184

1.1K 44 0
                                    

Dear,... Tahukah kamu? Kaum muslimin yang berangkat menuju tempat shalat 'Idul Fitri disunahkan melakukan adab-adab berikut ini:

1. Mandi sebelum berangkat
Dari Nafi' berkata, "adalah Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu mandi pada hari raya 'Idul Fitri sebelum keluar menuju tempatshalat." (HR. Malik, Syafi'I, dan Abdur Razzaq dengan sanad shahih). Apa yang dilakukan oleh Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu adalah mencontoh Rasulullahﷺ , sebagaimana dilakukan juga oleh Ali bin Abi Thalib dan para sahabat yang lain.

2. Makan ringan sebelum berangkat shalat 'Idul Fitri
Dari Anas, "Rasulullahﷺ tidak berangkat menuju shalat 'Idul Fitri sebelum beliau makan beberapa biji kurma." (HR. Bukhari No. 953)
Dari 'Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata, "Rasulullahﷺ biasa berangkat shalat 'ied pada hari 'Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari 'Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat 'ied baru beliau menyantap hasil qurbannya." (HR. Ahmad 5/352)

3. Berhias dan Memakai pakaian yang baik dan bersih
Dari Jabir bin Abdullah rhadiyallahu 'anhu berkata, "Rasulullahﷺ memiliki satu jubah khusus yang beliau kenakan untuk shalat dua hari raya dan shalat Jum'at." (HR. Ibnu Khuzaimah No. 1669)
Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu berkata, "Umar membeli sebuah jubah dari sutra yang dijual di pasar. Ia membawanya kepada Rasulullahﷺ dan berkata, "Wahai Rasulullah, belilah baju ini, agar bisa Anda kenakan saat hari 'ied dan menerima utusan..." (HR. Bukhari No. 886 dan Muslim No. 2068)

4. Barangkat dan pulang melalui jalan yang berbeda jika memungkinkan dan tidak memberatkan
Dari Jabir radhiyallahu 'anhu, "Rasulullahﷺ jika shalat pada hari 'ied selalu melewati jalan yang berlainan (saat berangkat dan pulang)." (HR. Bukhari No. 986)

Semoga bermanfaat 😘

#RamadhanBarengAlila #TakbiranBarengAlila

Repost : @hijabalila

Takabballalahu Minna wa minkum,

"Mohon Maaf Lahir Batin semuanya >.<"
Happy eid Mubarak
1 Syawal 1440H

-05 Juni 2019-

Quotes IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang