19 September 2019
Revised 18/10/2020
*
"Setiap orang berhak untuk dimaafkan dan memaafkan, berhak untuk dapat memulai kembali dan melepaskan masa lalu."
Bucky ingat dengan jelas apa yang Wanda katakan padanya saat mereka berbincang sederhana setelah pemakaman Tony berlangsung.
"Aku akan pergi begitu jauh dari tempat ini dan memulai kehidupan baru." ucapnya saat itu, mengawali pembicaraan diantara mereka; Ia, Sam, dan Wanda. Sesungguhnya pernyataan itu lebih kepada dirinya sendiri, tetapi cukup keras untuk Sam dan Bucky dengar.
"Kemana?" tanya Sam pelan, tak memalingkan tatapannya dari apa yang tengah terjadi dihadapan mereka.
"Entahlah, mungkin kembali ke Sokovia? Pulang ke rumah..." jawab Wanda menerawang, terdengar getir dan sendu.
Saat itu Bucky tidak tahu mau mengatakan apa. Tetapi Ia mengerti perasaan Wanda yang rindu kepada rumahnya dan ingin memulai semua dari awal. Ia juga sangat menginginkannya. Tetapi tidak di tempat ini. Tempat yang kemungkinan besar justru sangat membencinya. Mungkin di Wakanda; kehidupannya di Wakanda selama beberapa tahun membuatnya merasa lebih baik. Tetapi Steve memintanya untuk tinggal. Memintanya untuk menyelesaikan semua kesalah pahaman kepada dirinya.
"Kuharap kau tinggal dan menyelesaikan proses pengadilan disini, Buck. Furry sudah berjanji akan membantumu. Kau bukan penjahat dan ini adalah tanah kelahiranmu. James Buchanan Barnes adalah bagian dari Howling Commando-bagian dari mereka yang dianggap sebagai pahlawan bangsa."
Steve selalu berhasil membuatnya merasa lebih baik; entah itu saat masih remaja ketika Bucky tak begitu pandai membaca dan menulis ataupun menghitung ataupun setelah mereka terpisah dan sama-sama dewasa dan Ia telah menjadi seseorang jauh berbeda.
"James Buchanan Barnes bukanlah bagian dari Hydra. Apa yang kau lakukan atas nama Hydra bukanlah keinginanmu. Aku tahu itu. Itulah mengapa kau tidak kembali kepada mereka setelah ingat siapa kau sesungguhnya, kan? Kau benci apa yang Hydra lakukan."
"Kau bisa kembali tinggal di Wakanda setelah namamu dibersihkan. Tinggal dimanapun yang kau inginkan. Menjadi siapapun yang kau inginkan. Tetapi sekarang, tinggal dan hadapi semua tuduhan yang diacungkan kepadamu, Buck. Aku tahu mudah untukmu tinggal dimanapun, tetapi aku tak yakin kau akan merasa tenang."
Bucky benci bagaimana Steve benar-benar memahami dirinya. Ketika berada di Wakanda, meski Ia merasa lebih tenang tetapi ada sesuatu yang terasa hampa. Ia merasa bersalah, menjadi seorang buronan yang dibenci semua orang meski Ia tahu bahwa semua kejahatan yang pernah Ia lakukan bukanlah keinginannya.
Tetapi tinggal di negara tempat Ia disebut sebagai penghianat negara tidaklah mudah. Belum apa-apa Bucky sudah diancam ditahan di penjara federal. Tanpa ada campur tangan Furry melalui agen Coulson yang mengatakan bahwa James Buchanan Barnes saat ini merupakan infoman paling untuk S.H.I.E.L.D Ia mungkin telah dihukum seberat mungkin. Tetapi konsekuensi dari pembelaan itu adalah Ia harus bekerja sebagai agen khusus untuk tim bentukan Furry bahkan jika itu hanyalah sebuah gimik.
Sesungguhnya Furry tak menuntut apapun darinya; permintaan khusus Steve kepadanya sebelum Ia pergi. Ia juga memang sudah terlalu lelah untuk mengerjakan misi apapun. Ia benar-benar ingin berhenti dan menjadi manusia biasa, hidup sebagai manusia normal, hidup sebagai veteran perang yang mencoba menikmati sisa hidupnya dengan tenang di peternakan atau perkebunan.
KAMU SEDANG MEMBACA
New Beginning-Bucky Barnes (DISCONTINUED)
Fanfiction"Setiap orang berhak untuk dimaafkan dan memaafkan, berhak untuk dapat memulai kembali dan melepaskan masa lalu." (DISCONTINUED) Setelah mengalami kemenangan melawan Thanos, Bucky dan anggota Avenger lain memutuskan untuk kembali ke kehidupan yang t...