Materi Pertama : Premis

493 31 2
                                    

1. Pengertian Premis.

Premis adalah satu kalimat yang merupakan pokok dari sebuah cerita.

2. Rumus Premis.

Nama tokoh (karakterisasi / inciting incident) ingin / harus (tujuan tokoh) tapi (halangan tokoh) sehingga / akhirnya (resolusi).

*Inciting incident = Kejadian yang membuat tokoh utama / protagonis harus menjalankan cerita.

Contoh 1 : Ryan, pangeran tampan dari kaum vampir yang tidak kunjung menikah, ingin memperjuangkan kekasihnya, tapi tak bisa karena orang yang dicintai adalah manusia, akhirnya dia menghapus ingatan kekasih dan menjadikannya vampir untuk bersama.

Contoh 2 : Rore harus menyelamatkan Rose adiknya di dunia Grogs, tapi ia telah kehabisan permata, sehingga peta digital nya memaksa Rore mengelilingi dunia Grogs untuk mencuri permata Shout.

Intinya, premis berisi :

1. Tokoh / karakter.
2. Keinginan tokoh.
3. Halangan tokoh.
4. Resolusi.

3. Tujuan Premis.

Untuk panduan penulis agar tidak tersesat.

4. Fungsi Premis.

Sebagai pengatur (layaknya UUD) yang menjadi patokan dalam tindakan dan kejadian yang dialami si tokoh.

5. Perbedaan.

1. Ide = sebuah pemikiran.
2. Konsep = ide yang dituangkan.
3. Premis = konsep yang di kembangkan.

⬇️⬇️⬇️

- ide = tentang anak indigo
- konsep = seorang pria indigo, harus mengusir arwah jahat di sebuah hotel.
- premis = Roy, seorang pria indigo, ia harus mengusir roh jahat di sebuah hotel yang disinggahi sang pacar, tapi roh tersebut malah memasuki tubuh kekasihnya, akhirnya dia terpaksa mengusir roh kekasihnya bersama roh jahat.

IWpC

Materi Kepenulisan (IWpC)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang