Yao (妖 yāo) umumnya diterjemahkan sebagai "Setan" atau "Monster".
• Dalam novel-novel ini, mereka sering digabungkan dengan Magical Beasts - terutama dalam kasus Binatang Setan (妖兽 yāoshòu). Magical Beasts adalah hewan yang bisa dibudidayakan. Mereka cenderung jauh lebih pintar daripada hewan biasa, dan beberapa mampu berbicara dalam bahasa manusia. Mereka yang telah mencapai tingkat kultivasi yang tinggi bahkan mungkin dapat mengambil bentuk manusia.
• Yao sangat mirip, tetapi perbedaan utamanya adalah Yao bisa lebih dari sekadar binatang! Yao adalah istilah luas untuk hewan, tumbuhan, atau bahkan benda mati yang telah memperoleh kesadaran spiritual dan kekuatan magis (biasanya dengan menyerap Qi dari dunia alami selama jangka waktu yang lama). Ya, bahkan sebuah batu bisa menjadi Yao!
• Kata bahasa Inggris " Setan " sayangnya tercemar konotasi "jahat", yang tidak cocok dengan Yao. Yao lebih dekat denganDaemon dan Fae klasik.
Mo (魔 mó) umumnya diterjemahkan sebagai "Iblis" atau "Iblis". Ini juga diterjemahkan sebagai "Setan", meskipun ini dapat menyebabkan kebingungan bagi pembaca yang mencoba membedakan Yao dari Mo.
• Mo adalah roh-roh jahat / makhluk yang memiliki kekuatan dan kekejaman yang luar biasa. Mereka sebenarnya sangat mirip dengan setan dan setan mitologi Barat.
• Dalam beberapa novel, para penggarap jahat meniru Mo dengan mempraktikkan metode penanaman iblis dan melakukan kekejaman dalam mengejar kekuasaan. Mereka biasanya disebut Penggarap Iblis (修 魔 者) dan dikontraskan dengan Penggarap Abadi yang lebih standar (修仙 者).
Yao dan Mo kadang-kadang dikelompokkan bersama atau dianggap sebagai spesies tunggal (Yaomo 妖魔), dan pada saat lain mereka dianggap spesies yang berbeda (ras Yao 妖族 dan ras Mo 魔族). Dua contoh novel yang menonjol adalah Way of Choices dan World of Cultivation .
______________________________________
Yao
Mari kita lihat Yao sedikit lebih dekat. Definisi dan etimologi 妖 dapat memberikan petunjuk tentang sifatnya.
Selain "setan / monster", 妖 juga bisa berarti "aneh / aneh / supernatural" dan "cantik / menyihir / mempesona". Anda dapat melihat beberapa contohnya di sini dan di sini .
Karakter 妖 terdiri dari dua komponen: 女 (wanita) dan 夭 (muda / lunak)
妖 memunculkan citra seorang wanita muda. Tapi tunggu, 夭 juga bisa berarti "mati muda / prematur", yang membuat gambar ini aneh dan menyeramkan.
Menggabungkan semua hal di atas, kita mendapatkan makhluk gaib dengan penampilan seorang wanita muda dan memikat yang berpotensi memiliki niat jahat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Glosarium/Istilah dalam Novel Wuxia, Xianxia, Xuanhua
FantasyHanya sekedar bacaan pribadi jika ada yang terbantu pun syukur. (. ❛ ᴗ ❛.) (. ❛ ᴗ ❛.) (. ❛ ᴗ ❛.) Note : bila terdapat kesamaan harap maklum karna bisa jadi sumber infonya sama :'