Chapter 3 - Welcome to the university

8 0 0
                                    

Setelah gw keterima semua persyaratan harus dilengkapi, seperti akte kelahiran, kartu keluarga, ijazah dari sd,smp,sma/smk harus di scan dan di upload. Setelah selesai gw lengkapi semua mulai mempacking barang-barang gw seperti baju,laptop,harddisk dan alat-alat tulis buat nanti di asrama. Di website pendaftaran pada saat itu tercantum maba (mahasiswa baru) harus masuk asrama.

Setelah hari gw untuk masuk asrama pun tiba dan gw dianter sekeluarga, orgtua gw, kedua adik gw, dan nenek gw. Sesampainya di kawasan kampus udah lumayan ramai banyak orang tua yang mengantar anaknya mengisi asrama. Kota gw tinggal cuman 1jam ke bandung masih terbilang deket, tapi pada saat itu gw dianter lebih awal untuk nempatin asrama biar nggk terlalu penuh pas masuk asrama. Jadi sebelum kegiatan ospek dimulai ada waktu 1 minggu untuk masuk asrama dan gk ada kegiatan sama sekali.

Ketika hari pertama masuk asrama gw janjian sama ikhsan buat masuk bareng sekamar, jangan dikira homo juga ah 😂 ya kekhawatiran gw pada saat itu kn sekelas universitas dengan asal dari berbagai belahan pulau di indonesia kita gk tau apakah temen sekamar nya bisa dipercaya apa nggk. Makanya seenggaknya gw bersyukur ada tmn dari kota asal satu, jadi kl gw lagi keluar dia stay d kamar sampe kita bener-bener percaya sama temen sekamar yang lain, Karena sekamar isinya 4 orang.

Beberapa jam kemudian ada yang masuk kamar, trs kenalan lah masa gk kenalan tmn sekamar. Namanya Tian asal dari Kota Yogyakarta. Terbukti dari logat sm gaya ngmgnya agak medok, dan vocabularry javanesenya. Terus biasa lah ngobrol-ngobrol gw ikhsan dan tian, trus tiba-tiba kita sadar kok cuman ber-3. Sedangkan kamar sebrang aja keliatan ada 4 orang.

Skip ke beberapa hari , kalo gk salah 2-3 hari deh, tiba-tiba ada yang masuk dan ternyata dia penghuni kamar yang kita bingungkan nggk dtg-dtg. Dia memperkenalkan diri dan naruh barang-barangnya di meja dan main game di hp sambil ngobrol-ngobrol nanya asal dari mana, Oiya namanya Farahan.

"Kamar 115 (Smith,Ikhsan,Farahan)"

Hari ospek pun tiba, kami (mahasiswa/wi baru)
masih mengenakan seragam putih abu-abu, dan di arahkan ke lapangan utama di kampus. Dalam barisan gw cuman celingak celinguk liat sekitar. Jadi gini rupa rupanya siswa siswi dari kota lain dan pulau lain, keliatan dari cara mereka ngomong, stylenya, bahasanya. Buat gw itu hal baru yang jadi pengalaman. Ah kalimat barusan masih belum menggambarkan ungkapan pada saat itu.

Jadi, buat gw yang dari kota kecil, ngeliat banyak orang-orang dari berbagai macam daerah lain. seperti kyk di airport banyak orang asing, dan ada rasa berdebar kalau disini kita melihat persaingan yang sesungguhnya. Dan gk bisa kita tebak dari fisiknya mana kawan mana lawan. Asing, ya mungkin itu yg tepat, merasa asing, sendiri, dan jauh dari rumah.

Setelah terkumpul di lapangan lalu kita di panggil satu-satu, buat di barisin lg sama kelompoknya yang udah ditentuin. Sebenernya ini bagian yang nggk jelas dibikin kelompok isinya cowo semua 😂. Ah emg dasar gw, becanda. Spoiler dikit knp gw bilang nggk jelas karena ntr d bentuk kelompok baru lagi. Enggak efisien banget.

Dengan kelompok ini meski isinya cowo semua, rata-rata mereka baik semua orangnya. Gak keberatan kalau ada temennya yang gk bisa. Contoh nih ada teka teki gitu lah buat nge-gambar. Nah untuk nge-gambar itu harus mecahin jawabannya untuk jadi gambar. Soalnya soal matematika yang kayak test. Soal matematika dan pake angka 😓 dan simbol aneh-aneh yang nggk pernah gw tau itu apaan 😭.

Untunglah ada 3 orang yang pinter!. Dan mereka ber 3 yang ngitung jawabannya. Lalu 3 orang lagi yang nge gambar, 2 Orang lagi nonton salah satunya gw. Gw nonton mereka tp bukan asal nonton tapi gw perhatiin orang orang ini, dari mata mereka, ekspresi muka mereka, mulut yang mengucap tapi tak bersuara (ngitung). Mereka sama sekali tanpa pamrih demi kelompoknya agar tugasnya beres dan gk kena hukuman. Karena panitia bilang kl jawabannya salah atau gk selesai, sekelompok dihukum.

"Ini kelompok kalian saudara kalian!, kalau ada yang jatuh cepat tolong rangkul!. Bukan ditertawakan, kalian sudah bukan anak sd lagi. Satu sakit, sakit semua!".

Dari situ gw mengerti kenapa tatapan ngerjain soal yang amat serius, seakan-akan mata itu berkata "gk boleh salah hitung". Dan tatapan mereka yang menggambar seakan-akan mata itu berkata " Harus lurus, gk boleh jelek garisnya". Gw merasa kelompok ini lengkap, setiap anggotanya punya skill masing-masing, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti di film atau di game gitulah.

I know it's a wrong wayTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang