9. Calon Arang dan Mitos tentang Penyihir di Indonesia

385 37 72
                                    

Hai, Catatan Calon Penyihir kembali lagi. Setelah delapan part sebelumnya mencatat tentang hal-hal yang terkait dengan kebudayaan sihir Amerika, hari ini aku akan mencatat hal penting dari peradaban sihir di Indonesia. Coba putar dulu multi media di atas supaya lebih greget.
Ngahahaha 🧙 *Ketawa jahat*

Di Indonesia, kata sihir ataupun penyihir selalu diasosiasikan dengan ilmu hitam dan sesuatu yang berhubungan erat dengan kerjasama antara manusia dan iblis

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Di Indonesia, kata sihir ataupun penyihir selalu diasosiasikan dengan ilmu hitam dan sesuatu yang berhubungan erat dengan kerjasama antara manusia dan iblis. Bener enggak? Ayo ngaku siapa yang berpikiran sama? Aku juga kok.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya kenapa aku baru bahas tentang penyihir Indonesia di part ini, setelah delapan purnama eh maksudnya setelah delapan chapter. Pertama, karena untuk proyek fiksi selanjutnya settingnya berada di Amerika. Mungkin kamu akan tanya lagi, kenapa aku gak nulis fantasi Indonesia aja? Jawabnya adalah sudah pernah, coba aja cek di work-ku yang berjudul "Buku Sihir Calon Arang" wkwkwk, maaf bagian ini mengandung iklan.

Jadi, ini adalah hasil riset yang pernah digunakan sebagai landasan dari cerita sebelumnya. Tema yang digunakan juga relate dengan tema catatan ini, jadi aku putuskan untuk mencatatnya di sini. Barangkali ada yang akan menemukan ide atau sekadar ingin tahu.

Kali ini aku akan mencatat tentang Calon Arang, salah satu kisah mitos yang terkait dengan Leak dan Rangda. Terlebih, Calon Arang merupakan sosok penting dalam mitos lokal yang terkait tentang penyihir di Indonesia. Sebenarnya ada banyak nama penyihir besar lainnya selain Calon Arang, seperti Jayabaya. Namun, entah mengapa sosok ini telah mencuri perhatianku sejak awal, terlepas dari misteri keberadaannya.

Apakah kamu pernah mendengar tentang Leak dan Rangda?

Mereka adalah makhluk-makhluk mitologi Bali yang memiliki akar sejarah cerita rakyat dan situs peninggalan di Kediri, loh

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Mereka adalah makhluk-makhluk mitologi Bali yang memiliki akar sejarah cerita rakyat dan situs peninggalan di Kediri, loh. Leak adalah salah satu ilmu hitam (ilmu sihir) yang berasal dari Bali. Leak identik dengan makhluk atau benda jadi-jadian, yang  memiliki sifat jahat yang dapat menyakiti orang lain. Wujud dari Leak ini bisa berupa binatang seperti monyet, anjing, babi bajkan ayam, tapi kalau dipikir-pikir sudah enak jadi manusia kenapa harus jadi binatang, ya kan? Bahkan konon katanya ada yang bisa menjadi sepeda motor dan mobil, yang ini keren habis. Aku juga pengen donk! Sementara, Rangda adalah sebutan bagi ratu para Leak, penguasaan dan wujud tertinggi dari pemilik ilmu ini. 

Catatan Calon Penyihir (COMPLETE)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang