ini bukan salah siapa siapa. kita hanya sama sama manusia yang mencari versi terbaik dari kita, lingkungan kita, masa depan kita.
Yang berbeda hanya bukan aku lagi yang terbaik untukmu, pun bukan kamu lagi yang selalu disisiku. Hanya bukan aku lagi yang kamu impikan, yang menjadi tokoh dalam setiap kisahmu, bagimu kini aku hanya masa lalu, sebuah kesalahan yang pernah kau buat. tapi tidak untukku, kamu harus ingat. bagiku kamu adalah pelajaran terbaik yang pernah datang. aku tak pernah menganggap hadirnya kita sebagai sebuah kesalahan. waktu yang kamu berikan untukku sudah cukup aku syukuri. sakit yang kau berikan padaku juga bukan salahmu. ini hanya menjadi batu loncatanku, kisah yang akan selalu menguatkanku, kisah yang akan selalu membentukku, kisah yang akan selalu mengikuti jejak langkahku. di dalam kisah itu aku mengalami banyak hal. jatuh bangun, dilema diri, pahit manis dan kekuatan cinta yang luar biasa. aku sudah melakukan yang terbaik bukan? aku hanya bisa berencana, menyayangi setulus aku bisa, memberi semampu yang aku bisa, atau menahan sekuat yang aku bisa. aku sudah melakukan yang terbaik. aku sudah hebat, dan aku harus ingat itu. kepergianmu menyisakan banyak hal, pelajaran, cerita, tawa, dan yang terpenting kamu mengajarkanku banyak hal. untuk tidak menaruh rasa lebih dari yang aku punya, untuk mengikhlaskan hal yang paling berharga, untuk tetap mendoakan ditengah luka, dan untuk hal yang tanpa sadar pergimu memberi aku lebih banyak kekuatan untuk berdiri tegar. aku sudah selesai. kita sudah selesai. segala tentangmu tidak harus kuhapuskan. segala tentangmu harusnya tetap aku abadikan. kamu adalah hal terbaik, pelajan terbaik, harapan terbaik, dan waktu terbaik yang pernah singgah. jadi kenapa aku harus menyerah? aku juga harus tetap bernafas, aku harus mencintai diriku sendiri lebih dari hari kemarin, aku harus melangkah lagi, kita harus melangkah lagi. mungkin aku tak akan lagi ada disisimu, mungkin aku tak akan lagi menyemangati hari harimu, mungkin sudah bukan aku lagi di hatimu. tapi, bukankah cinta hebat? aku hanya harus melepasmu, tapi aku akan terus mendoakanmu. harapku tak banyak. aku hanya ingin kamu baik baik saja, hidup di tengah rasa suka, menjadi versi terbaik darimu setiap harinya, mengejar mimpi sekuat yang kamu bisa, dan nantinya mendapat sebaik baiknya wanita yang kamu suka. hidup hanya terus berjalan bukan? aku tidak bisa menentukan apa yang akan terjadi padaku di masa depan. tapi aku bisa berusaha sekuat dan sebisaku untuk terus bertahan. aku bisa mencoba sejauh jauhnya kemampuanku untuk terus berjalan. aku harus percaya, banyak hal hal baik yang belum aku lihat. cuma itu yang harus aku lakukan. ikhlas, percaya, dan menjalani hari sebaik baiknya.
semoga suatu saat nanti masing masing dari kita saling mengirim kabar bahagia ya?14.03.2020
KAMU SEDANG MEMBACA
a small part of my universe
Randomharusnya, kita yang menemukan diri kita sendiri bukan?