Right, Now!

9 1 0
                                    


Sudah berbuat kebaikan apa hari ini, saudaraku?

Jika belum, maka bersegeralah untuk melakukan. Tak perlu lakukan hal yang luar biasa untuk melakukan sedikit kebaikan. Karena sedikit kebaikan yang kau lakukan berarti besar untuk orang lain dan menjadi penyebab Allah dan penduduk langit ridho atas dirimu dan kebaikanmu.

Dalam Al Qur'an, banyak dikutip tentang anjuran untuk berbuat kebaikan. Lebih banyak lagi dalam hadis dan atsar para sahabat dan ulama'.

Langkah yang tepat untuk berbuat kebaikan adalah dari diri kita. Teladan.

Ta'muruuna (seruan) yang dimaksud disini adakalanya berbentuk verbal, yang artinya dalam bentuk lisan, bukan dalam bentuk perintah. Namun lebih mengarah kepada nasihat. Karena hakikatnya manusia tak suka diperintah. Sementara yang lebih tepat untuk tugas 'seruan' berbuat kebaikan adalah melalui teladan.

Anjuran berbuat kebaikan sekecil dan dalam bentuk apapun menjadi penanda orang taqwa. Pesan ini juga menjadi prioritas dalam Al Qur'an. Allah menganjurkan kepada manusia untuk menyegerakan dalam berbuat kebaikan. Tidak menunda-nunda nya.

Sebagaimana Firman Nya.

Q.S. Ali Imron:133
وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Wa sāri'ū ilā magfiratim mir rabbikum wa jannatin 'arḍuhas-samāwātu wal-arḍu u'iddat lil-muttaqīn

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,

Q.S. Az Zariyat: 50

فَفِرُّوا إِلَى اللَّهِ ۖ إِنِّي لَكُمْ مِنْهُ نَذِيرٌ مُبِينٌ

Fa firrū ilallāh, innī lakum min-hu nażīrum mubīn

Maka segeralah kembali kepada (mentaati) Allah. Sesungguhnya aku seorang pemberi peringatan yang nyata dari Allah untukmu.

Q.S. Al Bawah: 148

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ

fastabiqul-khairāt,

Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan.

Masih enggan menyegerakan berbuat kebaikan.

Kegiatan menunda adalah setengah kegagalan. Bahkan dengan menunda adakalanya berdampak kegagalan total dalam hidup kita

Catatan Hati Dyra: Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang