Teman-teman Laren berhamburan keluar, saling berlomba untuk mencapai pintu keluar untuk segera pulang lebih cepat. Karena sekarang jam dinding di kelas menunjukan pukul 12.15 WIB waktu yang sangat tepat mengakhiri sekolah hari ini. Namun yang dilakukan Laren saat ini hanya terdiam menatap tumpukan buku yang ada di depannya. Laren ragu untuk pulang, terlalu malas ketika berdiam di rumah terlalu lama.
Dari kejauhan, seorang lelaki melihat Laren bingung. Berjalan lebih cepat untuk mendekati Laren.
Laren tersentak ketika merasakan ada tangan yang menepuk di sebelah kanan bahunya."Lu ngga pulang apa? Ini udah sore, keburu hujan"
"Males banget" jawab Laren lemas
Akmal tau jawaban apa yang akan terlontar dari mulut Laren. Akmal lebih tau Laren dari siapapun, mungkin.
"Mal menurut kamu pulang itu kaya gimana sih?"
"Pulang itu, tempat yang lu tuju setelah tualang begitu jauh. ya bisa disebut tempat lu merebah, istirahat, menemukan kembali diri lu sendiri. ya rumah, tempat ternyaman setelah lu bertualang begitu jauh" tatap akmal lurus ke depan, mengingat rumah yang telah hilang selama bertahun lamanya.
"Kalo gitu, aku ngga bisa pulang dong Mal!"
"Hah ko lu ngga bisa pulang? Rumah? Emang selama ini lu ngegembel di jalananan apa?" Tawa Akmal tertahan diujung sana.
"Bingung, aku ngga punya rumah. Aku ngga punya tempat yang harus aku tuju setelah bertualang. Bahkan rumah yang aku anggap rumah saja, itu bukan rumah. Kamu ngertikan?" Laren menatap Akmal penuh tanya
"Gue ngerti ko, gue pernah ada diposisi itu. Bingung pulang kemana, rumah yang selalu dituju udah hilang. Tapi nanti, lu bakal nemuin rumah baru untuk tempat lu pulang. Rumah itu ngga selalu bangunan loh Ren, orang pun lu bisa jadiin rumah. Tempat lu pulang, buat keluh kesah."
"Pulang yuk Ren" ajak Akmal
"Pulang kemana Mal? Ke rumah? Aku ngga mau masuk ke bangunan itu lagi."
"Nanti lu bakal nemu kata 'pulang' untuk segala tualang. Sekarang pulang ke rumah lu aja dulu, udah sore banget ini nanti orang rumah nyari" Akmal memegang tangan Laren, berjalan menyusuri lorong sekolah.
"Aku ikut kamu ya naik motor lagi"
Sepanjang perjalanan, Laren memikirkan ucapan Akmal tadi tentang pulang, tentang rumah.
"Mal Aku harus nemuin rumah baru ya? Biar bisa pulang dengan nyaman. Engga harus bangunan kan, orang juga bisa kata kamu juga. Mungkin aku harus nemuin orang buat tempat aku pulang"
"Iya Ren lu harus nyari rumah baru biar lu bisa bener-bener pulang. Nanti juga nemu, jangan buru-buru deh."
"Btw Ren, lu beneran engga tau rumah gue dimana emangnya?" Tanya Akmal membuat Laren terheran
"Lah emangnya aku pernah kenal kamu sebelumnya? Kan engga Mal, jadi aku emang engga tau rumah kamu dimana" Laren bingung, dari tadi pagi Akmal terus saja bertanya perihal rumahnya.
"Oh iya bener sih hehe" tawa Akmal renyah, menutupi kecewanya.
Akmal memberhentikan motornya di depan rumah bertingkat dua itu, sedang perempuan dibelakangnya tidak turun juga dari jok motornya.
"Ren ayo turun dong ini udah nyampe rumah lu" ajak Akmal
Laren hanya memainkan telepon genggamnya, tidak menghiraukan seruan Akmal untuk turun dari jok motor.
"Udah sore ini gue mau balik ke rumah, nyokap pasti udah nyariin gue Ren." Akmal menarik tangan Laren agar turun dari motornya.
"Iya Mal iya ih rusuh banget, makasih ya"
KAMU SEDANG MEMBACA
INTROVERT
Teen FictionHanya cerita tentang 'misteri' alasan dibalik sifat seseorang yang susah sekali untuk berbicara. Bukan karena dia bisu, melainkan ada hal lain yang dia sembunyikan. Mungkin karena rindu atau masalalu. Yang membuat dia bisu seperti itu dari orang bar...