Berikut ini adalah sebagian dari indahnya akhlak dan sifat Nabi shollallohu alaihi wasallamكان رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم أحلم الناس، واسخي الناس، وأعطف الناس.
Rasulalloh shollallohu alaihi wasallam adalah manusia paling dermawan, paling pemurah, dan paling pengasih.
وكان يخصف النعل، ويرقع الثوب، ويخدم في مهنة أهله.
Beliau memperbaiki sandalnya sendiri, menjahit bajunya dan membantu pekerjaan rumah keluarganya.
وكان أشد حياء من العذراء في خدرها.
Beliau sangat pemalu, lebih pemalu daripada seorang gadis yang berada dalam biliknya.
وكان يجيب دعوة المملوك، ويعود المرضى، ويمشى وحده، ويردف خلفه، ويقبل الهدية، ويأكلها، ويكافئ عليها، ولا يأكل الصدقة، ولا يجد من الدقل ما يملأ بطنه، ولم يشبع من خبز بر ثلاثة أيام تباعاً.
Beliau memenuhi undangan dari seorang budak, mengunjungi orang-orang sakit, berjalan sendirian, memboncengkan di belakangnya, menerima hadiah, memakannya dan membalasnya, akan tetapi beliau tidak memakan harta zakat, tidak pernah ada kurma paling jelek yang memenuhi perutnya dan tidak pernah kenyang dengan sepotong roti selama 3 hari berturut-turut.
وكان يعصب على بطنه الحجر من الجوع.
Beliau memasang batu di perutnya untuk menahan rasa lapar.
وكان يأكل ما حضر، وما عاب طعاماً قط.
Beliau memakan apa yang ada dan tidak pernah mencela makanan.
وكان لا يأكل متكئاً، ويأكل مما يليه.
Beliau tidak pernah makan dengan bersandar dan makan sesuatu yang ada di dekatnya.
وكان أحب الطعام إليه اللحم، ومن الشاة الكتف، ومن البقول الدباء، ومن الصبغ الخل، ومن التمر العجوة.
Makanan yang paling disukai beliaua dalah daging, bagian dari kambing yang disukai adalah punggungnya, sayuran yg paling beliau sukai adalah labu, lauk pauk yang beliau sukai adalah cuka dan kurma yang paling beliau sukai adalah 'ajwah.
وكان يلبس ما وجد، مرة برد حبرة، ومرة جبة صوف.
Beliau mengenakan pakaian yg ada, terkadang mengenakan baju bertudung dan terkadang pula mengenakan jubah dari wol.
ويركب تارة بعيراً وتارة بغلة، وتارة حماراً، ويمشى مرة راجلاً حافياً.
Terkadang beliau mengendarai unta, terkadang kuda peranakan, terkadang keledai dan terkadang berjalan dengan telanjang kaki.
وكان يحب الطيب، ويكره الريح الخبيثة.
Beliau menyukai wewangian dan membenci bau tak sedap.
ويكرم أهل الفضل، ويتألف أهل الشرف.
Beliau menghormati orang yang mempunyai keutamaan dan berlemah lembut terhadap orang-orang yang mulia.
ولا يجفو على أحد، ويقبل معذرة المعتذر إليه.
Beliau tidak pernah berbuat kasar kepada seorangpun dan menerima alasan orang yang meminta izin kepadanya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Quotes Islami
DiversosAssalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh Disini aku akan berbagi: 🌈"Quotes dan Info-Info Islami" . 🌈"Foto Akhwat kartun" . 🍁"Diambil dari berbagai sumber^_^" . 🍁"Semoga bermanfaat dan dapat memotivasi kita semua🙏😇