Sediakan ruang yang luas dalam hati kita untuk berprasangka baik.
Siapkan berjuta alasan untuk berprasangka baik pada sesama.Setiap anak cucu Adam pasti berbuat Dosa, dan sebaik-baiknya yg berbuat dosa adalah yang bertaubat dan selalu berprasangka baik.
JAGA PRASANGKA KITA
Sering kita menghakimi tanpa tahu apa yang sesungguhnya terjadi. Belajar melihat sesuatu apa adanya butuh kesadaran dan kebijaksanaan
Begitu berbahayanya penghakiman. Sebuah kebaikan, tindakan kasih, bisa berubah total menjadi keburukan hanya karena prasangka buruk.
Jaga prasangka kita, semua tak perlu kita nilai seperti penampakannya. Selalu berprasangka baik akan membuat hidup kita jauh lebih baik.
Kita tidak bisa mengubah orang lain untuk berbaik sangka pada kita, tapi kita bisa melatih hati kita untuk berbaik sangka pada orang.
Allah SWT berfirman :
"Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang." ( QS. Al Hujurat :12 )
JANGAN BURUK SANGKA
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
*إِيَّا كُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيْثِ وَلاَ تَحَسَّسُوا وَلاَ تَجَسَّسُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَتَدَابَرُوا وَلاَتَبَاغَضُوا وَكُوْنُواعِبَادَاللَّهِ إحْوَانًا*
“Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, kerana prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita keburukan orang lain, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara” .
[ Al-Bukhari hadis no. 6064 dan Muslim hadis no. 2563 ]
KAMU SEDANG MEMBACA
Secercah Kata
SpiritualAssalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Sahabat Fillah Berbagi itu indah tak ada salahnya untuk berbagi apa yang telah kita ketahui Ambil sisi positifnya saja yah.. yang negatif abaikan : ) Jangan lupa vote and comentnya : )