Waktu itu Mama dirumah cuma sebentar dari waktu libur seharusnya. Dua minggu dirumah dan dua minggu sisanya Mama harus ke PT buat ngurus berkas-berkas dan siap berangkat lagi ke luar negeri.
Padahal, sebelum Mama pergi gue udah bilang.
"Maa.. Cloo ngga butuh PS, Hp, dan barang-barang dari Mama. Clo cuma mau Mama dirumah nemenin Clo, Papa sama Adek"Tapi percuma, Mama cuma menjawabnya dengan senyuman manis. Seolah Mama malas untuk menjawabku panjang lebar.
****
Mama Berangkat
Satu bulan tepat sudah tak terasa, hingga akhirnya Mama berangkat dan meninggalkanku lagi ke-dua kalinya. Sebelum Mama boarding pass kita menyempatkan waktu sebentar untuk see u soon as posibble.
"Haloo Mama.."
"Hallo sayang, Cloo Mama berangkat dulu yaa~. Jaga adek, lebih rajin lagi belajarnya"
"Iya Maa" singkatku dengan nada sedikit sedih.
Setelah usai dariku, telfon ditangan kanan kukasihkan Papa. Sekarang giliran Papa yang telfon, entah apa yang mereka bicarakan. Aku hanya mendengar suara samar-samar dari depan televisi, karena Papa ada diruang tamu.
Kali ini Gue tau berapa lama Mama berangkat dan berapa lama Mama bisa dirumah. Lebih tepatnya dalam tiga tahun sekali, Mama akan pulang. Itupun hanya satu bulan, dua minggu dirumah dan sisanya harus mengurus berkas keberangkatan selanjutnya.
Hari-hari setelah Mama berangkat kembali lagi. Suasana sepi, dingin tanpa sosok Mama, Papa kerja pulang malem begitu seterusnya.
Dikelas 4 SD gue banyak ngehabisin waktu buat main PS bareng Sifa, temen cowo gue. Berhubung kita satu kelas dan komplek rumah kita ngga terlalu jauh jadi tiap hari kaya permen karet.
Hampir setiap hari pokonya PS, drive game udah kaya jajan buat gue. Rutin satu minggu sekali gue pasti minta upgrade drive PS ke Papa.Waktu SD ngga kerasa berjalan cepat. Sampai satu ketika gue hampir lulus dari SD. Lu tau apa yang gue rasa disini? Ya, sewajarnya sekolah-sekolah lain yang mau ujian. Pasti ada renungan motivasi sebelum kita ujian.
Disitu sedihnya, temen-temen gue semuanya pada nangis. Ya wajar soalnya pasti renungan itu ngga jauh dari orang tua, bahas ortu sampe pada nangis. Ngga wajarnya di gue disaat semua temen gue nangis waktu itu, gue sama sekali ngga nangis. Bagi gue sosok orang tua adalah hal yang biasa, setiap konflik Mama Papa dari dulu sering gue lihat maupun gue denger ketika Mama Papa lagi telfon. Ya mereka sempat adu mulut ketika telfon. Momen bertengkar dihadapan gue udah jadi makin biasa dan semakin lumrah.
****
SMP
Kali ini gue bawa kalian ke masa SMP, masa dimana gue drop dan feel so down. Kehidupan gue di SMP ngga kaya anak SMP sewajarnya.
Konflik Mama Papa semakin rutin, sampe gue sempet bilang ke Papa waktu itu."Pah! Clo bosen denger Papa tengkar terus sama Mama!" Diusia yang kira-kira 12 tahun, gue berani buat marah dihadapan Papa.
Tapi entah apa, mereka tetep tengkar terus. Cuma pembantu gue yang bisa nenangin disituasi ini. Gue juga sering curhat sama pembantu gue, Puji Tuhan pokoknya dia sosok yang ngga akan terlupakan dari hidup gue.
Efek dari ini semua ngebuat gue jadi banyak ngelamun, bahkan tidur waktu istirahat dikelas.
Sifa yang sekelas sama gue dan satu bangku sama gue selalu nenangin.
KAMU SEDANG MEMBACA
EVTE
RomanceSeorang yang salah sebenarnya tau jika dia salah, bahkan pencuri sekalipun. Aku adalah sosok yang sangat dekat denganMu sebagai pendosa. Cerita tentang vers yang mencoba untuk normal kembali seutuhnya, namun ternyata kembali pada jalan yang benar ta...