Kosmologi
Tiga Alam (三界 sānjiè) - alam semesta dibagi menjadi Alam Surga dan Alam Bumi, dengan Alam Fana di antaranya. Istilah ini akhirnya berasal Dari Tiga Ranah Hindu & Budha, tetapi novel-novel ini menggunakannya untuk merujuk pada ...
Surga (天 tiān) - tempat Kaisar Giok berkuasa di kepala Pengadilan Surgawi .Tokoh dalam beberapa novel memberontak melawan Surga untuk mengubah nasib mereka atau untuk membalas dendam atas kesalahan yang dirasakan. Budidaya abadi sering (meskipun tidak selalu) dikatakan bertentangan dengan Kehendak Surga.
Alam Mortal (人 界 rénjiè) (人间 rénjiān) - juga disebut dunia manusia. Pengaturan sebagian besar novel ini, meskipun beberapa kemudian berkembang untuk menjelajahi ranah lain.
Bumi (地 dì) - berisi Dunia Bawah (地狱 dìyù) di kedalamannya. Underworld juga biasa disebut Netherworld (冥界 míngjiè) atau Yellow Springs (黄泉 huángquán).
______________________________________Enam Jalan Reinkarnasi (六道 轮回 liùdào lúnhuí) - dalam siklus reinkarnasi , dimungkinkan untuk dilahirkan kembali sebagai [1] Deva (Dewa), [2] Asura , [3] Manusia, [4] Hewan, [5] Lapar Hantu atau [6] Makhluk yang Tersiksa di Neraka .
Catatan: Para Dewa & Asura terlahir kembali di Alam Surga, Manusia & Hewan terlahir kembali di Alam Mortal, dan Hantu Lapar & makhluk-makhluk Neraka terlahir kembali di Alam Bumi.
Karma (业 / 缘 / 因果 / 功德) - kebajikan atau kekurangan kosmik yang terakumulasi sepanjang hidup seseorang berdasarkan pada perbuatan seseorang. Menentukan jenis reinkarnasi mana (dari Enam Jalan) yang akan mereka alami dalam kehidupan mereka berikutnya. Beberapa novel memperluas konsep ini dan membuat Karma memengaruhi bahkan kehidupan sehari-hari para tokoh atau menyatukan karakter-karakter tertentu melalui ikatan / hubungan karma.
______________________________________Dao (道 dào) - asal dan sumber segala sesuatu. Ini dapat diterjemahkan dengan berbagai cara, termasuk The Way / Road / Path / Method.Menurut Taoisme , itu adalah prinsip absolut yang mendasari alam semesta, menggabungkan dalam dirinya sendiri prinsip-prinsip Yin dan Yang dan menandakan cara, atau kode perilaku, yang selaras dengan tatanan alam. Dalam novel-novel ini, tokoh-tokoh sering mencoba untuk mendapatkan wawasan tentang Dao, yang dapat memberi mereka kekuatan gaib atau bahkan mengendalikan aspek-aspek dunia alami.
Yin & Yang (阴阳 yīnyáng) - dualitas hadir dalam semua aspek alam semesta. Sebagai contoh: Yinadalah Perempuan / Lembut / Mati / Gelap / Bulan, sedangkan Yang adalah Laki-laki / Keras / Hidup / Terang / Matahari - perbandingannya tidak terbatas. Yin & Yang menggambarkan bagaimana kekuatan yang berlawanan atau berlawanan sebenarnya saling melengkapi, saling berhubungan, dan saling tergantung di dunia alami, dan bagaimana mereka saling menimbulkan satu sama lain.
Lima Elemen (五行 wǔxíng) - Kayu (木 mù), Api (火 huǒ), Bumi (土 tǔ), Logam (金 jīn), & Air (水 shuǐ).Elemen dasar yang menyusun segala sesuatu di alam semesta. Mereka memiliki hubungan siklik yang terperinci, dan masing-masing memiliki beberapa makna simbolis. Agak analog dengan Western Four Elements .
Qi (气) - energi vital yang ada dalam semua hal.Budidaya Qi adalah tema utama dalam novel Wuxia, Xianxia & Xuanhuan.
Qi kadang-kadang ditulis sebagai "Ki" atau "Chi". Ini dapat diterjemahkan dengan berbagai cara, termasuk Breath / Vital Breath / Pneuma / Energy Vital / Energi Spiritual.(dll ...)
Energi Spiritual Surga dan Bumi (天地 之 气 tiāndì zhī qì) - energi alami dunia.
KAMU SEDANG MEMBACA
Glosarium/Istilah dalam Novel Wuxia, Xianxia, Xuanhua
FantasíaHanya sekedar bacaan pribadi jika ada yang terbantu pun syukur. (. ❛ ᴗ ❛.) (. ❛ ᴗ ❛.) (. ❛ ᴗ ❛.) Note : bila terdapat kesamaan harap maklum karna bisa jadi sumber infonya sama :'