Di perjalanan kita diem aja, ga tau kak taehyung fokus ke jalanan atau mikirin hal lain.
Matanya biasanya cerah tapi sekarang gelap banget. Ga semangat. Bener-bener beda dari kak taehyung yang biasanya gue liat.
Kak, kenapa?
Gue pengen banget nanya tapi takut malah bikin kak taehyung tambah bad mood.
"Udah sampe." Kata kak Taehyung tiba-tiba.
Gue kaget, terus langsung liat ke depan. Itu bukan rumah kak taehyung, itu...
Kolumbarium?!
Masa sih?
Ih, nggak mungkin kan?
"Kak?" Gue noleh ke kak taehyung sambil masang ekspresi kaget dan ga percaya.
Disana gue cuma ngeliat kak taehyung senyum, "Ga salah kok, emang disini."
Gue beku, gue cuma bisa ngeliat kak taehyung yang lagi siap-siap pengen keluar abis bawa cincin sama bunga yang kita beli tadi.
"Ayo, katanya mau ketemu."
***
Gue ngikutin kak taehyung dari belakang.
Ngelewatin banyak orang yang udah dikremasi dan disimpan di guci. Rasanya satu langkah tuh berat banget.
Masa sih adiknya? Nggak mungkin kan?
Kak taehyung berhenti, otomatis gue ikutan. Dia berdiri di depan pasu, ada nama "Kim Taera" sama foto cewek disana.
Cantik banget, pokonya banget. Bener-bener kaya bidadari. Gue ga bisa bayangin kalo ketemu secara langsung.
Rambutnya, mata bulatnya, senyumannya, mirip banget sama kak taehyung, bahkan gue mikir cewek itu versi ceweknya kak taehyung.
Gue disana ngeliat kak taehyung, nunggu dia bicara untuk ngejelasin ini semua.
"Ini adik gue Rin. Cantik kan?"
Gue nutup mulut secara spontan, gue bener-bener kaget.
Adiknya udah meninggal dan gue ngebacot pengen ketemu? Ya ampun, bisa-bisanya gue.
"Ka-kak maaf-"
"Kenapa? Lu ga salah kok. Gue bakal ngelakuin hal yang sama kalo ada di posisi lu." Kak Taehyung ngomong, sambil ngeliatin foto adiknya yang lagi senyum itu.
"Taera, selamat ulang tahun ya. Hari ini kakak bawa seseorang, namanya Karin. Dia cantikkan? Kalo Karin jadi istri kakak setuju ga?"
Gue diem. Bener-bener ga tau mau ngomong apa.
"Taera itu bener-bener adik yang baik. Dia itu selalu nurut. Ga perlu dibilangin dia udah ngelakuin. Dan itu yang bikin gue kira kalo dia nggak butuh apapun."
Gue dengerin kak Taehyung yang masih maksain senyumannya.
"Dia itu selalu senyum. Kalo marah nggak pernah nunjukkin, kalo sedih dia sembunyi. Dia nggak suka kalo emosinya dibaca."
"Dia juga nggak pernah cerita apapun dan minta apapun. Dan gue pikir itu karena semua kebutuhannya udah ada, makanya dia diem aja."
"Gue bener-bener nggak peduliin dia, karna gue pikir dia udah bahagia sama dunianya sendiri."
"Hal yang gue tau tentang dia itu cuma dua. Dia suka bunga lily sama perhiasan. Itupun gue tau dari maid, bukan dari Taera sendiri."
"Dan ternyata selama ini yang gue liat itu salah. Dia sama sekali nggak bahagia, dia diem karena nggak mau ngerepotin siapapun."
"Aneh kan? Pernah ga lu nemu orang sebaik itu? Cuma adek gue kan?"
"Terus di hari sebelum ulang tahunnya, untuk pertama kalinya dia mau terbuka sama gue."
"Sebagai kado dia pengen sehari aja gue lupain yang namanya belajar, dan nemuin dia di hari ulang tahunnya."
"Gue ga tau lu udah denger apa belum, kalo gue ini yang bakal nerusin perusahaan ayah gue. Makanya, gue selalu disibukin belajar ini itu."
"Gue bikin janji sama dia kalo gue bakal dateng di hari ulang tahunnya. Tapi, lu tau brengseknya gue? Gue malah lupa dan malah tanpa rasa bersalah belajar ngurusin hal ga penting di kantor ayah gue."
"Dia segitu pengennya ketemu sama gue, di ulang tahunnya yang terakhir itu. Dia minta sama supir untuk dianter ke kantor tapi ga ada yang mau, karena ayah gue udah ngelarang siapapun dateng kesana, karena takut ganggu."
"Makanya dia jalan sendiri, nyamperin gue, naik bus umum, dan"
"Dia kecelakaan."
"Dia kesepian, dia cuma pengen ditemenin. Kenapa gue nggak bisa ngabulin satu-satunya permintaan dia?"
Sekarang, kak taehyung udah nggak bisa nahan senyumannya. Air matanya mulai ngalir.
Ntah kenapa tubuh gue gerak sendiri, gue meluk dia, erat banget. Ngeliat kak taehyung nangis itu rasanya sakit banget. Seolah gue bisa ngerasain kesedihannya.
"Tapi kak, kakak udah nepatin janji kan? Sekarang kakak ada sama Taera di hari ulang tahunnya."
"Taera pasti udah seneng kok, ngeliat kak taehyung disini."
Kak taehyung bales pelukan gue, dan gue bisa denger tawa kecilnya, "Coba Taera masih ada, pasti dia seneng ketemu sama lu. Dia nggak bakal kesepian."
Gue geleng-geleng, "Taera masih ada kok kak, taera pasti selalu ada di deket kakak. Selalu nemenin, nyemangatin kakak. Dia nggak kemana-mana."
"Makasih Rin... Makasih udah dateng ke ulang tahunnya Taera."
***
Setelah buka kunci lemari pasu Taera dan naro bunga lily sama cincin disana, gue sama kak taehyung niat mau pulang.
Tapi, pas keluar,
Hujan lebat -_-
Bener-bener lebat, terus ada angin. Semoga aja pohon-pohonan kaga rubuh.
Mana mobilnya jauh di parkiran terus ga bawa payung lagi. Udah deh kejebak. Tapi, masih untung sih nggak ada petir.
"Kayaknya Taera nggak mau ditinggal." Kata kak Taehyung sambil senyum ngeliatin hujan.
Gue ikut ngeliatin hujan yang deres banget, sayang banget ya Taera.
Dia masih muda banget, gue nggak bisa bayangin seberapa besar rasa kesepiannya. Coba aja gue bisa jadi temennya.
"Kak." Panggil gue.
Kak taehyung nengok, "Iya?"
"Kak Taehyung juga jangan ngulangin kesalahan taera. Kak taehyung kan suka nutupin emosi juga pakai senyuman, kalo marah, marah aja. Kalo sedih, sedih aja. Kalo mau cerita, cerita aja. Oke? Gue selalu ada buat dengerin kok." Kata gue, sambil senyum.
Kak Taehyung ga respon, dia bengong ngeliatin gue. Mukanya serius.
1 menit.
2 menit.
3 menit...
Ett kak, mau sampe kapan ngeliatin, ini muka lama-lama mateng kalo diliatin mulu. Pasti merahnya udah kek tomat.
Kak taehyung akhirnya ngalihin pandangan, terus senyum, "Maaf ya, hari ini lu pasti kebingungan. Lain kali, gue bakal ajak lu kencan yang bener."
Gue langsung emosi, "Ini yang bener kok kak! Gue seneng! Jujur gue lebih seneng diajak lu kesini daripada ke paris sekalipun! Karena disini, lu mau terbuka sama gue!"
Kak taehyung malah ketawa, "Segitu penasarannya ya sama gue. Kayaknya lu nanti-nanti banget disaat gue mau cerita ke lu."
Gue langsung malu, "Bu-bukan penasaran kok! I-itu e-err, cu-cuma pengen tau aja!"
"Haha, oke-oke."
Gue senyum ngeliat kak taehyung ketawa. Akhirnya senyuman hangatnya muncul lagi. Ini kak Taehyung yang gue kenal.
TBC!!!
KAMU SEDANG MEMBACA
Kakel Gesrek | KTH
Fiksi PenggemarKak Taehyung itu gantengnya sampe ke tulang, tapi sayang orangnya gesrek.