Salsa Alfani

129 10 0
                                    

Menurut kalian devinisi karir abadi tak terbayarkan tuh apasih? -salsaalfn

Pertama buat kalian yang baru mau coba untuk menulis atau melahirkan sebuah karya, kalian harus bener-bener pikirin mateng-mateng. Jangan sampe tiba-tiba udah ada awalan cerita terus kalian stuck gitu aja dan ninggalin para pembaca.

Sebelum aku mulai nulis, aku buat dulu di buku, misalnya judul "cerita kita", nah, nanti aku tulis siapa aja nama tokoh di cerita kita, gimana karakter mereka, apa ciri khas mereka?

Setelah itu, aku tulis alurnya, mereka awalnya gimana, masalah kompleksnya gimana, sampe aku tulis akhir cerita mereka mau aku bawa kemana.

Pasti kalian juga pernah ngalamin yang namanya stuck, nah oleh karena itu klo tips dr aku kalian lebih baik tulis dulu, tumpuk dlu ide kalian baru kalau udah bulet kalian tulis deh dalam bentuk cerita.

Tips dari salsaalfn, untuk menghindari masalah stuck atau tiba-tiba ilang ide, kalau bisa kalian jangan dulu mempublikasikan tulisan kalian. Kalian bisa simpen dulu di draft, baru setelah selesai sampai akhir kalian publish. Supaya kalau kalian stuck, kalian ga akan ngegantung para pembaca.

☕☕☕

Wahh, Moccagank kalian bisa terapin ini dalam proses menulis. Semoga bermanfaat ya😉 yang mau tanya-tanya boleh di kolom komentar manti mincoff jawab😉

MoLiteracyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang