Hallo

581 22 2
                                    

Hai! Assalamu'alaikum, wankawan..
Hari ini saya mau mengucapkan selamat ajaran baruu, yeaay!!

Telat sih ya, eheh😂
Saya baru sempet, dan baru kepikiran juga. Padahal udah seminggu masuk kuliah di semester baru:')
Soalnya tahun ini angkatan saya dipercaya untuk menjadi panitia PKK (Perkenalan Kehidupan Kampus) bagian prodi (Informatika) di Universitas Bengkulu, dan ini udah berjalan satu hari (PKK & Mentoring). Jadi saya ini bisa dibilang lagi sibuk-sibuknya, rapat, rapat, rapat.

Di tempat saya, dengan hasil rapat angkatan kami. PKK dijalankan selama 5 hari, yaitu: 3 hari ospek, 2 hari mentoring materi pemrograman. Dan ini akan berjalan selama 3 minggu, karena acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu. Hari libur gais:"
Jadi, selama ini liburan saya harus dikorbankan demi acara dan adik-adik angkatanku sekalian:))

Nah, gimana sama kalian para readers ku?
Eheh, jujur saja yaaa, beberapa dari kalian itu sebenarnya ada yang nanya masalah SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN. Dan beberapa juga ada yang udah saya jelaskan, saya berharap apa yang saya berikan ke kalian itu akan berguna, atau bisa menghilangkan rasa penasaran kalian. Hehe:3

Jadii, adik-adik, bagaimana tesnya? Bagaimana perjuangan kalian? Apakah berhasil? Atau gugur?

Sebenarnya, saya bangga dengan kalian para readers, karena kalian berusaha mencoba untuk memotivasi diri kalian lewat tulisan ini atau kisah kakak-kakak yang lain. Kalian berusaha mencari tips mana yang mungkin bisa dijadikan bekal. Mencari tahu, dan mencoba memahami pengalaman orang lain.

Tapi ingat, setiap orang itu berbeda. Jadi tidak semua step itu sama pada setiap orang. Atau setiap keberhasilan, caranya itu berbeda-beda. Kok belibet, wkwk😂

Nah, jadi kalian tidak perlu terkecoh dengan ini itu. Kalian boleh coba-coba mencocokkan. Tapi kalau merasa tidak nyaman, ya jangan dipaksa dong. Nanti malah gak masuk. Kalian perlu pecaya diri saja dengan apa yang kalian lakukan. Jangan banyak denger omongan orang, terkadang mereka itu berniat untuk menjebak. Ya, gak semua sih, saya juga gak ada niat seperti itu ke kalian😂

Jadi, untuk meraih sukses, kalian harus yakin dengan apa yang sudah kalian putuskan. Jangan terkecoh dengan kebiasaan orang lain. Jadilah diri kalian sendiri, itu sebuah kebanggan lho.

Kenapa saya ceramah tentang hali ini? Adik saya, ini pengalaman pribadi. Adik saya ini tipe-tipe cewek yang suka ikut trend gitu. Nah,  sebagai kakaknya, saya kadang suka kewalahan saat dia nuntut ini itu, ingin jadi ini itu. Padahal dia tidak paham seluk beluknya, dia hanya dengar kalau jadi pramugari itu keren, polwan itu menawan. Akhir-akhir ini kan jabatan polisi, pramugari, TNI itu sedang boom sekali. Banyak acara televisi atau sosial media menayangkan keberhasilan mereka, adik saya yang sudah paham gadget pasti tahu berita tentang mereka. Merengek lah dia minta jadi pramugari. Bentar -bentar mau pula dia jadi dokter.

Nah, semacam ini yang sebenarnya bisa buat kalian kacau. Kalian hanya melihat keberhasilan seseorang tanpa melihat perjuangan mereka. Jika semisalnya kalian tahu, masa akademi mereka, pengeluaran, penghasilan, biaya hidup, tenaga. Kita belum tentu bisa menyamakan apa yang kita punya dengan mereka. Bukannya merendah, hanya saja kenapa kalian harus ikut ikutan? Sedangkan mungkin saja ada pekerjaan mulia sedang menunggu kalian.

Kita tidak perlu menyamakan hidup dengan orang lain. Gak perlu. Hidup kalian ya kalian yang atur, mana semampu kalian. Seandainya mampu ya tidak masalah. Tapi harus benar-benar bertekad, jangan plin plan. Ini maksudnya. Harus tegas, meskipun kalian mencoba dan gagal, tapi kalau kita yakin masa depan kita akan baik jika memilih dokter, ada saatnya kita berhasil dan menjadi seorang dokter yang sukses.

Saya tidak melarang kalian punya cita cita yang tinggi, saya hanya berusaha untuk mencoba mengingatkan. Membuat kalian yakin dengan apa yang kalian pilih. Itu aja sih😁

Jadii.. Semangat untuk kalian! Semangat untuk kita semua! Bagi yang sudah mulai kuliah, selamat! Semoga betah dan semakin rajin. Jangan lupa belajar, dan bersainglah secara sehat.

Bagi yang gugur, atau belum bisa melanjutlan. Gak masalah! Ingat, kita punya jalan hidup masing-masing. Jangan putus asa, tetap semangat, dan cari link sebanyak-banyaknya. Insyaa Allah ada bantuan dari Yang Maha Kuasa. Aamiiiin...

Selamat untuk semuanyaaaa. Jangan lupa berdo'a dan beribadah yaaaa..

Wassalamu'alaikum

---

Oh iya, buat kalian yang penasaran dengan kehidupan kampus saya, kalian bisa stay and wait. Eheh, soalnya saya ada niat untuk membuat story baru di Wattpad. Untuk sharing aja sih, siapa tahu ada yang tertarik sama lingkungan Informatika, atau teknik, atau perkuliahan. Nah, saya sekalian mau cerita dari awal saya kuliah, jauh dari orang tua untuk pertama kalinya. Saya mau cari teman yang sama, haha😂😂

Oke deh, have a nice day!

Daaan, kalau boleh minta tolong, Sasa mau minta subscribe dari kalian dong. Untuk tugas dosen nih:')
Makasih banyak yaa!

Yt: Salsabilla Ummu'qultsum

Fyi: foto di atas itu adalah foto hari pertama adik adik Informatika Universitas Bengkulu angkatan 2019 mengikuti pkk prodi.

Pengalaman Masuk PTNTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang