11. Moon Phase

197 25 38
                                    

Catatan Calon Penyihir kali ini mengangkat tema tentang fenomena alam. Seperti biasa, fenomena alam ini tentu saja masih terkait erat dengan dunia sihir dan penyihir. Apakah kamu bisa menebak fenomena alam apa yang akan aku tuliskan dalam catatan ini?

Yak benar sekali, udah ketahuan dari judul catatan di atas ya kan. Sebelumnya aku mau minta maaf karena multi media yang aku gunakan adalah salah satu soundtrack instrumental dari Twilight series, bukan musik instrumental yang bertema sihir. Maklum aja ya, soalnya author belum bisa move on dari cerita epic itu, jadi setiap ingat bulan, auto ingat Twilight 😆🤭.

Moon Phase atau fase bulan adalah fenomena alam yang terjadi akibat cinta segitiga antara bulan, bumi dan matahari (eaaaak)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Moon Phase atau fase bulan adalah fenomena alam yang terjadi akibat cinta segitiga antara bulan, bumi dan matahari (eaaaak). Jadi, sebagaimana yang kita ketahui, bulan mengorbit di bumi dan bumi mengorbit di matahari. Bulan yang berputar mengelilingi bumi sering terlihat berbeda setiap malamnya.

Menurut solarsystem.nasa.gov, sinar terang bulan yang tampak berubah setiap harinya disebut sebagai fase bulan (lunar phase/ moon Phase) dan setiap fase memiliki namanya masing-masing loh. Dan perlu kamu ketahui, fase bulan berulang selama satu bulan sekali (setiap 29,53059 hari atau setiap 29 hari 12 jam 44 menit 03 detik), disebut juga dengan periode sinodis.

Menurut situs yang dilansir oleh BMKG, terdapat empat fase utama dalam fase bulan, yaitu fase bulan baru, fase setengah purnama awal (perempat pertama), purnama, dan fase setengah purnama akhir (perempat akhir). Namun, kali ini aku akan menjelaskan keseluruhan fase bulan yang ada. Baiklah, langsung aja kita bahas fase-fase bulannya. Supaya lebih asyik, kamu bisa baca sambil dengerin multimedia di atas.

 Supaya lebih asyik, kamu bisa baca sambil dengerin multimedia di atas

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

🌒 Bulan Sabit Awal (Waxing Crescent)

Cahaya bulan yang kamu lihat dari bumi adalah pantulan sinar matahari yang menyinari permukaaan bulan yang aslinya berwarna putih keabu-abuan. Kata bulan sabit mengacu pada fase di mana bulan yang diterangi oleh matahari kurang dari setengahnya. Sedikit banget. Pada fase waxing crescent ini, bulan sabit warnanya semakin terang karena terjadi setelah bulan baru (new moon) di mana sinar matahari semakin menerangi bulan yang kita lihat dari bumi.

Catatan Calon Penyihir (COMPLETE)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang