5. Pagi yang Sibuk

295 14 0
                                    

Setiap paginya, abis Mamas berangkat kerja, akan ada aku yang ngedumel di rumah sambil beres-beres.

Seperti pagi ini.

Mamas itu ya sembrono banget.

Sikat gigi udah ada tempatnya, malah diletakkin sembarangan di wastafel.

Pasta gigi nggak pernah ditutup abis dipakai. Kadang tutupnya ada di dekat si pasta gigi, tapi juga kadang tutupnya melipir ke dekat tong sampah di bawah wastafel.

Udah pernah aku bilangin, "Mas, kalo sikat gigi, itu odolnya di tutup dong, ntar kering isinya." Tentu aja Mamas ngangguk sambil bilang, "Iya."
Tapi nyatanya, kegiatanku mencari tutup pasta gigi di pagi hari kayak begini nggak pernah berakhir, setiap hari.

Abis di kamar mandi, lanjut ke kamar tidur.

Yak itu dia objek dumelanku selanjutnya. Handuk.
Handuk bekas mandi Mamas yang nggak pernah absen kupindahkan dari atas tempat tidur ke jemuran handuk, setiap harinya.

Entah kenapa ya Mamas itu keknya berat banget gantung handuknya ke jemuran.

Lalu, aku akan merapikan tempat tidur.
Alhamdulillah Mamas tidurnya nggak kayak kipas angin.
Tapi, akulah yang tidur dengan posisi vertikal lalu bangun dengan posisi horizontal.

Lemari baju akan aman dari kata berantakan selama aku yang ngambilin baju Mamas.
Karena kalau Mamas ambil baju sendiri, ya dia bakal tarik baju paling bawah tanpa peduli baju yang diatas bakal tumbang atau enggak.

Lalu aku akan nyapu, ngepel, cuci piring, dan karena hari ini lagi rajin, aku mau nyuci baju.

Kalau nyuci baju, langkah pertama yang dilakukan adalah mungutin baju yang digantungin Mamas dibelakang pintu.

Setiap kubilang, "Mas, bajunya abis dipake langsung ditaruh di keranjang aja."
Dia akan jawab, "Itu bajunya masih bisa dipakai, belum kotor."
Dan pada akhirnya baju itu nggak dipakainya lagi.

Abis nyuci baju, aku masak deh.

Kegiatanku begitu-begitu aja, hingga menyambutnya pulang kerja, tapi aku bahagia.

Slice of Marriage LifeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang