Hai kenalin nama gw Smith . Okay sorry kalau cara penulisan, bahasanya nggak seperti penulis novel terkenal yang bahasanya yang baik dan benar sampai menyentuh para pembacanya but it's their style not my style. Gw akan menulis dengan style gw.
Gw anak pertama dari 3 bersaudara, sedangkan gw punya 2 adik perempuan Yora & Tere, mungkin dari kalian yang membaca sudah menebak-nebak atau membayangkan gw seorang kakak yang bossy haha but it's not like that but it's like that but no, ngerti nggak? Nggk seperti itu tp seperti itu tp nggk gitu, jadi ya daripada pusing-pusing 50:50 lah ya sebagai kakak kadang minta tolong atau nyuruh gitu sm adiknya.
Honestly gw ke adik-adik gw nggk begitu lengket kayak orang-orang yang kompakan,jarang berantem,kemana-mana bareng, selfie bareng, pokoknya brother sister goals lah. Adik-adik gw lebih cenderung masing-masing, dingin juga , dsb nya lah. Kalo difikir-fikir kalian muak gak sih? Atau kalau kalian ngebayangin jadi gw gimana? Hmm pasti berbeda-beda yaa respondnya.
Jujur gw merasa rendah banget, ngerasa apa yang salah dari gw dan kadang sama adik aja rela dimaki-maki,dibentak,diusir,dikatain, dan merasa mereka nggk nganggap gw sebagai kakaknya. Orang-orang suka bilang It's Good To Be True nah kalo ini This Is Bad But True!. Perlakuan mereka ke gw nggk membuat gw membenci saudara kandung sendiri apalagi mereka perempuan, gimanapun mereka menganggap,memperlakukan,apapun itu gw rela,ikhlas,dan mereka tetap adik gw yang akan gw jaga sampai mereka bukan tanggung jawab orang tua gw lagi.
You know what sometimes you will feel that god is not fair, but it's fair they have me as they brother. If they have brother someone else I don't know what will gonna happen. Kadang kita nggak pernah mikir kesana tapi opini gw kehidupan yang sekarang ini adalah sebuah film dimana kita semua memiliki peran dan scenarionya sudah ada dan bahkan ceritanya bercabang tinggal bagaimana kita sebagai pemerannya mau take scenario yang mana? Dan tuhanlah yang menjadi sutradaranya apakah cut sampai disitu peranmu selesai, atau berlanjut? Jadi pintar-pintarlah kalian memilih scenario yang mana agar peran kalian tidak di cut.
Semua berawal ketika negara api menyerang. Wait what? Hahaha no!. Mari mulai dari tahun 2013 tahun dimana awal mula perjalanan ini dimulai, setelah lulus dari SMK dan saatnya coba-coba test di Universitas yang jelas diluar kota, Pengen aja suasana baru,pengalaman baru, yang pertama gw coba daftar untuk test tulisnya via online, di salah satu Universitas di daerah Dipatiukur yang ada komputernya gitu dah sensor atau tebak sendiri deh.
Singkat cerita tibalah hari untuk test tulis dan gw di antar sama orang tua gw ke kampus tersebut, berangkat subuh-subuh dan sampe sana tepat waktu. Turun dari mobil dengan mata yang terasa pedas karena masih ngantuk ditambah udara yang sejuk khas Bandung dan gw segera menyebrang masuk gedung. Terlihat banyak orang yang menawarkan peralatan ebta kayak papan jalan,pensil 2b, penghapus. Karena gw bawa sendiri yaudah gw gk perlu kan?.
Lalu gw masuk ke dalam gedung untuk segera mencari ruangan test tulisnya, cukup nervous sih ngerasa gw nggak gak akan lulus karena keliatan dari peserta test atau calon mahasiswa baru yg lainnya terlihat lebih pintar dan rajin-rajin ini juga salah satu sifat jelek gw yang udah takut, merasa gk percaya diri. gimana nggk sedangkan gw sendiri udah lupa rumus matematika aja blank, apalagi kimia, fisika, yang ngehitung-hitung udah muaklah udah kekenyangan untuk ketemu soal yang menggunakan rumus tapi ya mau gimana lagi deh dipikirin aja nggak akan buat progress apa-apa jadi ya harus gw hadapin apapun hasilnya kerjain aja.
Lalu ruangan yang gw cari ketemu dan gw duduk menunggu diluar ruangan tersebut. Gw mengamati orang-orang disekitar gw yang nggk biasa gw liat. Pokoknya dari seluruh penjuru Indonesia ada deh.
Pengawas test tulis datang dan membuka ruangan dan makin membuat hati makin deg-degan dan panik, kemudian gw milih duduk ditengah supaya nyaman aja dan entah kenapa juga gitu milih ditengah mungkin udah jalannya, padahalkan mayoritas kebanyakan cowo-cowo doyan banget milih duduk dibelakang entah karena jauh dari meja pengawas supaya lebih leluasa curi-curi pandang atau ya emang biar nggk keliatan ngasal ketika udah mau habis waktunya. Singkat cerita gw keluar ruangan dan beres mengisi jawaban. Ya gw merasa lucu karena gw jawab berdasarkan wawasan yamg gw punya aja dan berharap gk jelek nilainya.Gw keluar gedung dan menghubungi orang tua gw dan ngasih tau udh selesai. Selama gw test mereka kayaknya keliling nyari sarapan, sambil nunggu dijemput gw merhatiin sekitar gw, lingkungannya, udaranya, membayangkan apakah ini kampus yang akan gw tempuh? kembali lagi rasa itu muncul, rasa gw bukan apa-apa sebagai perantau dari kota kecil dengan gadget butut.
Lalu gw melihat mobil orang tua gw dtg dan gw segera menuju mobil dan masuk lalu kami pun lanjut jalan-jalan mumpung di Bandung. Selesai jalan-jalan pun kami pulang. Kemudian Telkom University pun membuka pendaftaran gelombang ke 3. Dan gw segera mendaftarkan diri gw untuk ikut test. Misi utama gw kalau bisa masuk telkom dan banyak testimoni kalau lulusan telkom gampang buat dapet kerja. Ya testimoni itu gw denger dari temen-temennya ibu gw. Ya gw ikut aja mungkin emg sebagus dan sekeren itu gw setuju.
Di Telkom University eh salah waktu itu namanya masih IT Telkom. Pas gw test di sini cmn dianter sama bapak gw jd berdua aja dimobil. Begitu sampai di depan terlihat kampus yang amat-amat besar, satu kawasan dengan beberapa gedung yang masih bagian dari kampusnya.
Reflek gw ngomong "wah bagus banget ya kampusnya pah gede bgt , ini sih mewah, pasti mahal 🥺, beda sama yang kemaren." kenapa gw bilang mahal pada saat itu ya keliatan kampus gede luas lebar gitu dan gw merasa ya gw dari kota kecil dengan kendaraan mobil bekas yang bapak gw beli, kalau kalian tau Mitshubishi Kuda ya itu mobil bapak gw pada saat itu ditahun 2013, padahal kalau liat disekeliling udah jarang yang pake Kuda.
Lalu bapak gw jawab "makanya belajar ya yang bener, keliatan tuh dari tempatnya bagus." lalu gw cmn menganguk-nganguk semangat pasti gw bisa masuk sini!. Lalu masuk ke parkiran sama seperti kampus sebelumnya ada orang-orang yang menawarkan alat tulis ebta satu paket gitu papan jalan, pensil,pengapus 😓, okey gw ngerti jadi di kota besar gini ya. Hal kecil sepele dan remeh tapi buat gw itu hal baru yang menghiasi petualangan gw.
Disaat gw baca soal testnya bikin hati dan pikiran gw kacau ngerasa gk mungkin masuk sini, ini matematika apaan simbolnya aneh-aneh gini, simbol-simbol yang belum pernah gw liat 😭. Ini baru telkom gimana ITB dalam hati gw, real scientific. Yah mau nggk mau gw ngitung tapi ya ngitung juga ngitung babi buta nggk yakin bener dan mengumpulkan lembar jawabannya sambil lemes 😔.
Lalu gw keluar mencari bapak gw, dan pas gw nyari bapak gw disekitar parkiran, gw ngeliat tmn smk yang sejurusan tp dia kelas sebelah. Namanya Ikhsan, gw panggil deh "woi san!", trs dia denger dan jawab "eh mith", "jadi lu ke telkom juga?" lanjut gw. "iya abis gw bingung mw ke negeri kesannya ribet" jawab ikhsan. "yaudah jd bisa bareng san kl mw plg atau ke bandung" jawab gw. "yaudah mw ikut gk kedepan nyari bapak gw trs makan, ikut gk?" lalu ikhsan jawab " ayo deh gw sendirian jg nih".
akhirnya gw sama bapak gw bareng ikhsan juga jalan ke sekitar kampus nyari tempat makan dan liat-liat rumah / bangunan yang ada tulisan kost. Gak sampe masuk sih cmn celingak-celinguk aja 😂 sambil jalan. Beres makan terus semuanya dibayar sama bapak gw. Emang dasar ikhsan nih aduh 😂, pas keluar dari tempat makannya dia datar ngmg " tadi makan berapa ya pak?" dlm hati gw si anjir sambil ngeluarin dompet. Terus gw liat liatan sama bapak gw ketawa 🤣. "yaampun udah gapapa kamu ini polos banget, dimana-mana kl sama orang tua pasti dibayarin" jawab bapak gw.
Akhirnya dari situ gw nawarin mau pulang bareng atau gk, karena kan gw sama ikhsan satu kota. Tapi ikhsan bilang waktu itu mau main dulu di bandung, jadi yaudah gw sm bapak gw balik dan gw tertidur di mobil.
KAMU SEDANG MEMBACA
I know it's a wrong way
RomanceBercerita tentang calon mahasiswa baru yang merantau ke kota besar dan menemukan hal-hal baru tapi itu semua bukan hal-hal yang dia inginkan pada akhirnya. Awalnya ia berfikir jalan yang dia pilih adalah jalan terbaik seperti awal namun hanya tersis...