BAB 1

185 19 68
                                    


Hari ini, gue balik lagi buat ngehadirin kelas yang bisa dibilang membosankan. Yah, maklum aja, materinya udah gue pelajari dari taun-taun sebelum masuk sini. Gue lupa ngejelasin tentang WATN ke kalian, dan di sini gue bakal jelasin visi misi dari sekolah kepenulisan ini.

WATN, kepanjangan dari We Are The Noble. Punya satu gedung tempat belajar, dan dua gedung buat asrama, cewek dan cowok. Disini penghuninya juga gak sampe ratusan orang, cuma puluhan aja sih. Yang niat belajar, bisa tahan. Yang gak, ya udah keluar dan pulang ke daerah masing-masing. Tapi, gue udah setahunan masuk sini masih betah aja. Ah ya, gua bingung apa itu visi apa itu misi, astaga ampas banget rasanya. Tapi, garis besar dari tujuan tempat ini; menjadi tempat belajar untuk mereka yang ingin maju menjadi penulis berbakat.

Sedikit bocoran, dari SMP gue emang punya cita-cita jadi penulis terkenal. Parahnya, gue gak bisa nulis kalo gak ada bau-bau adegan ranjang.

"Ngelamun aja lo!"

"Eh, Mamen. Gue kira belum balik kerja."

"Kalo belom balik, gue gak ada disini."

Gue cuma bisa ngedesah. Kalo kalian nanya Mamen itu siapa, jawabannya dia itu Fura. Temen sekamar, sekaligus mentor gue. Dia orang yang asik, tapi ngeselin kalo gilanya kambuh.

"Yang lain pada kemana? Sepi amat ini tempat?"

"Masih pada makan, gue kenyang."

Fura cuma ngangguk aja, terus kepalanya celingak-celinguk, kek maling aja.

"Lama bener, kelas udah mau mulai."

"Ngeluh aja lo, sono mandi!" sengaja gue usir. Ganggu acara ngelamun gue sih, tapi, ini demit kagak minggat juga, gak tau ape bau badannya ngalahin kambing Kang Fadhol, pemilik toko sembako depan gang.

"Males mandi."

Fura cuma cengengesan, gue balik ngayal. Gak tau mau ngomongin apa ama dia.

"Lo pacaran ama cowok mana lagi?"

Ngelirik bentar, gue milih balik badan, ngeliat kolam ikan lele punya Aras.

"Jakarta, namanya Iqbal."

"Gak takut patah hati lagi? Lagian, lo baper bener kalo udah hubungan dunia maya."

"Gue gak cinta ama dia, cuma anggap dia hiburan doang."

Fura natap gue, kek nya mau ketawa tapi ditahan. Kenapa ini anak cacing?

"Dalam waktu sebulan, gue jamin lo bakalan baper ama dia."

Gue cuma diem. Malas jawab dan milih mandangi kolam lele, kira-kira kalo gue nyemplung ke sono, Si Aras bakalan ngamuk gak ya?

Gak kerasa, gue yang dari tadi ngelamun gak sadar. Temen-temen sekelas udah ngumpul, lengkap ama guru-guru WATN yang bahkan umurnya lebih muda dibanding gue. Si Fura yang gue kira udah mandi, ternyata masih betah di samping gue sambil mainin HP.

Gue milih masuk, ngikutin temen yang udah pada duduk dengan tampang yang gak bisa gue jelasin bentuknya. Kek nya sih, pada capek ama kerjaan, bedalah ama gue yang cuma kuli toko depan gang. Pertama, pada basa-basi, gua bodo amat, gua masuk cuma isi absen ama nyimak materi doang.

"Kita absen, diem bentar!" Putri mulai ngabsen satu per satu penghuni kelas, gue diem, belom waktunya buat jawab dan nanggepin panggilan dia.

"Aras!"

Mata gue fokus ke Aras, dia itu cowok, kerjaannya peternak ikan lele, jual sayur juga di pasar. Dia punya kolam ikan di sini, ama kebun di belakang asrama cowok. Yah, maklum aja, di sini harus punya kerjaan, biaya idup juga nyari sendiri, uang juga patungan buat bayar aer, sampe bayar listrik dan beli makanan.

"Neng!"

Gua bodo amat, ini anak satu daerah ama gue, bedanya dia tinggal di Balai Sepuak, kalo gak salah. Dan gue, gue ini tinggal di Pontianak. Neng, dia kerja jadi tukang jamu keliling komplek, yah, hasilnya gak seberapa, tapi mayanlah buat nambah uang bulanan di sini.

"Eka!"

Gue ngelirik Eka, dia itu bisa dibilang anak didik gue, baru aja masuk WATN sebulan lalu. Kerjaannya? Awalnya dia tukang copet, tapi sejak ketemu gue, ikutan jadi kuli di toko Kang Fadhol. Aduh, gue emang orang baik, masuk surga kalo mati, muehehehe.

Absen terus jalan, gue gak mungkin jelasin satu per satu orang yang ada di kelas ini ama kerjaan mereka masing-masing. Jangan gila dong, puyeng pala gue, tadi di lempar piring ama Kang Fadhol, gegara gue abisin sambal terasi. Jahat emang bos gue, gak sayang ama anak buah, mana gajinya kagak naik-naik, udah gendut, gak berpri kemiskinan lagi ama gue. Kan sebel.

"KINARA SHEN LIEM!"

Buset! Kaget gue, ampir jungkir balik dari kursi dan ngelempar kamus ke muka si Putri. Suaranya nyaring bener, di pikirnya gue budek ape. Gue lirik sana-sini, semua pada mandangin gue dan gue berasa jadi idola sekarang.

"KINARA SHEN LIEM!"

Hanjay, udah tau gue dateng kenape masih aja dipanggil?

"Aduh!" gue ngelus kepala, brasa abis di lempar pakek palu Thor, mata gue natap si Ellina, mukanya kek abis kena gampar Spider Man.

"KINARA SHEN LIEM!"

"HADIR!" sengaja gue teriak, biar pada berenti mandangin gue dan ngelempar gue pake batako, astaga, maksud gue pake penghapus papan tulis.

Putri ngembusin napas, gue duduk lagi sambil nyiapin buku catatan. Entahlah, gue kok rasanya bagusan ngetik cerita daripada dengerin materi? Huh, gue kek nya harus mikirin jalan cerita novel-novel gue deh.

Sedari tadi, gue cuma natap papan tulis, dengerin penjelasan tentang apa itu Blurd, Prolog, Epilog, Sinopsis. Gak nyangka, semuanya punya beda dan porsi masing-masing. Dulu mah, gue main hantam aja kalo bikin cerita.

"Jadi, kalo prolog itu bisa berupa ngenalin karakter ke pembaca?" gue nanya baik-baik sih, soalnya sering nemu cerita yang ngenalin karakter, bukannya penasaran gue malah malas buat ngebaca. Apalagi, kalo yang di bahas detail banget, mungkin yah, kalo ada jam buat e'ek juga bakalan di bahas ama si author.

Auntum natap gue, nah kenalin, dia itu penjual sate ayam, anaknya baek sih, cuma gue pikir dia pelit aja kalo gue mau ngutang.

"Iya kak, gak masalah kok, kalo mau ngenalin siapa aja cast di cerita Kakak."

Gue cuma ngangguk kepala doang, udah paham gue. Gak lama, setelah gue nanya-nanya, banyak juga yang angkat tangan, mau nanya dan gue jadi puyeng.

Ngeluarin HP aja kek nya, daripada bosen. Gue sengaja buka WA, dan astoge ... banyak amat notifnya.

Dari: Iqbal.

Sayang, kamu lagi apa?

Gue cengengesan, kok geli ya? Berasa jadi anak SMA gue sekarang.

Untuk: Iqbal.

Lagi napas sayang, kamu lagi apa? Jangan bilang lagi mikirin aku ya.

Gue senyam-senyum, sampe lupa kalo kelas masih jalan. Kalo boleh jujur ya, si Iqbal itu lucu. Cuma, ya masih umur dua puluh dua tahun.

Nunggu chat di bales, gue buka chat dari Kang Fadhol.

Dari: Bos Lemak.

Kinar, besok jan lupa malingin lele di kolam si Aras.

Astaga ... bos macam apa ini. Pelitnya lahir dan batin, di kiranya ikan hasil nyuri gak bisa bawa dia ke neraka. Gak gue bales pesennya, besok kalo ditanya, gue jadiin si Fura kambing item.

Gue balik fokus ama pelajaran, natap ke depan, senyum kek gak punya dosa. Si Auntum masih aja jelasin materi-materi kepenulisan. Kok betah banget ya?

"Kin, dari tadi lo gak fokus. Kenapa?"

Si Carol, dia itu pedagang pecel, mantab ... gue sering malingin sebungkus pecel cuma buat sarapan, biar gak kelaparan di tempat kerja.

"Biasa, gue lagi chat ama brondong jagung."

Gue milih papan tulis buat di pandang, bayangin wajah Iqbal yang lagi senyum ke gue. Astagaaa kok pen nyipok papan ya? Susah sih kalo LDR, pacaran rasa jones, malam minggu kagak di belai tangan malah ngebelai HP.

CINTA JARAK JAUHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang