Freemason

239 9 0
                                    

Freemason punya tujuan untuk menciptakan suatu masyarakat dimana kesopanan & kehormatan terlihat di kalangan anggotanya. Dan pada dasarnya Freemason mengedepankan rasionalitas & sekulersime, pengaturan kehidupan & hubungan antar manusia lebih menitikberatkan ke rasionalitas dibandingkan dogma & kepercayaan supranatural. Maka dari itu juga lah diangkat sistem nilai yg ngatur manusia & sistem nilai yg bisa diterima semua bentuk kepercayaan, yg disebut dengan Sistem Nilai Universal.

Ajaran Freemason itu kembangkan individu pada kebebasan berpikir, anti dogma, anti tirani. Pokoknya dalam mengembangkan kenegaraan, hukum, iptek, kesehatan, pendidikan, sampai ekonomi, menurut Freemason harus pake pendekatan sekulerisme (melepaskan diri dari dogma agama). Tujuan lainnya dari Freemason, mereka awalnya menentang Gereja Katolik dengan cara mengaburkan makna hidup dengan agama lewat penolakan terhadap kebenaran dari gereja (dan keyakinan lainnya). Dalam hal ini mereka pake semboyan "Semua agama benar, karena semua menyeru pada kebenaran & kebaikan". Menurut mereka, Gereja Katolik itu terlalu sewenang-wenang dalam mengontrol manusia & pengikutnya.

Simbol utama Freemason sendiri berupa sebuah jangka & penggaris busur yg biasa ada huruf G di tengahnya. Simbol penggaris mewakilkan moralitas, sedangkan jangka melambangkan kekuatan untuk membatasi keinginan dalam batas tertentu. Secara keseluruhan, simbol ini mengartikan pentingnya eksplorasi keinginan manusia lewat cara yang benar secara moral. Untuk huruf G, diartikan diartikan sebagai tiap perilaku manusia yg selalu diawasi oleh Sang Maha Arsitek atau 'Great Architect' di alam raya. Selain itu, G juga diambil dari kata Geometri, ilmu matematika yg dianut sama Freemason waktu awal berdiri. Lebih singkatnya, huru G ini ilmu geometri yg ada di bawah pengawasan Great Architect. Simbol lainnya dari Freemason itu The All Seeing Eye (Mata Satu) yg dianggap sebagai Mata Ilahi, atau mata Tuhan yg melihat segalanya. Juga sebagai pengingat bahwa pemikiran & perbuatan anggota akan selalu diamati oleh Tuhan.

Ada juga Segitiga Piramida yg belum jadi sempurna, dilambangkan sebagai keingingan yg belum tercapai sehingga sesama anggota harus bekerja sama dalam membuat langkah besar. Ada juga simbol lainnya yaitu Jam Pasir, melambangkan waktu di kehidupan manusia yg cuma sementara. Juga analogi bagian atas & bawah, atau langit & bumi. Kalau gak ada tindakan yg dilakukan, pasir cuma mengalir ke satu arah. Gitu juga sama manusia, yg butuh punya sikap supaya gak terpaku sama 1 sisi aja. Simbol lainnya yg erat kaitannya sama Freemason itu pola papan catur (biasa di lantai). Simbol ini diambil dari sejarah waktu Kuil Solomon dipenuhi sama batu hitam & putih sebagai dasarnya, jadi anggota dari berbagai loji di dunia sepakat untuk menetapkan pola catur ini sebagai pola di tiap loji.

Untuk 'tempat ibadah' Freemason itu dinamakan Loji (Lodge), ini kayak tempat pertemuan antar anggota Freemason gitu sekaligus tempat pemujaan mereka ke Yang Maha Terang. Waktu awal-awal terbentuknya Freemason seenggaknya ada 4 loji besar diantara banyaknya loji yg ada di Eropa. Trus 24 Juni 1717, dibentuk 1 loji besar yg disebut The Grand Lodge of England & jadi loji yg paling berpengaruh di Eropa. Trus akhirnya ada loji besar lainnya yg berdiri, perpecahan itu sampe 62 tahun sebelum akhirnya 27 Desember 1813 dua loji besar ini gabung dengan nama The United Grand Lodge of England (UGLE). Sejak saat itu, Freemason makin meluas & menyebar ke seluruh Eropa sampai Amerika.

Dalam Freemason juga ada level pangkat. Tingkatan pangkat di Freemason itu rumit, secara garis besar pokoknya ada 3 yaitu: Entered ApprenticeFellow Craft, trus yg paling tinggi Master Mason. Kalau udah jadi Master Mason ini, boleh dapat ajaran tambahan lagi soal ritual Freemason yg lebih dalam lewat 2 organisasi yg dibentuk sama Freemason sendiri yaitu The Scottish Rite & The York Rite. The Scottish Rite ada pangkat level 4 (Master Traveller) sampai level 33 (Sovereign Grand Inspector General). Untuk The York Rite sistem pangkatnya lebih rumit, tapi yg terkenal itu pangkat tertingginya yaitu The Order of the Knight Templars.

ILLUMINATI Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang