SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOAL (SDG)

35 0 0
                                    

APA TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN?

Pada tanggal 1 Januari 2016, 17 tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dari Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan - diadopsi oleh para pemimpin dunia pada bulan September 2015 pada perserikatan bersejarah united nations - secara resmi mulai berlaku, dengan tujuan-tujuan baru ini berlaku secara universal untuk semua, seluruh negara digerakan untuk berupaya mengakhiri semua bentuk kemiskinan. Memerangi ketidaksetaraan dan mengatasi perubahan iklim, sambil memastikan tidak ada yang tertinggal.

SDGs juga dikenal sebagai tujuan global, dibangun di atas keberhasilan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) dan bertujuan untuk melangkah lebih jauh untuk mengakhiri semua bentuk kemiskinan. Sasaran baru ini menuntut tindakan semua negara, miskin, kaya, dan berpenghasilan menengah, untuk mempromosikan kemakmuran sambil melindungi planet ini.Mereka menyadari bahwa pengentasan kemiskinan harus berjalan seiring dengan strategi yang membangun pertumbuhan ekonomi dan menangani berbagai kebutuhan sosial termasuk pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, dan peluang kerja sambil menangani perubahan iklim dan perlindungan lingkungan.Agar tujuan dapat tercapai, semua orang perlu melakukan bagian mereka: pemerintah, bisnis, masyarakat sipil dan orang-orang seperti Anda.Bergabunglah dengan Elyx, duta digital pertama united nations, sebagaimana ia mampu menjelajahi makna dari setiap masing-masing Sasaran


TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

TANPA KEMISKINAN , mengakhiri segala bentuk kemiskinan dimanapun dan kapanpun.TANPA KELAPARAN, menghilangkan kelaparan, mencapai ketahan pangan dan gizi yang baik serta meningkatkan pertanian.

KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA, menjamin kehidupan yang sehat meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk di semua usia.

PENDIDIKAN BERKUALITAS, menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, serta meningkatakan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua 

KESETARAAN GENDER, mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum perempuan.

AIR BERSIH DAN SANITAS YANG LAYAK, menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua.

ENERGI BERSIH DAN TERJANGKAU, menjamin akses energi yang terjangkau,andal, berkelanjutan dan modern untuk semua.

PEKERJAAN LAYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta layak untuk semua.

INDUSTRI, INOVASI DAN INSFRASTRUKTUR, membangun infrasstruktur yang tangguh, meningkatkan industri inklusif fan berkelanjutan serta mendorong inovasi.

BERKURANGNYA KESENJANGAN, mengurangi kesenjangan intra- dan antar negara.KOTA DAN KOMUNITAS YANG BERKELANJUTAN, menjadikan kota dan permukiman inklusif aman, tangguh dan berkelanjutan.

KONSUMSI DAN PRODUKSI YANG BERTANGGUNG JAWAB, menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan.

PENAGANGAN PERUBAHAN IKLIM, mengambil langkah dan tindakan darurat yang di perlukan untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya.

EKOSISTEM LAUTAN, melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumberdaya kelautan dan samudra untuk pembangunan berkelanjutan.

EKOSISTEM DARATAN, melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan mengelola hutan secara lestari, menghentikan degrasi lahan, serta menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati.

PERDAMAIAN, KEADILAN DAN KELEMBAGAAN YANG TANGGUH, menguatkan masyarakat yang inklusif dan damai untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses keadilan untuk semua dan membangun kelembagaan yang efektif, akuntabel inklusif di semua tingkatan.

KEMITRAAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN, Menguatkan sarana pelaksanaan dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan.

SDGWhere stories live. Discover now