Setelah kemaren mati lampu total, hari ini kos-kosan mati lampu lagi.
Yang ada di kos-kosan cuma Mbok Jim, Aris, sama Dion. Karena yang lain sibuk kuliah. Sementara mereka udah pulang dari jam 4 tadi. Jadilah Aris sama Dion main di ruang tengah aja.Mereka ngobrol-ngobrol gitu, ngebahas tentang asal mereka dari mana, sekalian curhat-curhatan lah. Seperti biasa, Mbok Jim sekarang lagi sibuk di dapur. Masakin makanan buat anak-anak kosannya itu. Cuma berbekal penerangan lilin 3 buah aja di taruh di atas meja makan sama deket kompor.
Gak lama, Raven, Sandi, Opal, Dika sama Wida pulang bawain makanan buat lauk. Biasa, abis nongki-nongki di kaepsi deket kampusnya Opal. Aris sama Dion auto ngedeket, cuma buat nyium aroma ayam doang sih hehe. Anak-anak yang baru dateng tadi juga agak kaget pas masuk kos-kosan gelap gulita begini.
"Eh, Rapen? udah pulang nak?"
Tanya Mbok Jim sembari ngasih tangannya buat disalimin sama Raven. Disambut juga sama Raven."Udah mbok, ini aku bawain lauk. Lumayan buat besok pagi."
Kata Raven sambil naruh box kaepsi di atas meja dapur."Mbok emang keliatan masak gelep-gelep gini? Aku pakein senter ya?" Tawar Raven ke Mbok Jim. Si Mbok auto ngegeleng.
"Oh, Ndak usah Ndak usah.. keliatan kok. Kamu mendingan ganti baju, mandi, bersih-bersih dulu. Habis itu makan."
Raven ngangguk-ngangguk aja. Toh dianya juga capek, mending mandi biar cepet istirahat. Akhirnya Raven mutusin buat mandi meninggalkan Mbok Jim masak sendirian.
Ternyata selama ngobrol sama Raven tadi, Koni, Hanan, Yudha, Setya, Sana, Darma sama Candra udah pulang. Mereka jadi ngumpul gitu di ruang tengah. Sambil cerita-cerita horror gitu.
"Ih tau gak sih ges, waktu maleman kapan gua mimpi buruk."
Kata Candra di sela-sela kerumunan bocah-bocah itu."Mimpi apaan emang?"
Tanya Sana ke dia."Mimpi di kurung. Jadi tumbal."
Ceritanya dengan muka seratus persen serius.Dion sama Aris dibelakang udah usep usep tangan merinding.
"Tapi bo'ong si."
Kata Candra dengan santuinya.Candra auto kena gebug pake bantal.
Dianya cuma ketawa-ketawa aja."Kakak mah, nakut-nakutin aja lo. Udah serius-serius, udah takut juga ah!" Kata Dion masih ga terima. Masih setia nge gebug Candra pake bantal.
"Iyaiya ampun atuh adek kasep."
Sampe akhirnya Opal dengan baik hati ngelerai Dion yang dari tadi gebukin Candra.
"Eh betewe Mas Rapen mana ya? Kok gak keliatan." Tanya Darma. Yang lain juga ikutan bingung. Nyariin Raven dimana.
"Mandi kali.."
Kata Sandi mencoba posthink."Oiya, kita belom mandi."
Lanjut Darma lagi. Baru aja mau berdiri, tangannya ditahan sama Setya."Udah, ntar aja mandinya. Ntar lu takut lagi mandi sendirian. Minta ditemenin juga ga mungkin kan?"
Seketika Darma terkagum-kagum sama kecerdasan Setya yang tiba-tiba.
Yaudahlah, Darma duduk lagi. Suasana hening-hening aja sebelum akhirnya Wida buka suara lagi."Perasaan dari kemaren mati lampu terus dah, kenapa lagi..."
Tanyanya kebingungan. Anak-anak lain juga ikutan mikir. Ini ada apa sih kok mati lampu terus."Oh, mungkin karena ujan deres beberapa hari ini.. bisa aja sekitaran sini ada yang kena ranting patah kan?" Kata Opal. Bagus juga ternyata analisa anak gemoi satu ini. Soalnya emang sekitaran kos-kosan ini banyak banget pohon pohon. Jadi bisa aja analisanya si Opal tuh bener. Ada ranting patah yang kena kabel listriknya.
Opal cerdas gais, serius.
Gak lama, anak-anak itu ngerasa ada sesuatu yang ngedeket ke mereka. Kaya ada suara derap kaki gitu. Dion udah standby sama bantalnya, Aris juga. Bocah dua itu paling takut kalo ada apa-apa.
"Hai, kalian ngomongin apa:D"
"CIAAAT-!"
Bug!
"Anjir kok digebuk?!"
Ternyata itu Raven gais. Dia langsung megangin punggungnya yang abis digebuk sama Dion.Dionnya kaget, langsung dia minta maaf sama Raven.
"E-Eh?! Mas Rapen maap huhu, sakit ya?? Maap, Dion ga sengajaaaa.."
Dan Dion pun meluk Mas Ravennya ini.Ena.
"Iyaiya adek gapapa..."
Kata Rapen sambil ngelus-ngelus punggung Dion.Gak lama lampu nyala, Mbok Jim udah balik dari dapur. Terus ngitungin anak kosnya. Anak-anak itu bingung, ini Mbok Jim kenapa tiba-tiba ngitung?
"Lah, pas ya. Empat belas disini semua." Gumam Mbok Jim kebingungan.
"Kenapa Mbok?"
Tanya Dika."Kalian ndak ada yang ke dapur kan? Sehabis Rapen mandi ga ada yang ke dapur?"
Anak-anak itu sontak ngegeleng. Mereka saling tatap satu sama lain.
"Kenapa emangnya mbok?"
Tanya Dika untuk yang kedua kalinya."Anu, jadi tadi.. yang nemenin mbok cerita-cerita siapa?"
"Cerita?"
Tanya Raven takut."He'em, suaranya berat. Awalnya Mbok pikir itu Opal. Tapi kok makin lama makin berat. Mbok masih positip tingking. Dia ceritanya panjang, ngomongnya juga ga jelas, kalian denger ga?"
Mereka ngegeleng kuat. Berusaha bikin Mbok Jim percaya sama mereka.
"Jadi siapa?"
Anak-anak itu nelen ludah pelan, natap masing-masingnya gantian.
Udah bisa dipastikan, Dion dan Aris bakal ga tidur nyenyak malem ini karena ketakutan.
Jadi gaes, sebenernya mbok Jim ini adalah sosok author hehe. Cuma dalem versi tua dan emak-emak nya.
Jangan lupa vote sama komennya ges, saya butuh support kalian.
KAMU SEDANG MEMBACA
[1] duabelas - pramudya
Fanfictionft. ateez, oneus alkisah para anak rantau yang dipertemukan pada suatu kos-kosan. lokal ver. written in lowercase copyright © eberblow