Materi Kedelapan : Puisi

76 7 0
                                    

❛❛PUISI❛❛
____________

📎 PENGERTIAN

→Puisi adalah bentuk karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait dan baris yang bahasanya terkesan indah dan penuh makna.

༎ຶ JENIS-JENIS PUISI ༎ຶ
______________________

Puisi lama
Adalah puisi yang dihasilkan sebelum abad ke-20. Puisi jenis ini terbagi kedalam beberapa jenis pula, diantaranya adalah pantun, talibun, seloka, Karlina, gurindam, syair, dll.

Puisi baru
Adalah puisi yang lebih bebas dari pada puisi lama, baik dalam jumlah baris, suku kata, maupun rima. Beberapa jenis puisi baru adalah balada, himne, ode, epigram, romansa, elegi, satire, distikon, terzina, kuatren, kuint, sekstet, Septina, oktaf/Stanza dll.

Puisi kontemporer
Adalah jenis puisi yang berusaha keluar dari ikatan konvensional. Puisi kontemporer selalu berusaha menyesuaikan dg perkembangan zaman dan tidak mementingkan irama, gaya bahasa dan lainnya yang ada dipuisi lama dan puisi baru. Puisi ini dapat diklasifikasikan sebagai berikut : puisi mantra, puisi mbeling dan puisi konkret.

༎ຶ CIRI-CIRI PUISI ༎ຶ
1. Penulisan puisi dituangkan dalam bentuk bait yang setiap bautnya terdiri dari beberapa baris kalimat.
2. Diksi yang digunakan biasanya bersifat kias, padat dan indah.
3. Penggunaan majas yang sangat dominan.
4. Pemilihan diksi nya juga harus dipertimbangkan dengan adanya rima dan persajakan.

༎ຶ UNSUR-UNSUR PUISI ༎ຶ
1. Kata
2. Larik/baris
3. Bait
4. Bunyi
5. Makna

Selain ada unsur-unsur , puisi juga ada struktur fisik (metode) dan juga struktur batin .

1. Struktur fisik (metode)
merupakan sarana yang digunakan oleh penyair untuk mengungkapkan hakikat puisi. Ada 6 struktur fisik puisi yaitu tipografi, diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa dan rima/irama.

2. Struktur batin
merupakan hal-hal yang terkait unsur batin dalam pembacaan puisi. Ada 3 struktur batin puisi yaitu tema, nada dan amanat.

Jadi puisi itu tidak sekedar menulis kata kiasan yang penuh makna saja , kita juga harus tau cara membuat puisi yang benar . Gimana si caranya ka ? Yuk kita pelajari :)

1. Menentukan gaya puisi
2. Menentukan tema dan judul puisi
3. Membayangkan suasana.
4. Menggunakan gaya bahasa
5. Kembangkan puisi seindah mungkin
6. Menulis puisi

#IWpC

Materi Kepenulisan (IWpC)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang