🍃🍃🍃
"Adiiiitttt! Buruan turun! Gak usah semedi di kamar mandi kenapa sih?! Udah tau kalo pagi banyak yang antri ke kamar mandi!"
Huftt.. masih jam 05.24 WIB dan mak gue udah teriak-teriak kek ibu kost nagih setoran bulanan.
"Iyee!!" Teriak gue dari dalam kamar.
"Ya Allah, untung emak gue," gerutu gue sambil masukin beberapa buku ke tas. Selesai, cus deh tinggalin tempat paling PW. Gue noleh sebentar ke dalam kamar. Liatin kasur gue yang masih berantakan belum gue beresin. Kebiasaan, gausah protes! Anak laki mah gitu.
Bye kamar, nantikan daku pulang ya. Kasur, baek-baek ye tong. Entar Adit pulang langsung samperin deh, janji. Guling, jangan kangen ye, entar Adit peluk lagi kok. Cuman lu doang yang jadi sandaran gue tiap malem, apalagi malem minggu. Bantal, entar ngelukis peta lagi ye, gak tau deh kepulauan apa yang gue lukis di sana. Bye semua. Aku pasti merindukan kalian, hiks.
Gue keluar dari kamar, jalan ke arah meja makan. Ibu, bapak, sama kak Laras udah ngejogrog aja tuh di meja makan.
Baru juga nyampe, muka emak gue udah kek jemuran habis di peras. Kusut banget.
"Buruan sarapan! Nih, jangan pilih-pilih lauk, seadanya aja! Harus banyak-banyak bersyukur!"
Buset dah. Belum juga ini bokong gue nemplok di kursi, kuping udah panas aja.
"Iya Bu, Astaghfirullah. Lagian kapan sih Adit ngeluh masalah lauk? Kagak pernah kan?"
"Heh! Yang kemarin ngambek ngacak-acak kamar gegara lauknya tahu tempe doang siapa? Setan?! Mana kenceng banget sampe tetangga ngiranya lo kesurupan. Hampir aja bu Mina mau manggil ustadz Rois buat ngeruqyah lo," sahut Kak Laras. Duh mulutnya ember banget sih ini orang.
Ya emang kemarin ceritanya tuh gue ngambek gaes, soalnya di meja makan tuh lauknya cuman tahu tempe doang.
Bilang aja gue anaknya gak bersyukur. Emang bener. Etttt, jangan salahin gue, gue gini pasti ada sebabnya.
Inget gak kata pepatah?
Buah jatuh tak jauh dari pohonnya.
Nah, sifat gue yang kaya gini nih palingan turunan dari emak atau nggak ya bapak gue. Setuju, kan kalian pada? Iya dongs.
"Iye, iye. Kagak gitu lagi dah," kata gue sambil ngambil piring.
"Dit, jadi anak yang pengertian ya, Nak. Harus ngerti. Bapak bukan orang kaya, nggak mampu beli makanan enak buat sehari-hari. Udah bisa makan sehari tiga kali aja harusnya kamu udah bersyukur."
Nah, ini nih baru panutanque. Bapak gue emang gini guys, bijaknya pasti nurun ke gue. Yakin deh.
"Dengerin! Jangan masuk telinga kanan keluar telinga kiri! Kalo perlu itu sumpel aja telinganya yang kiri!"
Yaelah Mak gue komplain mulu kek netijen. Jadi pengabdi netijen aja sekalian Mak, elah.
"Iye ini Adit sumpel nih, nih," ucap gue sambil nutupin telinga kiri gue.
"Udah-udah, segera dimakan ini makanannya. Adit, cepet makannya, katanya hari ini kamu MOS kan di sekolahmu." Gue manggut-manggut aja, soalnya mulut gue lagi penuh. Ngomong dikit pasti muncrat ini nasi, kena semprot lagi gue sama mamake tersuayang.
Semua fokus sama makanan masing-masing. Sampe gue selesai, langsung pamit berangkat ke sekolah.
"Bu, Pak, Kak, Adit berangkat dulu ya. Assalamualaikum," pamit gue sambil ciumin telapak tangan mereka.
"Iye, hati-hati kalo bawa motor! Ada lubang jangan terus digas aja itu motor! Tekor ini tiap minggu service motor kamu doang. Gak bisa make motor mending jual aja buat beli sapi."
Sadis banget Ya Allah T_T
"Yee, beli sapi juga siapa yang nyari rumput? Ibu? Beli taneman aja, nggak ada tiga hari udah mati," gerutu gue sambil jalan keluar rumah. Untung aja nih kagak sampe kedengeran. Beuh, perang dah.
Gue naikin nih motor Supra kesayangan gue. Biar dikata nggak keren kayak si Dilan, tampang gue nggak beda jauh kok sama Dilan. Bener dah gue serius. Ditambah lagi gue tuh mukanya 11 12 sama Aliando. Beuh cewek mana yang ga klepek-klepek sama gue?
Tapi ya, yang gue heranin sampe sekarang tuh gak ada cewek yang kecantol ama gue. Waahh berarti pelet gue kurang kuat nih. Mesti nyari dukun yang lebih wah lagi entar.
Astaghfirullahal'adzim, maapin Adit Ya Allah, Adit nggak gitu kok.
Jangan su'udzon lo pada! Gue ini bukan make pelet. Berani bayar berapa gue ke dukunnya? Beli gorengan aja kadang masih ngutang. Lagian gue tuh anak alim. Anak baek-baek. Mana mungkin begitu. Ya paling mentok pasang togel lah.
Rumah gue ke sekolah tuh jaraknya lumayan jauh. Sekitar 17 kilo an lah. Tapi kan kayak kaya pelatah.
Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina.
Bener kagak sih itu kata-katanya? Ilmu kok dituntut? Salahnya apa yak? Entar gue kena pasal tuduhan palsu gimana dong?
Sampai di sekitaran sekolah, gue markirin motor gue tepat di warung bakso depan sekolah. Warungnya emang nyediain tempat parkir buat anak sekolah yang rata-rata belum punya SIM. Soalnya kalo mau parkir di parkiran sekolah, harus kudu wajib punya SIM. Lah Adit kan masih dedek. Belum cukup umur dedek tuch :"
Ya gini kelakuan anak jaman sekarang, termasuk gue. Ngelanggar aturan jalan raya mah udah biasa. Berangkat ke sekolah nggak pake helm, kebut-kebutan di jalan soalnya berangkat dari rumah mepet sama jam masuk sekolah, kadang boncengan tiga kek cabe-cabean. Beuh lumrah gitu mah. Nggak usah kaget.
Tapi senakal-nakalnya gue, gue mah masih dalam batas aman lah.
Masuk area sekolah nih, banyak banget siswa baru seliwar-seliwer depan gue. Pakaian sih masih seragam biru putih khas SMP. Ya, gimana lagi? Kan kain juga masih pada dijahit.
Gue duduk di tribun lapangan basket yang biasanya buat upacara juga. Ini masih jam 06.30 WIB tapi udah banyak banget siswa baru yang udah dateng. Heran, mereka yang pada rajin apa mau kerja bakti bersihin ini sekolah?
Apel mau dimulai kayaknya. Itu kakak kelas pada baris kek paskib. Gak lama, kakak kelas nyuruh kita (siswa baru) buat baris dua banjar. Urutannya bebas yang penting yang tinggi yang di depan. Emang belum dibagi regu kelompok, soalnya ini hari pertama MOS, eh bukan, tepatnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
Masa MOS udah nggak ada, katanya sih, MOS terlalu keras. Adanya stratifikasi kayak junior senior yang buat masa pengenalan lingkungan buat siswa baru jadi ajang bullying sama ajang balas dendam dari kakak kelas soalnya dulunya mereka ngalamin kejadian itu.
Kekanakan banget, kan?
Apel pagi pembukaan MPLS dimulai. Seperti apel-apel pada umumnya. Ngebosenin parah. Temen kanan-kiri gue pada ngoceh nggak jelas sedangkan kepala sekolah juga lagi ngoceh ngasih amanat. Pusing gak Lo kalo jadi gue.
Sampai apel selesai, kami masih dijemur di lapangan. Perkenalan kakak kelas yang bakal jadi pendamping selama 4 hari gue MPLS. Menurut gue, kakak kelasnya biasa aja. Ada sih yang cantik, tapi nggak menarik. Bukannya gue sok atau apa. Tapi gue bukan cowok alay yang liat cemewew aja matanya langsung ijo.
"Selamat pagi adik-adik," sapa salah satu senior di depan.
"Pagi, kak!!"
Telinga gue pengang sumpah. Ini mereka kagak capek apa suaranya masih gede aja. Kagak ada lemes-lemesnya habis apel.
"Jadi, kita semua ini adalah anggota OSIS yang bakal jadi pendamping kalian selama masa MPLS. Perkenalkan, saya Arif Rahman. Saya kelas XI MIPA 2. Jabatan saya sebagai ketua OSIS. Salam kenal semuanya."
"Salam kenal, kakak!!"
"Ya ampun ketuanya ganteng."
"Lumayan, lah."
"Calon tuh calon."
Dih, kebanyakan nonton sinetron lo semua. Gue doain Cepet bangun dari dunia halu deh kalian.
Ini anggota OSIS berapa sih, elah. Banyak banget perasaan. Udah panas banget tapi mereka belum kelar juga perkenalannya. Berasa apa aja.
Ya Tuhan, Adit Capeeeekkk ....
🍃🍃🍃
KAMU SEDANG MEMBACA
Ada Apa Di Sekolah?
RandomEmpat remaja dengan segala ceritanya. Mencari jati diri di masa putih abu-abu. Berbagai problematika masa SMA, tak luput dirasakan mereka. Yang dipikirkan sedari SMP, bagaimana kehidupan masa SMA? Apakah seindah novel teenfict? Mari kita masuki dun...