episode 12

2.6K 82 4
                                    

KETIKA SEORANG GUS KETIKUNG CINTA

# 12

Nabila = ummi, nanda malah dipun bedho  terus niki lho mi ,kaliyan guse.

Bu nyai = yo rapopo tho nduk , wong gak kelong wae irung mu.

Jalal = ha ha ha

Nabila = ummi ki malah nambahi .

Yai hamam = yo  di akui wae tho nduk , irung mu kalah dangir di banding guse.

Nabila = dangir napane bah ,  niku lho  irunge guse ancen sombong . Irunge nanda niki lho tawadhu'.

Yai ridwan = hahaha , owalah yai hamam . Yai hamam...aku kok kudu guyu dewe delok polahe bocah2 saiki yi yi . Enek irung kok tawadhu ' .

Ni'am = tawadhu' pripun tho maksud e gus jalal ?

Jalal = ndle sep bek.

Ni'am = wwkkkk mosok yo pakai bek ,qolqolah kubro.hahaha.

Nabila = (nabila pun mlengos saat gus jalal melihatnya sambil tersenyum )

Jalal = sampun2 , mangke lak purik lho .

Bu nyai = hayuk nduk ,gek dang di maem bubure .

Nabila = mboten,nanda udah kenyang kok mi .

Bu nyai = ojo ngono tho nduk , gak baik purikan itu . Guse wau cuma guyon kok.

Lalu ,dengan di suapin oleh umminya . Nabilapun makan bubur sesuap demi sesuap . Pandangan matanya tak pernah lepas dari wajah gus jalal.dalam hatinya ia berucap

Nabila = (  seandainya jemari tangan mu yg menyuapi ku.
Aku rela jika harus sakit untuk bisa berada di dekat mu .
Tetapi.
Aku hanya jelata hina.
Baju ku kesederhanaan.
Selendang ku bukan sutera kemegahan.
Dari anyaman jerami, rumah ku pun tercipta. )

Bu nyai = ayo nduk , dang di makan buburnya .malah ngelamun .

Nabila = injih2 mi .

Yai ridwan = udah gak kerasa njih yi .ternyata kita sudah tua . Padahal,perasaan ku  baru kemaren saja kita lulus dari pondok .

Yai hamam = injih leres sanged yi , akupun juga merasa begitu .

Yai ridwan = tetapi , santri sekarang udah beda sama santri2  jaman kita dulu yi.

Yai hamam = injih leres yi , jaman dulu itu .kalau udah ngaji alhikamnya ibnu atho' .wes jan santri pengpengan .

Yai ridwan = hahaha  ,aku malih kemutan romo kyai zidnan ali   yi yi.

Yai hamam = hahaha , injih yi .lha wong setiap ngaji hikam mesti bolos .sampek di dukani mbah yai idris.

Jalal = di dukani dos pundi yi ??

Yai hamam = mbah yai idris tanya , "kenapa kok gak pernah ikut ngaji hikam  kang ?? " . Terus ramanda mu jawab gini " males niku yi ,masak ibadah kok gak ada benarnya .salaaaaah terus " .mbah yai idris cuma ketawa saja ,mendengar jawaban ramanda mu gus gus .

Yai ridwan = tetapi ,meski demikian .ramanda mu iku santri kinasihe mbah yai idris lho gus ( sambil meringis kesakitan ) .

Yai hamam = kengeng nopo yi ?

Yai ridwan = biasae yi ,rogo wes suwe kanggone.yo mungkin wes wayahe ndandak ne.

Yai hamam = sakit apa emangnya yi ?

Yai ridwan = mungkin asam urat ku kambuh yi .kaki ku terasa kemeng dan pegal2 .

Jalal = dalem pijeti njih yi ?

Tanpa menunggu jawaban dari romo kyai ridwan ahmad .gus jalal  yg waktu itu duduk di bawah ,di karenakan keterbatasan kursi untuk para pengunjung . Langsung memegang kaki  romo kyai ridwan .lalu di lurus kan dan di tumpukan pada pangkuannya. Dengan perlahan lahan ,diapun memijit kaki romo kyai ridwan.

Jalal = wonten ikang gadah minyak urut ?

Bu nyai maysyaroh = wontene minyak tawon gus .

Jalal = injih mboten nopo2 bu nyai .

Lalu ,di urutlah kaki romo kyai ridwan .lalu , romo kyai ridwan ahmad melanjutnya ceritanya...

Yai ridwan =  gini lho gus , romo yai zidnan ali itu .dulu kalau denger mbah yai idris lagi sakit . Dia akan tidur di dekat pintu kamarnya .alasannya, jika sewaktu2 ada keperluan . Mbah yai idris gak usah cari cari lagi . Maklum ,mbah yai cuma punya 4 orang anak .dan semuanya perempuan.

Umam = nopo injih kados mekaten bah ? ( tanya gus umam yg menyimak sejak tadi ).

Yai ridwan = iyo nak .bahkan, pernah  suatu ketika romo kyai idris  sakit keras.sampai gak bisa bangun .ya romo kyai zidnan ali itu yg membopong ke kamar mandi jika pas kebelet . Ibarate ,romo kyai zidnan ali itu sikile romo kyai idris .

Yai hamam = injih gus ,bahkan saking rakete sama mbah yai idris . Yai zidnan ,di kondangke jadi  calon menantunya kyai idris . Dan bengkoni pondok e yai idris .

Ni'am  = lho ,kok malah nikah sama bu nyai nurifatul afifah tho romo yai ?

Yai ridwan = ini panjang critanya kang . intinya , ini tentang janji seorang laki laki.

Jalal = ( hanya tersenyum sambil tangannya tetap mengurut kaki romo kyai ridwan ahmad )

Nabila ,yg sejak tadi memperhatikan gus jalal hanya bisa berucap dalam hati .

Nabila = ( gus , jika engkau seperti ini terus .itu hanya akan  membuat ku semakin cinta dan cinta terus sama kamu . meski di sisi lain .perilaku mu membuat ku semakin minder . aku semakin gak percaya diri gus .apakah aku pantas untuk mendampingi mu ?  Gus ,  Mungkin ....aku bisa hidup tanpa mu . Tetapi aku gak yaqin , bisa bahagia dengan yg lain  )

Bersambung.

KETIKA SEORANG GUS KETIKUNG CINTA ( KsgKc ) oleh : ma'arif wibowoTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang