok kudu uncat nyawa ku ...ya allooooh....aku ora kuat senyumaneeeeeee....jian mak jleeeebbb.

Gus jalal pun tersenyum dengan ulah kang bahrudin yg pura2 geblak......saat itu ayu ningrum pun juga pas melirik ke arah gus jalal yg lagi tersenyum.lalu diapun membathin

Ningrum = ( alhamdulillah ya alloh ....guse masih ingat sama aku ..ternyataaaa...guse juga membalas senyuman ku...terima kasih ya robb..aku bersyukur melihat dia tersenyum pada ku ...ridhoi kami ya robb ).

Bersambung

KETIKA SEORANG GUS KETIKUNG CINTA ( KsgKc ) oleh : ma'arif wibowoTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang