Pelajaran Transfigurasi berlangsung seperti biasanya di tangan Profesor McGonagall yang selalu menuntut murid-muridnya harus bisa dan harus cepat selesai dengan tepat. Tak henti-hentinya dia bentak-bentak bahwa mereka harus segera bisa mengubah ayam mutiara menjadi marmot.
"Ada hal lain yang harus kuajarkan pada kalian." Ujarnya jengkel. "Jadi selesaikan cepat!" Pelajaran ini memang sudah berjalan berhari-hari namun sejauh ini hanya Hermione yang sudah berhasil. Tak ada yang heran. Sekeras apapun bertanya bagaimana dia bisa begitu cepat, belum ada yang bisa meng-copy keterampilan dan pengetahuannya.
Beberapa saat kemudian Harry berhasil mengubah ayam mutiara sepenuhnya jadi marmot meski belum sempurna masih ada beberapa cakar dikakinya. Ron segera menyusul dan banyak murid berhasil setelahnya meski tak ada yang sempurna. Neville jadi yang terakhir tetapi marmotnya masih punya banyak helai bulu ayam. Profesor McGonagall menerimanya apa adanya dan meminta mereka semua memasukkan marmot ke keranjang di meja depan.
Pelajaran Transfigurasi untuk pertama kalinya berakhir dengan sangat cepat tetapi Professor Mcgonagall segera melakukan apa yang dari tadi dia ocehkan harus dilakukan.
"Baiklah murid-murid." Ujarnya memulai. "Aku akan melanjutkan pengumuman dari kepala sekolah mengenai Pesta Dansa Yulle Ball."
Lavender dan Pervati terkikik di belakang Harry dan Ron. Mereka tidak ditegur meskipun suara mereka melengking memenuhi ruangan.
"Yulle Ball ini tentu saja menjadi kesempatan bagi kita untuk sedikit bersantai." Lanjutnya dengan senyum dipaksakan. Lucunya Profesor McGonagall tidak pernah terlihat santai. "Tetapi bukan berarti terjadi pengenduran standar yang diharapkan untuk murid-murid Hogwarts. Aku tidak mau terima bila ada murid Gryffindor yang mempermalukan sekolah di malam yang spesial itu."
Filch, si penjaga sekolah tiba-tiba masuk kelas sambil mendorong alat pemutar musik yang terduduk di atas meja beroda.
"Untuk itu aku ingin menunjukkan pada kalian standar berdansa yang tidak melanggar standar Hogwarts."
Kali ini bukan Lavender dan Pervati saja yang terkikik tetapi semua gadis yang ada, bahkan Hermione sekalipun. Herannya Harry, kenapa Profesor McGonagall perlu menunjukkan hal itu. Harry sendiri tidak berminat untuk berdansa di Yulle Ball dan hanya akan hadir saja.
"Baiklah siapa yang ingin membantuku mendemonstrasikan dansa resmi Yulle Ball?"
Semua anak lelaki langsung tertunduk diam. Harry merasa perutnya mengerut ketika Profesor McGonagall berjalan mendekatinya. Tetapi langsung normal kembali ketika dia berujar, "Mr. Weasley bisa bantu aku?"
"Kenapa harus saya?" Terkejutnya Ron yang semula juga mengira bahwa Harry yang akan ditawari. Semua anak terkekeh dan Hermione di samping Ron, mendorongnya agar berdiri. Akhirnya dia berdiri berhadapan dengan Profesor McGonagall.
"Jangan terlalu tegang Mr. Weasley!" Pinta Professor McGonagall dengan PD-nya memegang tangan Ron dan satu tangannya yang lain jatuh di pundak Ron. "Pegang pinggangku Mr. Weasley!"
"Ya Tuhan mereka seperti pasangan yang serasi." Ujar Hermione sengaja mengeraskan suaranya membuat semua murid semakin tertawa liar. Ron melempari ekspresi kesal ke seluruh muka yang ada.
"Mr. Filch mulai kan!" Filch memasukkan piringan bundar hitam ke alatnya dan memutar musiknya . Lantunan musik dansa melambai lembut. Profesor McGonagall mendorong Ron untuk bergerak sambil menghitung langkah gerakannya. "Perhatikan semuanya!"
Terlihat Ron canggung sekali berusaha agar kakiknya tidak terinjak atau menginjak kakiknya sendiri. Harry akhirnya ikut terkikik juga karena beberapa anak mengikuti gerakan tersebut dengan sendiri. Neville tampak bersemangat sekali bahkan bersendandung mengikuti nada musik.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Moment Slip Away (Harmione)
FanfictionLanjutan dari Hermione Always There For Harry. Di tahun ke-empat Hogwarts. Bagaimana jika Yulle Ball berakhir dengan Harry Potter dan Hermione Granger.